Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri 2019 Paling Lengkap

Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri 2019

 

Beasiswa Fulbright 

Jika kamu punya impian untuk kuliah ke Amerika, kamu dapat mencoba untuk apply  beasiswa Fulbright. Ini adalah beasiswa untuk mahasiswa international dan ditawarkan di ratusan negara, salah satunya untuk pelajar Indonesia. Fulbright merupakan beasiswa penuh yang menawarkan beberapa jenis dengan sasaran berbeda. Misalkan Fulbright Master’s Degree Program, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, dan banyak lagi. Pendaftaran serta pengajuan beasiswa Fulbright 2018/2019 paling lambat 15 Februari 2018. Aplikasi sudah harus diterima pada tanggal tersebut. Bagi yang ingin bertanya bisa melalui email: [email protected] atau melalui laman Aminef (www.aminef.or.id).
Untuk Info lebih lanjut, click disini

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah Terbaik

Beasiswa Erasmus Plus 

Beasiswa Erasmus Plus (Erasmus +) pada awalnya disebut beasiswa Erasmus Mundus. Beasiswa Erasmus Mundus telah berakhir 2013, kini namanya diubah menjadi Erasmus + dengan menggabungkan 7 program beasiswa yang didanai Uni Eropa. Tidak jauh berbeda dengan program sebelumnya, Beasiswa Erasmus Plus juga memberikan beragam jenis beasiswa S2 yang ditawarkan oleh ratusan konsorsium yang tergabung. Beasiswa ditujukan untuk studi di perguruan tinggi Eropa untuk beberapa negara sekaligus. Tiap konsorsium menawarkan skema berbeda yang disesuaikan dengan program yang ditawarkan. Pendanaan yang disediakan misalnya biaya kuliah, biaya hidup, tempat tinggal, asuransi, serta biaya perjalanan.  Beasiswa yang diperoleh nantinya sudah mencakup biaya kuliah, tunjangan bulanan, asuransi, biaya perjalanan, dll. Total yang diterima sekitar 24.000 Euro per tahun dan berlaku untuk kelipatan tahun berikutnya. Pemohon dapat mendaftar langsung ke masing-masing website konsorsium. Umumnya dilakukan secara online dengan melengkapi dokumen yang mereka minta. Deadline pendaftaran bisa berbeda karena ini kebijakan masing-masing konsorsium. Begitu pun dengan persyaratan teknis.
Untuk Info lebih lanjut, click disini

Baca juga: Beasiswa S1 dari Pemerintah Indonesia

Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa Pemerintah Jepang ini rutin ditawarkan kepada mahasiswa Indonesia. Beasiswa Monbukagakusho. Anda yang mengincar beasiswa S2 ke Jepang, Monbukagakusho juga menyediakannya.  Program Research Students salah satunya. Beasiswa ini dapat dipergunakan untuk mengambi S2 di universitas-universitas Jepang dan diberikan tanpa ikatan dinas. Selain biaya kuliah juga disediakan biaya hidup. Biasanya beasiswa ditawarkan awal April tiap tahunnya. Pendaftaran dibuka pada 26 April 2019 sampai dengan 16 Mei 2019.
Untuk Info lebih lanjut, click disini

Baca juga: Beasiwa S1 dari swasta

Beasiswa Chevening 

Pemerintah Inggris mempunyai program beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa international. Beasiswa Chevening menjadi salah satu beasiswa yang diincar oleh mahasiswa Indonesia yang mempunyai niat untuk melanjutkan studi ke inggris. Beasiswa Chevening merupakan program beasiswa penuh atau full-funded untuk studi S2 di universitas-universitas Inggris. Kamu dapat kuliah di kampus-kampus terbaik di UK. Selain tanggungan biaya kuliah, penerima beasiswa juga memperoleh tiket perjalanan, biaya penyusunan tesis, tunjangan hidup, dan uang saku bulanan.

Pendaftaran Beasiswa Chevening dilakukan secara online di laman Chevening. Pendaftaran online dibuka 7 Agustus – 7 November 2019. Semua dokumen di-upload di akun aplikasi yang sudah dibuat secara online di website Chevening. Dokumen aplikasi dibuat dalam format PDF dengan ukuran tidak lebih dari 5 MB. Lebih dari format, kamu tidak akan dapat mengunggahnya ke akun aplikasi. Berikutnya akan diberitahukan kandidat yang berhak mengikuti seleksi wawancara pada pertengahan Februari 2019. Wawancara akan digelar antara Maret – Mei melalui Kedutaan Besar Inggris. Pengumuman hasil wawancara akan disampaikan awal Juni 2019. Cek juga melalui website Chevening (www.chevening.org).
Untuk Info lebih lanjut, click disini

Baca juga: Beasiswa LPDP

Beasiswa DAAD

Beasiswa DAAD adalah beasiswa full-funded yang diberikan oleh pemerintah Jerman. Kandidat terpilih akan diberikan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi, serta tunjangan lain. Pengajuan aplikasi Beasiswa Epos DAAD 2018 – 2019 disampaikan langsung ke masing-masing program yang ingin dilamar. Alamat website dan petunjuk tertera di panduan. Deadline juga ditetapkan masing-masing. Antara 31 Agustus hingga Desember 2017. Pihak universitas akan mempertimbangkan diterima/tidaknya pelamar berdasarkan dokumen aplikasi yang dikirim.
Untuk Info lebih lanjut, click disini

Baca juga: Beasiswa Turki

Beasiswa StuNed

Program Beasiswa StuNed sendiri merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia. Pelamar bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk mengambil kuliah S2 berbahasa pengantar Inggris di universitas-universitas Belanda.  Pendaftaran Beasiswa StuNed dilakukan secara online. Buat akun di laman Neso Indonesia, kemudian lengkapi formulir aplikasi online dan unggah dokumen aplikasi yang diminta di laman tersebut. Aplikasi diajukan paling lambat 15 Maret 2019 untuk perkuliahan yang dimulai September 2018.
Untuk Info lebih lanjut, click disini

Baca juga: Daftar Beasiswa S1 Dalam Negeri

Beasiswa Eiffel 

Dari namanya, pasti kamu sudah dapat menebak asal negara pemberi beasiswa ini. Pemerintah negara Prancis memberikan beasiswa kepada mahasiswa International dalam bentuk beasiswa full-funded Eiffel. Pelamar yang berminat biasanya diminta untuk mendaftar terlebih dahulu ke universitas yang dituju, kemudian meminta pihak universitas mendaftarkan nama pelamar ke penyelenggara Beasiswa Eiffel. Pelamar yang berhasil biasanya mendapatkan tunjangan hidup bulanan, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, serta tunjangan akomodasi. Biaya dikeluarkan sendiri ketika melakukan pendaftaran ke universitas. Sementara biaya kuliah, Pemerintah Perancis memberikan bantuan sekitar 10.000 euro, baik warga Prancis maupun asing. Pendaftaran dibuka mulai 16 Oktober 2019. Aplikasi beasiswa sudah harus diterima oleh Campus France dari pihak universitas paling lambat 12 Januari 2020. Itu artinya peserta sudah harus mendaftar dan diterima di universitas sebelum itu dan meminta diikutsertakan dalam program beasiswa. Pengumuman hasil akan disampaikan mulai 26 Maret 2020 melalui website Campus France (www.campusfrance.org/en/eiffel).
Untuk Info lebih lanjut, click disini

Beasiswa Australia Awards 

Beasiswa ini didanai oleh Pemerintah Australia untuk studi pascasarjana di universitas-universitas Australia. Beasiswa tersebut didanai penuh dan dapat dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan S2 di Australia. Beasiswa yang diberikan di antaranya meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, dana penunjang awal di masa perkuliahan, asuransi kesehatan mahasiswa luar negeri di Australia, bantuan tutorial tambahan jika diperlukan, biaya-biaya pemeriksaan medis dan rontgen, biaya tiket perjalanan kelas ekonomi saat keberangkatan ke Australia dan pulang ke tanah air, serta penelitian lapangan di Indonesia atau Australia.

Pendaftaran Beasiswa Australia Awards dapat diajukan secara online. Kamu dapat melakukan pendaftaran online di: https://oasis.dfat.gov.au/. Setelah melakukan pendaftaran dan mengajukan dokumen apliksai di laman Oasis tersebut, lengkapi juga formulir aplikasi online tambahan di laman Australia Awards. Pendaftaran online ini dibuka mulai 1 Februari – 30 April 2019. Sebaiknya ajukan sebelum deadline.

Pelamar sangat dianjurkan untuk mengajukan aplikasi secara online. Tapi, jika tidak bisa mendaftar secara online karena kondisi tertentu, seperti tidak tersedianya jaringan internet, pelamar bisa mengirimkan dokumen aplikasi dalam bentuk hard copy (berkas fisik).
Untuk Info lebih lanjut, click disini

Baca juga: Test TOEFL online gratis kesulitan soal setara official test

Beasiswa Sultan Brunei 

Meski tidak sepopuler beasiswa luar lainnya. Beasiswa Sultan Brunei ternyata banyak menarik minat mahasiswa Indonesia. Beasiswa tersebut memang sifatnya terbuka, sehingga bisa diikuti oleh mahasiswa negara lain di waktu yang bersamaan, namun tingginya peminat asal Indonesia ikut jadi tanda tanya.

Sepintas, Beasiswa Pemerintah Brunei tersebut menawarkan beasiswa mulai dari D3, S1, S2 hingga S3. Fasilitas beasiswa yang diberikan berupa tanggungan biaya kuliah, tunjangan bulanan (uang saku, uang buku, uang makan), tiket pesawat, tunjangan bagasi saat pulang, akomodasi, dan bebas biaya rawat jalan di rumah sakit pemerintah. Beasiswa Sultan Brunei tersebut ditawarkan melalui skema Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students.

Lengkapi formulir aplikasi bersama dokumen aplikasi lainnya. Beberapa dokumen mungkin perlu di-scan, seperti ijazah dan transkrip, dll. Lalu buat dalam format pdf. Selanjutnya kirim semua aplikasi tersebut ke email: [email protected]. Bagi pelamar yang ingin studi di kampus UBD, selain mengirimkan aplikasi di atas, juga diharuskan melengkapi aplikasi online di laman https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/. Permohonan dan pengajuan aplikasi beasiswa diterima paling lambat 28 Februari. Pemberitahuan pemenang biasanya disampaikan melalui email.

Beasiswa NZAS

Program beasiswa ini rutin ditawarkan Pemerintah New Zealand bagi mahasiswa di ASEAN. New Zealand-ASEAN Scholars Awards adalah kepanjangan dari NZAS itu sendiri. Beasiswa dibuka bagi masyarakat umum, dosen, PNS, maupun swasta yang ingin melanjutkan S2 di universitas-universitas New Zealand. Namun, ada prioritas bagi pelamar yang berasal dari Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Kamu dapat memperoleh tanggungan biaya kuliah penuh di universitas New Zealand, tunjangan kedatangan, tunjangan hidup, asuransi kesehatan dan perjalanan, serta tiket penerbangan kembali ke tanah air. Pelamar dari Indonesia bisa mengajukan beasiswa New Zealand dengan dua cara. Bisa pilih salah satu. Pertama via pos.Kedua via online. Pengajuan aplikasi via online dibuka mulai 1 Februari s/d 15 Maret 2019.
Untuk info lebih lanjut, click disini

Beasiswa Turki Buslari

Turki merupakan negara yang terletak di Eurasia (benua Eropa dan benua Asia). Tidak heran jika peradabannya dipengaruhi gaya barat dan timur. Selain itu, peradaban Islam pun sangat lekat di Turki. Inilah yang menjadikan Turki menjadi destinasi wisata dan edukasi. Untuk pendidikan, kemajuannya sangat pesat. Banyak sekali negara Arab yang mahasiswanya kuliah di Turki. Dengan keramah-tamahan kondisi pendidikan di Turki, ternyata memikat mahasiswa Asia, khususnya mahasiswa Indonesia untuk mengenyam pendidikan di Turki. Saat ini, Pemerintah Turki menyediakan beasiswa penuh untuk mahasiswa Internasional (program sarjana, pascasarjana, short-term/research programe) di Universitas di Turki. Deadline Pendaftaran beasiswa Turki adalah 20 Februari 2019
Untuk Info lebih lanjut, baca disini

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

1 thought on “Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri 2019 Paling Lengkap

  1. Khusnul Muthiah Althaf says:

    I’n interesting about master degree scholarship

Leave a Reply

Your email address will not be published.