Object The component of Sentence

Object
The component of Sentence

 

Object adalah komponen dalam sebuah kalimat yang menjadi penderita. Disebut penderita karena object menjadi sasaran dari kegiatan aktifitas atau kata kerja dalam sebuah kalimat. Jika ada sebuah kalimat “saya belajar Bahasa Inggris”, Bahasa Inggris disebut object karena bahasa inggris menjadi sasaran dari kegiatan belajar.

Baca juga: Subject the component of sentence

Object dapat berupa:

Pronoun

Pronoun artinya kata ganti. Pronoun yang berfungsi sebagai object disebut dengan objective pronoun. Kamu harus benar-benar memperhatikan karena Bahasa Indonesia tidak memiliki objective pronoun yang khusus seperti yang dimiliki oleh Bahasa Inggris. Objective Pronoun dalam Bahasa Inggris yaitu me, you, us, them, him, her, it. Perhatikan contoh:

The president meets me

Me adalah pronoun dan pada kalimat di atas, me berfungsi sebagai object karena me adalah sasaran dari kegiatan meet (bertemu).

A black car hit it

It adalaha pronoun dan pada kalimat di atas, it berfungsi sebagai object karena it adalah sasaran dari kegiatan hit (menabrak).

Selanjutnya, pronoun yang dapat menjadi object adalah Indefinite Pronoun yaitu: Anybody, anyone, anything, everybody, everyone, everything, somebody, someone, something, nobody, no one, nothing. Perhatikan contoh

I miss nobody

nobody adalah pronoun dan pada kalimat di atas, nobody berfungsi sebagai object karena nobody adalah sasaran dari kegiatan miss (merindukan).

Noun

Kamu pasti sudah familiar dengan Noun atau kata benda. Sebuah kata yang berarti nama dari sebuah benda. Noun dapat menjadi object. Perhatikan contoh:

She is drinking coffee

Coffee adalaha noun dan pada kalimat di atas, coffee berfungsi sebagai Subject karena coffee adalah sasaran dari kegiatan is drinking (sedang minum).

 

Noun Phrase

Noun phrase adalah kumpulan beberapa kata dimana Noun yang menjadi inti pembicaraan. Misalkan kamu mau mengatakan easy questions (pertanyaan-pertanyaan mudah), yang jadi inti pembicaraan pada phrase easy questions adalah questions. Perhatikan juga contoh small fish (ikan kecil), apa yang menjadi inti pembicaraan? Silahkan simpulkan sendiri!

Ada banyak cara membentuk Noun phase. Disini akan diterangkan beberapa diantaranya.

  • Det + noun

Det adalah determiner. Dalam buku ini, kita coba untuk menyederhanakan istilah-istilah agar lebih mudah dipelajari. Ingat, kami sadar bahwa dalam buku lain, apa yang kami sebut determiner mungkinmemiliki istilah lain. Namun, agar belajar menjadi sederhana, kita gabungkan saja menjadi istilah determiner.

No. Determiner Example
1. a, an, the A job
2. thisthatthesethose That activity
3. allanybotheach,

eitherfewmanyneitherone,

severalsome

Each person
4. myyourhisherourtheir Our future

Contoh
He brought my bag

my bag adalah Noun phrase. my = determiner, bag = noun.  

my bag pada kalimat di atas berfungsi sebagai object karena my bag adalah sasaran dari kegiatan brought (membawa).

  • Adjective + Noun

Adjective adalah kata yang menggambarkan ciri-ciri dari sebuah benda. Contoh-contoh kata sifat adalah huge, beautiful, short, smart.

Contoh
Someone has taken valuable jewel

Valuable jewel adalah Noun phrase. valuable = adjective, jewel = noun.  

Valuable jewel pada kalimat di atas berfungsi sebagai object karena valuable jewel adalah sasaran dari kegiatan has taken (sudah mengambil).

  • Det + Adjective + Noun

Ini adalah kom binasi dari poin a dan b.

Contoh:
My neighbour attended my big party    

My big party adalah Noun phrase. My = determiner, big = adjective, dan party = noun.  

My big party pada kalimat di atas berfungsi sebagai object karena my big party adalah sasaran dari kegiatan attended (hadir).

  • Adverb + adjective + noun

Adverb yang digunakan dalam membentuk noun phrase adalah adverb of degree. Berikut beberapa adverb of degree: Absolutely, Completely, Deeply, Extremely, Quite, Very, barely, enormously, fully, so, too, simply, totally.

Contoh:

I saw very high buildings

Very high buildings  adalah Noun Phrase. Very = adverb, high = adjective, buildings = noun

Very high buildings pada kalimat di atas berfungsi sebagai object karena very high buildings adalah sasaran dari kegiatan saw (melihat).

  • Det + adv + adj + noun

Contoh
That student finds an extremely difficult question

An extremely difficult question adalah Noun phrase. an = determiner, extremely = adverb, difficult = adjective, dan question = noun.  

An extremely difficult question pada kalimat di atas berfungsi sebagai object karena an extremely difficult question adalah sasaran dari kegiatan finds (menemukan).

 

Macam-macam Object

Dalam Bahasa Inggris, ada dua object yang akan dibahas yaitu object of verb dan object of preposition. Mungkin kamu sudah familiar with object of verb. Sedangkan object of preposition bisa jadi merupakan istilah baru.

Object of Verb

Object of verb adalah object yang menjadi sasaran dari verb. Posisi object ini terletak setelah verb.Perhatikan contoh:
The woman ate delicious food
Delicious food adalah Object of verb karena terletak setelah verb ate

Object of preposition

Preposition artinya adalah kata depan. Object of preposition adalah sebuah object yang terletak setelah preposition. Banyak sekali preposition dalam Bahasa Inggris. Berikut beberapa diantaranya: at, in, on, into, above, between, next to, in front of, dan lain-lain. Perhatikan contoh:

The table in my cozy house is lost
my cozy house adalah object of preposition karena terletak setelah preposition in (di dalam)

 

Exercise

Tentukan object dari masing-masing kalimat berikut, kemudian tentukan juga apakah object berupa pronoun, noun, atau noun phrase.

  1. That infant is playing his little finger.
  2. Our parents always love us.
  3. Those scientists create a tremendously sophisticated rocket
  4. The minister has visited people in the village
  5. The poor man need warm clothes

Temukan semua object dari kalimat-kalimat di bawah ini dan tentukan apakah object termasuk object of verb atau object of preposition.

  1. Friend of her sent a special gift yesterday
  2. I never watch a movie in theater
  3. The lecturer of statistics cannot come to the class today
  4. The bicycle between two cars is mine
  5. She is the best students in my university
Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

1 thought on “Object The component of Sentence

  1. roma trøje says:

    Sustain the awesome job !! Lovin’ it!

Leave a Reply

Your email address will not be published.