Trik Menjawab dan Mengisi Soal Reading TOEFL (Part 1)

Trik Menjawab dan Mengisi Soal Reading TOEFL (Part 1)

Dalam mengerjakan soal Reading TOEFL, tentu saja kita membutuhkan trik atau strategi agar kita bisa menjawab dan mengisi soal Reading TOEFL tepat waktu. Ingat bahwa ada waktu tertentu yang disediakan untuk kamu mengerjakan soal. Jika waktunya sudah habis, tapi kamu belum selesai, kamu tidak akan diijinkan untuk melanjutkan mengerjakan soal reading TOEFL tersebut. Oleh karena itu, penting banget untuk memiliki trik menjawab dan mengisi soal reading TOEFL. Berikut adalah tips dan strategi umum dalam mengerjakan Soal Reading TOEFL :

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Gunakan tekhnik membaca cepat (Skimming dan Scanning)

Jangan habiskan waktu untuk membaca keseluruhan text karena kamu akan kehabisan waktu. Soal Reading biasanya hanya 55 menit untuk 50 soal. Jadi, kamu hanya punya waktu sekitar 1 menit untuk mengisi 1 soal. Cukup pahami inti dari bacaan tersebut dan perhatikan juga pilihan jawaban terlebih dahulu agar pada saat membaca teks kita fokus hanya untuk menemukan hal yang berkaitan dengan jawaban yang telah disediakan (tidak menghabiskan waktu untuk membaca yang tidak perlu.

Baca juga: Sertifikat TOEFL Yang Diakui Beasiswa LPDP

Abaikan kata-kata yang sulit

Ketika menemukan kata dalam kalimat Bahasa Inggris yang sulit, maka abaikan saja dan cobalah pahami sesuai konteks bukan kata perkata. Jangan sampai terpaku pada soal yang sulit karena ketika kamu berpikir lama, maka kamu bisa saja kehilangan kesempatan untuk mengisi 4-5 soal. Ingat! Ketika tes TOEFL kita saling berkejaran dengan waktu. Jangan sampai terlena membaca teks semua sampai habis apalagi sampai ketiduran pada saat mengerjakan soal reading :p

Kenali tipe Soal Reading TOEFL

Ada berbagai jenis pertanyaan di dalam Section Reading dalam TOEFL seperti mencari main idea, mencari synonym, Inference Questions, True or False, dll. Jadi, semakin kamu kenal jenis-jenis soal yang keluar, semakin kamu tahu strategi apa yang bisa kamu gunakan pada saat mengisi suatu jenis soal. Benar kata pepatah ya, tak kenal maka ta’aruf. Oiya, materi tentang cara mengisi soal TOEFL sesuai jenis soalnya akan dijelaskan dipertemuan berikutnya. Don’t miss it !

Urutan Soal

Jawaban pada soal Reading TOEFL biasanya berurutan dari atas kebawah. Misal soal no. 1 – 5 pada suatu teks yang berisi 3 paragraf. Jawaban no.1 biasanya terdapat pada awal-awal kalimat atau paragraf 1 dan tidak akan ada di bagian akhir paragraf atau paragraf ke-3. Dan soal no.5 jawaban tidak akan muncul di kalimat atau paragraf awal.

Demikian, strategi dan tips mengisi soal Reading TOEFL dari Scholars Official. Semoga bermanfaat :).

Baca juga: Cara Meningkatkan Skor TOEFL Listening Tanpa Belajar

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.