Tips Meningkatkan Hasil Reading TOEFL

Tips Meningkatkan Hasil Reading TOEFL

Vocabulary

Teks pada BBC biasanya diambil dari surat kabar, atau berita-berita, jurnal atau tulisan ilmiah yang tentu saja kosa kata (vocabulary) yang digunakan bukan kosa kata sehari-hari (daily vocabulary). Ini kemudian yang menjadi tantangan ketika kamu mau mengerjakan soal reading TOEFL. Soal Reading TOEFL lebih menekankan pada pemahaman. Sehingga jika banyak vocabulary yang tidak kamu pahami, kamu akan semakin sulit untuk memahami apa maksud teks tersebut yang pada akhirnya membuat kamu tidak dapat menjawab dengan baik.

Baca juga: daftar beasiswa lengkap

Cara ampuh yang bisa kamu lakukan adalah upgrade vocabulary level kamu dari yang daily vocabulary menjadi advance vocabulary. Tentu saja kamu tidak akan mendapatkan advance vocabulary ini di kehidupan sehari-hari. Karena sumber reading TOEFL adalah surat kabar, atau berita-berita, jurnal atau tulisan ilmiah, kamu harus membaca jurnal, surat kabar seperti BBC, CNN, Jakarta Post, atau Guardian untuk mendapatkan vocabulary yang kemungkinan akan sering muncul di reading TOEFL.

Baca juga: test TOEFL online gratis

Bagi yang baru belajar bahasa inggris, membaca jurnal dan berita seperti BBC tentu saja akan membuat kamu sedikit pusing karena banyak kosa kata yang harus kamu terjemahkan. Namun, jangan pernah berhenti, karena lambat laun, jika kamu terus mempertahankan kebiasaan baik ini, kamu akan merasa semakin mudah untuk memahami advance vocabulary dari jurnal atau portal berita.

Baca juga: Download ebook TOEFL

Reading

Reading is reading. Vocabulary benar-benar akan membantu kamu dalam memahami teks dengan deretan advance vocabulary. Namun, ada satu sisi yang masih harus kamu eksplorasi agar nilai reading TOEFL kamu bagus yaitu pemahaman tentang isi teks.

Untuk memiliki skill reading comprehension, tidak ada jalan instan, kamu harus membiasakan diri untuk membaca jurnal dan berita-berita dalam bahasa inggris. Tidak usah terburu-buru! Yang terpenting adalah kamu dapat poin apa yang ada dalam jurnal dan kamu menikmati itu. Tidak usah malu atau frutasi untuk mengulang-ulang membaca sebuah paragraf hanya untuk memahami apa maksud dari paragraf tersebut. Setidaknya saat kamu pertama kali membiasakan membaca apalagi bahasa inggris, pasti kamu akan merasakan pusing karena tidak paham advance vocabulary dan bingung memahami teksnya. Namun, sekali lagi, every start is difficult. Habit makes it easier.

Reading habit is pivotal. Usahakan kamu bangun kebiasaan membaca dari sekarang. Tidak usah terlalu muluk dalam menentukan target. Kamu bisa mulai dengan satu hari satu artikel bahasa inggris dari BBC. Atau 2 hari satu artikel. Sederhananya, kamu harus baca dan baca.

Baca juga:
Info beasiswa dunia
Cara menulis daftar pustaka
Cara menulis abstrak

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.