Subject The component of Sentence:

Subject
The component of Sentence

 

Sebuah kalimat dalam bahasa inggris selalu memiliki komponen seperti Subject, Predicate (verb), Object, dan Complement. Sedangkan Subject dan Verb adalah komponen yang wajib selalu ada sebuah kalimat. Jika tidak ada, kalimat tersebut akan dianggap salah. Karena Subject begitu penting dalam kalimat, Pembahasan kali ini akan fokus pada Subject. Subject adalah pelaku dari sebuah kegiatan. Misal ada kalimat “saya belajar”, saya adalah subject karena “saya” yang mengerjakan aktifitas belajar.

Subject dapat berupa:

Pronoun

Pronoun artinya kata ganti. Mungkin kamu familiar dengan subjective pronoun atau kata ganti subjek seperti I you we they he she it. Pronoun tersebut sangat sering digunakan dalam daily english. Seperti pada contoh-contoh berikut:

They read an article

They adalaha pronoun dan pada kalimat di atas, They berfungsi sebagai Subject karena They adalah pelaku dari kegiatan read (membaca).

She reads a poem

She adalaha pronoun dan pada kalimat di atas, She berfungsi sebagai Subject karena She adalah pelaku dari kegiatan read (membaca).

Selanjutnya, pronoun yang dapat menjadi subject adalah Indefinite Pronoun yaitu: Anybody, anyone, anything, everybody, everyone, everything, somebody, someone, something, nobody, no one, nothing. Perhatikan contoh

no one can answe the waird question

no one adalah pronoun dan pada kalimat di atas, no one berfungsi sebagai Subject karena no one adalah pelaku dari kegiatan can answer (dapat menjawab).

Pronoun selanjutnya yang dapat menjadi subject adalah Demonstrative Pronoun yaitu this, these, that, those. This dan these memiliki arti yang sama yaitu “ini”. Perbedaan mereka adalah pada penggunaan this untuk singular dan these untuk plural. That dan those juga memiliki arti yang sama yaitu “itu”. Perbedaan mereka juga terletak pada penggunaan that untuk singular dan those untuk plural. Perhatikan contoh:

This is your assignment

This adalah pronoun dan pada kalimat di atas, This berfungsi sebagai Subject karena sedangkan is adalah verb.

Those are bags

Those adalah pronoun dan pada kalimat di atas, Those berfungsi sebagai Subject karena sedangkan are adalah verb.

 

Noun

Kamu pasti sudah familiar dengan Noun atau kata benda. Sebuah kata yang berarti nama dari sebuah benda. Noun dapat menjadi subject. Perhatikan contoh:

Cars hit me

Cars adalaha noun dan pada kalimat di atas, cars berfungsi sebagai Subject karena cars adalah pelaku dari kegiatan hit (menabrak).

Fish is swiming fast

Fish adalaha noun dan pada kalimat di atas, Fish berfungsi sebagai Subject karena Fish adalah pelaku dari kegiatan is swiming (sedang berenang).

 

Noun Phrase

Noun phrase adalah kumpulan beberapa kata dimana Noun yang menjadi inti pembicaraan. Misalkan kamu mau mengatakan blue sky (langit biru), yang jadi inti pembicaraan pada phrase blue sky adalah sky. Perhatikan juga contoh long hair (rambut panjang), apa yang menjadi inti pembicaraan? Silahkan simpulkan sendiri!

Ada banyak cara membentuk Noun phase. Disini akan diterangkan beberapa diantaranya.

  • Det + noun

Det adalah determiner. Dalam buku ini, kita coba untuk menyederhanakan istilah-istilah agar lebih mudah dipelajari. Ingat, kami sadar bahwa dalam buku lain, apa yang kami sebut determiner mungkin memiliki istilah lain. Namun, agar belajar menjadi sederhana, kita gabungkan saja menjadi istilah determinisme.

No. Determiner Example
1. a, an, the A job
2. thisthatthesethose That activity
3. allanybotheach,

eitherfewmanyneitherone,

severalsome

Each person
4. myyourhisherourtheir Our future

Contoh:

Your neighbour visit me

Your neigbour adalah Noun phrase. Your = determiner, neighbour = noun.  

Your neigbour pada kalimat di atas berfungsi sebagai Subject karena Your neigbour adalah pelaku dari kegiatan visit (mengunjungi).

  • Adjective + Noun

Adjective adalah kata yang menggambarkan ciri-ciri dari sebuah benda. Contoh-contoh kata sifat adalah rich, poor, handsome, superb.

Contoh

Brave students answer my question.

Brave students adalah Noun phrase. Brave = adjective, students = noun.  

Brave students pada kalimat di atas berfungsi sebagai Subject karena Brave students adalah pelaku dari kegiatan answer (menjawab).

  • Det + Adjective + Noun

Ini adalah kom binasi dari poin a dan b.

Contoh:
That old person gives gift

That old person adalah Noun phrase. That = determiner, old = adjective, dan person = noun.  

That old person pada kalimat di atas berfungsi sebagai Subject karena That old person adalah pelaku dari kegiatan give (memberikan).

  • Adverb + adjective + noun

Adverb yang digunakan dalam membentuk noun phrase adalah adverb of degree. Berikut beberapa adverb of degree: Absolutely, Completely, Deeply, Extremely, Quite, Very, barely, enormously, fully, so, too, simply, totally.

Contoh:

Extremely kind boys help us

Extremely kind boys adalah Noun phrase. Extremely = adverb, kind = adjective, dan boys = noun.  

Extremely kind boys pada kalimat di atas berfungsi sebagai Subject karena Extremely kind boys adalah pelaku dari kegiatan help (membantu).

  • Det + adv + adj + noun

Contoh
his totally dilligent teacher teaches us

his totally dilligent teacher adalah Noun phrase. His = determiner, totally = adverb, dilligent = adjective, dan teacher = noun.  

his totally dilligent teacher pada kalimat di atas berfungsi sebagai Subject karena his totally dilligent teacher adalah pelaku dari kegiatan teaches (mengajarkan).

Exercise

Tentukan subject dari masing-masing kalimat berikut, kemudian tentuka juga apakah subject berupa pronoun, noun, atau noun phrase.

  1. The totally clear environment creates healthy animals
  2. A beautiful view shows the best panorama of the island
  3. Planes fly over 200 feet
  4. Someone comes to me at night
  5. Both researchers agreed that universe is expanding

 

Soal berikut adalah phrase. Kamu harus menentukan setiap soal termasuk phrase yang mana. Perhatikan contoh:

Question    : A tiny virus
Answer      : A = determiner, tiny = adjective, virus = noun

  1. Those tremendously huge achievements
  2. Infants
  3. Our customer
  4. Valuable things
  5. Enormously pleasure situation

Baca juga:
Object of the sentence

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.