Mindset yang Harus Dimiliki untuk Menjadi Mahasiwa Berprestasi

Mindset yang Harus Dimiliki untuk Menjadi Mahasiwa Berprestasi

Setiap mahasiswa pasti ingin menjadi mahasiswa berprestasi. Tapi bagaimana sih mahasiswa berprestasi itu? Mahasiswa beprestasi umumya adalah mahasiswa yang tidak hanya memiliki nilai akademis yang baik, namun juga aktif di kegiatan lain. Mengimbangi kedua hal tersebut tentu bukanlah hal yang mudah. Kamu harus bekerja keras dan mengenggam erat mindset seorang mahasiswa berprestasi. Lalu bagaimana mindset beasiswa berprestasi tersebut? Nah, berikut mindset seorang mahasiswa berprestasi yang harus kamu pegang. Untuk info beasiswa, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Aktif di Perkuliahan

Aktif di perkuliahan adalah salah satu mindset utama yang harus kamu pegang. Menjadi mahasiswa yang aktif diperkuliahan, akan membuat kamu lebih menonjol di hadapan dosen dan teman-temanmu. Namun, kamu harus aktif tekait materi yang disampaikan, seperti menjawab jika dosen bertanya, serta mengerjakan tugas maupun presentasi dengan antusias. Jangan lupa untuk tetap fokus dalam belajar, sehingga kamu bias menangkap materi dengan baik dan meraih nilai yang baik pula.

Baca juga: Cara Mencari Referensi Jurnal Penelitian PDF Gratis

Aktif di Organisasi

Sebagai mahasiswa, kelas dan perkuliahan bukan satu-satunya tempat untuk menuntut ilmu. Ada berbagai ilmu yang bisa kita dapat diluar kelas, seperti kemampuan memimpin sebuah acara atau kemampun berkomunikasi dengan orang banyak. Memang di perkuliahan kamu bisa memperoleh ilmu tersebut, tapi untuk bisa praktek secara real, kamu harus berpartisipasi dalam organisasi. Kegiatan organisasi ini bisa dari organisasi dalam kampus maupun di luar kampus. Selama di organisasi, akan lebih baik jika kamu bisa memimpin sebuah program, atau bahkan naik menjadi pimpinan organisasi tersebut.

Baca juga: Alamat Web untuk Mencari Jurnal Ilmiah

Membagi Waktu dengan Baik

Membagi waktu untuk bisa aktif dipekuliahan dan organisasi bisa menjadi hal yang sangat menantang. Tidak sedikit mahasiswa yang terlalu fokus pada organisasi hingga mengalami kemunduran di aspek akademis. Alasan tersbut juga terkadang menjadi alasan mahasiswa enggan berorganisasi. Mereka takut kegiatan organisasi akan mengganggu dan mempengaruhi nilai kuliah mereka. Namun sejujurnya hal ini bukanlah hal yang mustahil. Jika kamu berkeinginan kuat, maka kamu harus mulai mencoba membagi waktu dengan baik untuk mengimbangi dua hal tersebut. Diawal memang sedikit melelahkan. Namun setelah terbiasa, kamu pun akan puas dengan hasilnya.

Baca juga: Alamat Download Free Ebook dan Jurnal

Menghindari Deadline

Mindset yang satu ini harus kamu terapkan di setiap kegiatan, baik tugas kuliah maupun project di organisasi. Mengerjakan sesuatu mendekati tenggat waktu mungkin sudah cukup sering dilakukan. Namun, untuk menjadi mahasiswa berpresasi, kamu sebaiknya membuang jauh-jauh sifat deadliners ini. Menjadi deadliners bisa membuat kamu terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu sehingga kamu mengerjakan tugasmu dengan tidak maksimal. Pekerjaan yang kurang maksimal nantinya memberikan hasil yang tidak memuaskan. Jika kamu mengerjakan tugas tersebut sebelum deadline, maka kamu bisa memiliki persiapan yang lebih matang. Alhasil, kamu bisa memperoleh hasil yang lebih baik.

Baca juga: Daftar Sekolah Tinggi Ikatan Dinas Favorit di Indonesia

Berusaha Konsisten

Selanjutnya adalah menanamkan nilai konsistensi pada diri sendiri. Menjadi konsisten perlu adanya agar kamu tetap bisa memiliki hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Contohnya adalah kamu harus konsisten untuk tidak menjadi seorang deadliners. Sebab itu kamu terus berusaha untuk tidak mengerjakan sesuatu mendekati tenggat pengumpulanya. Jangan sampai kamu hanya menghindari deadline pada beberapa tugas pertama, namun kembali menjadi deadliners untuk tugas selanjutnya. Tentu saja menjadi orang yang konsisten membutuhkan kemauan dan niat yang kuat.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Australia Beserta Beasiswanya

Tidak Takut Mencoba Hal Baru

Seorang mahasiswa berprestasi tidak takut untuk mencoba hal baru. Mahasiswa berprestasi akan mencoba untuk mencari ilmu seluas-luasnya dengan mengikuti berbagai kegiatan baik di dalam maupun luar kampus, dalam bidang akademik ataupun di luar akademik. Namun demikian, bukan berarti kamu harus mencoba semuanya. Kamu bisa memilih mana yang bisa kamu jalani. Dan jangan lupa untuk mengatur waktu agar kegiatan kuliah maupun lainnya tidak terbengkalai.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Malaysia Beserta Beasiswanya

Berkeinginan Membangun Koneksi Seluas-luasnya

Mahasiswa Berprestasi umumnya memiliki keiginan untuk mengembangkan sayap ‘koneksi’ mereka. Koneksi atau sebut juga pergaulan merupakan hal yang wajib kamu kembangkan, khususnya saat jenjang perukiahan. Dan memang saat menjadi mahasiswa adalah saat paling tepat untuk mengenal banyak orang. Bagaimana caranya? Tentu saja hal ini bisa kamu dapatkan dengan berpartisipasi di kegiatan kampus maupun organisasi. Kalau perlu, ikutlah agenda beskala nasional hingga international.

Baca juga: 10 Universitas Negeri Terbaik dan Beasiswanya

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.