Cara Mendaftar Official TOEFL Test

Cara Mendaftar Official TOEFL Test

 

Pertama, Tentukan dulu TOEFL apa yang kamu butuhkan. TOEFL official ada 3 jenis yaitu Paper Based-Test (PBT) atau yang lebih dikenal juga dengan TOEFL ITP, Computer Based-Test (CBT), dan IBT Based-Test (IBT). Masing-masing jenis TEOFL test tersebut memiliki jenis soal dan tingkat kesulitan yang berbeda.

Baca juga: Jasa Penerjemah Regular

Kedua, tentukan tempat tes. ETS, badan resmi yang berwenang mengadakan TOEFL official, bekerja sama dengan banyak instansi seperti universitas dan lembaga pendidikan informal. Kamu bisa memilih tempat dimanapun yang bekerjasama dengan ETS. Namun, kamu harus benar-benar memperhatikan karena biasanya universitas atau lembaga pendidikan informal juga mempunyai test TOEFL juga yang disebut TOEFL Like, TOEFL Preparation, dan lain-lain. Jadi, kamu harus memastikan bahwa TOEFL yang kamu ambil adalah Official test dari ETS. Untuk memastikan lagi, kamu juga bisa menyebutkan TOEFL PBT/ITP, TOEFL CBT, atau TOEFL IBT.

Berikut daftar tempat official test TOEFL
Daftar Test TOEFL ITP Centre dari sabang sampai merauke
Daftar Test Center TOEFL Ibt dari sabang sampai merauke

Ketiga, Pilih waktu. Umumnya, setiap instansi atau lembaga yang bekerjasama dengan ETS berhak mengadakan Official test TOEFL sebanyak dua kali dalam sebulan, di awal atau akhir bulan. Walaupun demikian, kamu tidak bisa mengambil dua test dalam satu bulan yang sama. Jadi, kamu bisa milih salah satu dari tanggal test yang tersedia dalam bulan tersebut. Jika kamu merasa kamu masih membutuhkan test lagi untuk memperbaiki TOEFL score kamu, kamu harus menunggu bulan berikutnya.

Keempat, Membayar biaya tes. Biaya TOEFL test setiap lembaga yang bekerjasama dengan ETS bisa bervariatif. Namun, biaya tes yang harus kamu keluarkan berada diantara 450 – 550 ribu rupiah. Biaya tersebut juga bisa jadi dipengaruhi oleh kurs rupiah terhadap dollar. Untuk metode pembayaran juga sebenarnya dipasrahkan kepada lembaga terkait. Ada lembaga yang meminta untuk transfer, jadi kamu cukup memberikan bukti pembayaran. Namun, ada juga yang datang ke tempat tes. Dan ada juga yang bisa keduanya.

Baca juga: Strategi Belajar TOEFL

Kelima, persiapkan dengan matang. Jadikan persiapan sebagai teman terbaik. Kamu harus memperhatikan bahwa Official test TOEFL menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Jadi, sebaiknya kamu siapkan pensil, karet penghapus, dan alas yang mendukung untuk mengerjakan soal TOEFL di atas LJK tersebut. Selain itu, bawa semua indentitas diri yang kamu miliki, juga bukti pembayaran yang sudah kamu lakukan untuk sekedar berjaga-jaga. Mungkin, hal tersebut adalah hal sederhana dibandingkan persiapan TOEFL itu sendiri, namun ingat bahwa orang terjatuh bukan karena batu besar tapi karena kerikil kecil.

Keenam, menunggu hasil tes. Saat kamu selesai mengerjakan official test TOEFL, kamu tidak langsung mendapatkan nilai. Sebaliknya, kamu harus menunggu sekitar 14 hari atau 10 hari kerja. Untuk mengetahui nilai, biasanya kamu harus mendatangi atau menghubungi tempat kamu official test. Kamu juga akan diminta untuk mengambil sertifikat TOEFL di tempat yang sama. Namun, jika tempat official test kamu memiliki jarak tempuh yang jauh, kamu mungkin bisa meminta untuk mengirimkan sertifikat tersebut via post, JNE, dan sejenisnya. Tentu saja kamu harus menanggung ongkir.

Baca juga:
Alamat Download Free Ebook dan Jurnal

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.