Daftar Beasiswa D3 dan D4 Dalam Negeri

Daftar Beasiswa D3 dan D4 Dalam Negeri

Hallo, pejuang beasiswa! Artikel kali ini menghadirkan rekomendasi daftar beasiswa untuk mahasiswa D3 dan D4. Beberapa beasiswa merupakan beasiswa yang membuka pendaftaran setiap tahun. Sehingga, kamu yang berminat bisa mulai mempersiapkan diri untuk berpartisipasi. Lalu, ada juga beasiswa yang masih membuka pendaftaran dengan deadline bulan Oktober atau November. Jadi, untuk kamu yang berminat, buruan daftar! Berikut daftar beasiswa D3 dan D4 dalam negeri. Untuk info beasiswa lainnya, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Beasiswa Djarum untuk D4

Beasiswa pertama adalah beasiswa Djarum yang memang sudah sangat dikenal oleh pelajar Indonesia. Beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa S1 atau D4 yang tengah duduk di semester 4. Bagi kamu yang masih di semester awal, kamu juga sudah harus mempersiapkan diri, lo. Sebab persaingan beasiswa ini akan sangat ketat. Jika lolos, kamu akan mendapat bantuan uang saku perbulan selama satu tahun. Selain itu, kamu juga bisa berpartisipasi di banyak kegiatan yang pasti akan meningkatkan skill-mu, contohnya: Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, International Exposure, serta Community Empowerment. Nah, sebelum mendaftar, pastikan kamu meraih dan mempertahankan IPK minimal 3.00. Namun hanya mahasiswa dari universitas mitra yang dapat mendaftar. Untuk info lebih lanjut, silahkan click disini.

Baca juga: 9 Universitas Terbaik Indonesia Versi QS World

Beasiswa DataPrint

Selanjutnya ada beasiswa DataPrint. Beasiswa DataPrint juga rutin membuka pendaftaran, nih. Hampir setiap tahun DataPrint memberikan beasiswa berupa sejumlah uang pada pelajar hingga mahasiswa. Tahun ini ada 300 pelajar hingga mahasiswa yang berhak menerima beasiswa dari DataPrint. Menariknya, beasiswa ini terbuka bagi pelajar hingga mahasiswa dari segala jurusan dan tingkat semester. 250 kandidat tersebut dibagi menjadi 3 kategori dimana 10 orang berhak menerima uang sebesar Rp. 1 juta, 15 orang menerima Rp. 750 ribu, dan 225 orang menerima Rp. 400 ribu. Dalam penyeleksiannya, DataPrint menitik beratkan pada esai yang harus ditulis tiap kandidat. Setiap jenjang pendidikan memiliki topik yang berbeda. Nah, jika kamu tertarik, kamu bisa mulai meng-kepo-in beasiswanya sambil menunggu pendaftaran kembali dibuka. Info lebih lanjut, bisa kamu baca disini.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Malaysia Beserta Beasiswanya

Beasiswa Baznas JaBar

Satu lagi beasiswa yang rutin diadakan, yaitu beasiswa Baznas JaBar. Beasiswa yang berasal dari Badan Zakat Nasional daerah Jawa Barat ini memberikan subsidi pendidikan pada satu kali kesempatan. Ditujukan kepada mahasiswa kurang mampu, beasiswa Baznas mencari kandidat keluarga dengan pendapatan tidak mencapai Rp. 2 juta. Mahasiswa yatim/piatu/yatim piatu akan lebih diutamakan. Jika ingin mendaftar, kamu harus berasal dari salah satu universitas D3/D4/S1 di daerah Jawa Barat dengan pencapaian IPK minimal 2.75. Selain itu, kamu harus menjadi satu-satunya calon sarjana yang ada di keluargamu. Nah, jika kamu ingin tahun info lebih lanjut mengenai beasiswa Baznas JaBar ini, silahkan click disini.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Jepang Beserta Beasiswanya

Beasiswa Arah Pemuda Indonesia (API)

Berikutnya, ada beasiswa yang masih membuka pendaftaran hingga saat ini, tepatnya sampai 30 Oktober 2020. Beasiswa API ditujukan kepada mahasiswa jenjang pendidikan D3, D4, hingga S1 mulai dari semester 1 sampai semester 8. Kandidat yang lolos akan mendapat sejumlah uang, laptop gratis, pelatihan, dan lain-lain. Ada tiga jalur pendaftaran beasiswa API untuk 3 kategori beasiswa. Kategori pertama adalah beasiswa jalur mahasiswa berprestasi. Lalu jalur mahasiswa kurang mampu, dan yang terakhir jalur tahfidz Quran. Semua jalur akan mendapatkan beasiswa yang sama. Tapi tentu saja dengan syarat yang berbeda-beda. Walaupun begitu, persyaratan pendaftaran terbilang cukup mudah. Nah, jika kamu penasaran, silahkan baca info lebih lanjutnya disini.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Australia Beserta Beasiswanya

Beasiswa Mahaghora

Jika beasiswa sebelumnya ditujukan kepada mahasiswa on-going, beasiswa Mahaghora justru diberikan kepada pelajar SMA kelas 3 atau lulusan SMA/SMK sederajat yang bermimpi melanjutkan pendidikan ke jenjang D4 atau S1. Bentuk beasiswa yang diberikan berupa biaya pangkal, uang kuliah hingga 8 semester, training, hingga berpartisipasi dalam berbagai project yang dapat meningkatkan soft skills kamu. Kandidat yang dicari adalah pelajar dari keluarga kurang mampu namun berprestasi, baik prestasi akademik maupun non-akademik. Jika ingin mendaftar, kamu harus berkuliah di salah satu universitas di Surabaya. Deadline pendaftaran beasiswa ini adalah 6 November 2020. Bagi kamu yang berminat, kamu dapat membaca info lebih lanjutnya disini.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Amerika dan Beasiswanya

Beasiswa Luwu Timur

Beasiswa satu ini khusus ditujukan kepada mahasiswa jenjang S3, D4, dan S1 yang berdomisili di daerah Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Mahasiswa perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta dapat berpartisipasi, asal universitas kamu memenuhi standar akreditasi dari beasiswa Luwu Timur. Beasiswa ini memberikan biaya pendidikan dimulai dari semester 1 atau setiap semester dalam setiap tahun akademik. Jika diterima, kamu harus mempertahankan nilai IPK kamu, ya. Nah, beasiswa akan diberikan setelah menjalani kuliah pada semester yang ditempuh. Bagi yang berminat, kamu bisa melihat info lebih lengkapnya disini.

Baca juga: 10 Universitas Swasta Terbaik dan Beasiswanya

Beasiswa Wardah Scholarship Program

Memperingati Wardah 25 tahun, Wardah meluncurkan program beasiswa yang bernama ‘Wardah Scholarship Program”. Wardah Scholarship Program akan diberikan kepada 100 mahasiswi terpilih yang sedang menempuh pendidikan D4 atau S1, dan sedang duduk di semester 3. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswi dari perguruan tinggi negeri mitra program ini yang terdiri dari 30 perguruan tinggi negeri. Nantinya, kamu akan mendapat uang sejumlah Rp. 750 ribu hingga lulus dan mengikuti berbagai program pengembangan diri. Untuk bisa mendaftar, kamu harus memiliki surat rekomendasi dari fakultas atau universitas. Kamu juga harus mempersiapkan salinan dokumen lain, seperti KTP, KTM, hingga salinan tagihan PLN/PDAM. Pendaftaran beasiswa Wardah masih dibuka hingga 3 November 2020. Jika kamu berminat, kamu bisa membaca info lebih lanjutnya disini.

Baca juga: 10 Universitas Islam Negeri Terbaik dan Beasiswanya

Beasiswa Global Youth Action (GYA)

Beasiswa terakhir di daftar kali ini adalah beasiswa Global Youth Action (GYA). Global Youth Action atau GYA sendiri merupakan organisasi kepemudaan yang mengkampanyekan Sustainable Development Goals (SDGs). Melalui program beasiswa GYA ingin memberikan bantuan pendidikan bagi pelajar SMA/SMK/MA/sederajat dan mahasiswa D3, D4, atau S1. Dengan program ini GYA berharap dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Bentuk beasiswa yang diberikan berupa sejumlah uang sebesar Rp. 300 ribu untuk SMA/SMK/MA/sederajat, dan uang sejumlah RP. 600 ribu untuk mahasiswa jenjang D3/D4/S1. Selain uang, beasiswa ini juga memberikan kesempatan mengikuti kegiatan yang mendukung Sustainable Development Goals, menjadi ambassador program Global Youth Action, berkesempatan mengikuti program Global Youth Action baik nasional maupun internasional, dan masih banyak lagi. Persyaratan beasiswa ini cukup mudah. Bahkan tidak ada minimal IPK atau nilai rata-rata yang ditetapkan. Pendaftaran beasiswa ini masih dibuka hingga 5 November 2020. Bagi yang tertarik, silahkan baca informasi lebih lanjutnya disini.

Baca juga: 10 Universitas Negeri Terbaik dan Beasiswanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.