Mental yang harus dimiliki Pemburu Beasiswa

Mental Yang Harus Dimiliki Pemburu Beasiswa

 

Milikilah hati, pikiran, dan rencana yang benar-benar mau berkontribusi untuk Indonesia

Salah satu tahap seleksi dalam beasiswa adalah wawancara walaupun tidak semua beasiswa memiliki tahap ini. Saat kamu wawancara kamu tidak akan bisa bohong. Jika kamu benar-benar memiliki hati yang tulus untuk berkontribusi untuk Indonesia, pertanyaan apapun yang diberikan akan dapat dijawab dengan memuaskan dan bijaksana. Karena dengan memiliki hati, pikiran dan rencana yang benar-benar mau berkontribusi untuk Indonesia, kita bisa tahu apa yang harus kita lakukan, kita akan tahu apa permasalahan di Indonesia, kita akan tahu potensi apa yang ada di masyarakat dan bagaimana cara mengembangkannya.

Baca juga: Test TOEFL online gratis

Jika kamu masih merasa bingung apa yang harus kamu lakukan untuk masyarakat, jika kamu masih tidak tahu masalah apa yang ada di masyarakat, jika kamu masih tidak paham apa potensi yang dapat kamu kembangkan di masyarakat. Kamu belum menjiwai ilmu yang kamu miliki, kamu belum dekat dengan masyarakat dan menyentuh masalah dan potensi di masyarakat.

Baca Juga: Tips mencari ide statement of purpose beasiswa LPDP

Sedikit lagi

Satu hal yang saya selalu ada dari setiap awardee yang saya kenal yaitu selalu mempunyai mimpi dan bertanggung jawab dengan mimpi mereka. Artinya mereka tidak hanya bermimpi, tapi juga memperjuangkan mimpi tersebut. Bahkan saat jalan menuju impian mereka terhalang oleh tembok yang besar. Mereka tetap maju terus pantang mundur. Bahasa salah satu awardee yang saya kenal dan sangat berkesan di pikiran saya adalah “Jangan kasik kendor”. Salah satu kata yang juga saya dapatkan dari awardee adalah “sedikit lagi”. Kata yang membuat bertahan saat kondisi saya krisis motivasi.

Yang perlu diingat adalah bahwa setiap awardee atau setiap pejuang beasiswa memiliki rintangan dan ujian mimpinya masing-masing. Itu adalah hukum alam. Dan mereka yang berhasil adalah mereka yang tidak menyerah dengan rintangan itu. Saya sudah mendengarkan ribuan kisah, mungkin salah satunya mirip dengan apa yang kamu alami seperti tidak diijinkan oleh orang tua, nilai TOEFL yang rendah, tidak mempunyai biaya dan lain-lain. Jadi jangan pernah kamu merasa sendirian dengan masalah itu. Banyak orang lain yang memiliki masalah yang sama dan mereka berhasil melewati itu. Salah satunya dengan menguatkan diri dengan kata “Jangan kasik kendor” dan “sedikit lagi”.

Baca juga: Donwload ebook TOEFL

Coba lagi

Jangan pernah berfikir bahwa orang yang mendapatkan beasiswa itu tidak pernah gagal. Mungkin ada awardee yang sekali mencoba langsung berhasil mendapatkan beasiswa, kita akan bahasa itu berikutnya. Namun, tidak sedikit orang yang harus berusaha berkali-kali, mencoba banyak beasiswa, dan mencoba bertahun-tahun. Kata kuncinya adalah “Coba lagi”.

saya kenal dengan salah satu awardee yang gagal LPDP dua kali, dan otomatis waktu itu dia tidak dapat mendaftar di tahun 2017. Namun, ada kebijakan baru LPDP bahwa maksimal gagal substansi LPDP adalah tiga kali. Artinya, dia dapat daftar lagi tahun 2017. Mungkin untuk berjaga-jaga, dia juga daftar BU. Dan akhirnya, setelah gagal berkali-kali itu, dia lolos di beasiswa LPDP dan beasiswa Unggulan. Manis bukan?

Baca juga: Kesalahan konyol yang membuat gagal daftar beasiswa

Saya tutup dengan qoute “kamu belum benar-benar gagal sebelum kamu menyerah, selama kamu belum menyerah, berapa kali pun kamu tidak berhasil, itu belum bisa disebut gagal”.

Make a process make a progress

Langkah awal dalam berusaha apapun adalah memiliki target. Setelah itu, nikmati proses dan lihat progressnya. Untuk mengetahui apa saja langkah awal meraih beasiswa LPDP click disini, Persiapan awal meraih beasiswa LPDP click disini, dan mengetahui kesalahan konyol yang sering membuat gagal daftar click disini. Ketiga informasi awal tersebut penting untuk dibaca dan dipahami untuk memulai proses meraih beasiswa.

Berproseslah karena itu yang akan membedakan kamu dengan pejuang beasiswa yang lain, itu yang akan membedakan mu dalam menjawab pertanyaan apapun dalam seleksi wawancara, dan terlebih lagi, itu yang akan membedakan mental mu dengan pejuang yang lain.

Jika kamu saat ini berada di antara semester 1 dan 7, yang bisa kamu lakukan adalah memahami seperti apa seseorang yang dibutuhkan beasiswa. Selain itu, berkontribusi lah sebanyak-banyaknya. Terjunlah ke masyarakat, dengarkan apa masalah mereka dan apa potensi mereka, lalu gunakan ilmu yang kamu miliki untuk membantu mereka. Itulah proses yang kamu bisa lakukan. Dengan begitu hati, pikiran dan rencana mu akan mantap dan sesuai dengan apa yang masyarakat butuhkan

quote “Jika sekolah membuat kamu semakin jauh dari berkontribusi untuk tanah kelahiran mu karena alasan apapun, sesungguhnya petani lebih mulia kedudukannya dan lebih tinggi ilmunya. Jadi buat apa sekolah?”.

Jika kamu sekarang sudah semester 8 atau lulus, mulailah menulis essay, motivation letter, rencana study, menulis CV yang menarik. Semua itu adalah endorse yang akan “menjual” kamu didepan reviewer beasiswa. Semua hal di atas membantu reviewer lebih mengenal kamu. Ingat bahwa ada ribuan pendaftar dan pasti reviewer tidak mengenal pendaftar satu-satu. Jadi satu-satunya jalan untuk mengenal pendaftar adalah dari berkas-berkas di atas. Berkas tersebut yang akan berbicara tentang kamu sebelum kamu.

Jangan lupa juga untuk mengukur progress mu. Everyday something must have been done. Harus ada sesuatu yang selesai dilakukan setiap harinya. Harus ada progress setiap hari walaupun hanya satu baris kalimat yang kamu tambahkan. Ingat, disaat kamu sedang membaca ini, orang lain di luar sana, di pelosok jauh di pedalaman atau dimana pun mungkin sedang mempersiapkan diri untuk beasiswa dan memantaskan diri mereka.

Quote “saat kamu gagal, bukan berarti kamu tidak pantas, hanya orang lebih pantas karena lebih bekerja keras”.

Baca juga:
Tips Lolos Beasiswa Luar Negeri

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

1 thought on “Mental yang harus dimiliki Pemburu Beasiswa

  1. Supredo Manurung says:

    Nice Web

Leave a Reply

Your email address will not be published.