Ordinary Verb the Component of Sentence

Ordinary Verb

the Component of Sentence

 

Ordinary Verb ini adalah kata kerja biasa atau utama. Contoh nih ya, jika ada 2 verb didalam kalimat seperti ini “he is crying”. Didalam kalimat yang dicontohkan tadi, is adalah auxiliary verb dan crying adalah ordinary verb nya karena is hanyalah pembantu saja. Ordinary verb ini bisa berdiri sendiri bisa juga didampingi Auxiliary Verb. Kalau kamu gimana? #eh

Nah, Ordinary Verb dibagi lagi menjadi dua. Pertama berdasarkan bentuknya dan kedua Verb berdasarkan objectnya. cekidooooootttt

Ordinary Verb berdasarkan form (bentuk)

Berdasarkan bentuknya, Ordinary Verb dibedakan menjadi 4 jenis yaitu bentuk infinitive (kata kerja pertama), kata kerja kedua (past), kata kerja ke 3 (past participle) dan kata kerja keempat atau (present participle).

Kamu mungkin familiar dengan list kata kerja seperti didalam table dibawah ini:

Hasil gambar untuk regular and irregular verbs

sumber: Pinterest

Nah keempat jenis kata kerja tadi (Verb 1, 2, 3, dan 4) dibagi lagi kedalam 2 grup besar yaitu Regular Verb (kata kerja beraturan) dan kata kerja tidak beraturan (Irregular Verb). Kata kerja beraturan ini biasanya ketika berubah menjadi verb 2 dan 3 ditambah akhiran -ed, sementara irregular verbs adalah kata kerja yang tidak beraturan. Contoh : eat, ate , eaten atau see, saw, seen. Nah, kata kerja ini sifatnya kaya bunglon guys karena kata kerja ini bisa berubah sesuai dengan waktu yang mau kita ungkapkan (perubahan bentuk verb berdasarkan tenses). Ini akan dijelaskan nanti yaaa.

Ordinary Verb berdasarkan Object

Sudah pada tau kan apa itu objek didalam sebuah kalimat? Nah, menurut objeknya, verb dibagi menjadi 2 yaitu Transitive dan Intransitive:

a. Transitive

adalah kata kerja yang gak mandiri, kemana-mana mesti aja ditemenin objek kalo nggak dia hampa. Contoh nih kalo kamu pengen bilang sesuatu dengan kata kerja ‘buy’. Kamu harus sertain objek setelah kata kerja buy karena kalau kalimatnya hanya “I buy” yang kalo diartiin “saya membeli”. Beli apa? Gorengan? Baju? Samsung S9? Kan harus jelas….. sama kaya suatu hubungan. Gak mau kan digantungin. #eaaaa. Oiya, verb transitive ini dibagi lagi menjadi  3 ada Monotransitive, Ditransitive, dan Complex transitive. Penjelasan lebih lanjutnya sebagai berikut:

  1. Monotransitive

Monotransitive merupakan bentuk transitive yang hanya diikuti oleh satu objek saja dan berbentuk direct object atau objek langsung YANG JADI SASARAN verb nya. Biar lebih jelas lagi lihat nih, didalam kalimat “I need you” I (saya), need (membutuhkan) siapa? You (kamu). Iya kamu.

Contoh:
I need you
S    V      O

Disini kata kerja need diikuti satu objek yaitu ‘you’.

  1. Ditransitive

Ditransitive merupakan kalimat transitive yang diikuti oleh dua objek yaitu objek langsung (direct object) dan indirect object (objek tidak langsung).

Contoh:
She gave me her cake
S      V      O       O

Bisa dilihat kan diatas, ada 2 objek yaitu me dan her cake.

  1. Complex Transitive

Complex Transitive merupakan kalimat transitive yang diikuti oleh direct object dan juga object complement. Object Complement adalah pelengkap objek dimana dia berfungsi sebagai penjelas identitas Objek. Lebih jelasnya lihat contoh dibawah ya:

I consider you as a good friend (aku menganggap mu sebagai teman yang baik).
S    V         O              C

A good friend disini menjelaskan you. ‘Kamu’ dideskripsikan sebagai ‘seorang teman baik’. Maka dari itu kata ‘teman baik’ adalah sebagai pelengkap objek ‘you’.

b. Intransitive Verb

Oke lanjut yak… ada nih tinggal satu lagi jenis verb terakhir yang akan dibahas fiuhhhh pasti pada lega nih kan setelah keratin jidat daritadi..  :p hehe langsung aja ya kita bahas Intransitive Verb. Intransitive Verb ini kebalikannya Transitive Verb. Verb jenis ini terbiasa sendiri dan dia gak butuh objek :’) *pukpuk*. Langsung ke contoh ya:

I run (Saya berlari)
She died (Dia meninggal).

Exercise

State whether the verbs in the following sentences are used transitively or intransitively.

  1. Heat expands metals.
  2. Metals expand on heating.
  3. The driver stopped the car.
  4. The car stopped abruptly.
  5. You must speak the truth.
  6. You must speak loudly.
  7. The boy is flying the kite.
  8. The birds are flying in the sky.
  9. The rider fell off the horse and broke his arm.
  10. The woodcutter felled a huge tree.
Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

1 thought on “Ordinary Verb the Component of Sentence

  1. you’re truly a excellent webmaster. The web site loading speed is amazing. It kind of feels that you are doing any unique trick. Moreover, The contents are masterwork. you have done a fantastic activity on this matter!

Leave a Reply

Your email address will not be published.