10 Jurusan Dengan Peluang Kerja yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

10 Jurusan Dengan Peluang Kerja yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Dalam memilih jurusan kuliah tentunya kamu pasti mempertimbangkan prospek kerjanya di masa depan kan?. Terutama jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan baik di perusahaan, industri atau organisasi internasional. Untuk kamu yang ingin tahu jurusan apa saja yang memiliki peluang kerja yang bayak di masa depan. Berikut Scholars telah merangkum beberapa jurusan tersebut. Untuk info beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Teknik Informatika

Kuliah di jurusan teknik informatika ini menjadi salah satu yang paling menjanjikan. Kebanyakan lulusan jurusan ini menjadi programmer maupun developer. Dimana kedua profesi itu sangatlah dibutuhkan di perusahaan, industri, pemerintah maupun start up di masa sekarang maupun di masa mendatang. Dengan melihat kemajuan teknologi yang semakin modern dan canggih, di masa mendatang mungkin saja semua hal akan menjadi serba digital.

Teknik Elektro

Listrik merupakan salah satu energi yang sangat massive penggunaannya di seluruh negara. Hal ini dikarenakan mudahnya energi listrik untuk dikonversi maupun disimpan. Perlu kamu ketahui bahwa ilmu kelistrikan dikenal juga sebagai elektronika dan ini termasuk hal yang dipelajari di jurusan teknik elektro loh. Prospek kerja lulusan teknik elektro pun sangat luas mulai dari perusahaan pembangkit listrik, perusahaan peralatan listrik, konsultan listrik, hingga perusahaan umum semuanya membutuhkan seorang dari teknik elektro.

Baca juga: 10 Daftar Beasiswa S1 Universitas Brawijaya (UB)

Teknik Mesin

Kehidupan manusia saat ini selalu berkaitan dengan mesin, mulai dari pabrik dan industri, kendaraan bermotor, sampai robot-robot artificial intelligence (AI) yang marak saat ini semuanya membutuhkan seorang mekanik. Dengan banyaknya penggunaan mesin pada masa kini, maka prospek kerja jurusan ini sangat menjanjikan. Teknik mesin sendiri merupakan ilmu yang mempelajari fisika, desain, manufaktur, analisis mesin, dan pemeliharaan mesin. Pokoknya lengkap deh.

Ilmu Komunikasi

Jika kamu adalah dari jurusan IPS ada salah satu jurusan yang sangat menarik nih buat kamu, yaitu Jurusan Ilmu Komunikasi. Para lulusan jurusan ini pada umumnya akan bekerja di industri kreatif yang notabene adalah industri yang dapat berkembang pesat dan juga menjanjikan di masa sekarang hingga masa mendatang. Lebih jauh, akan sangat banyak prospek kerja ilmu komunikasi lainnya.

Baca juga: 10 Jurusan yang Menjanjikan Gaji Besar

Teknik Sipil

Setiap warga negara tentu saja ingin negaranya terus maju dan berkembang. Hal ini didukung adanya pembangunan berkelanjutan, fasilitas dan infrastruktur yang terus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan hidup masyarakat. Oleh karena itu lowongan kerja untuk mahasiswa lulusan jurusan teknik sipil pasti selalu ada mulai dari proyek pembangunan gedung-gedung pencakar langit, jembatan, jalan tol dan banyak lagi.

Kedokteran

Kesehatan adalah segalanya bagi kita semua. Profesi sebagai dokter adalah pekerjaan yang terkait dengan kesehatan manusia, maka dari itu Jurusan kedokteran selalu ramai peminat. Meskipun untuk masuk jurusan kedokteran ini sangat susah dan mahal, tapi tidak dipungkiri kalau profesi sebagai dokter sangat dibutuhkan di masa sekarang maupun di masa depan. Di Indonesia sendiri, kebutuhan akan dokter masih sangat banyak dan jumlahnya pun belum ideal.

Baca juga: 10 Universitas Negeri Terbaik Berdasarkan Kemenristekdikti

Teknik Perminyakan Dan Pertambangan

Jurusan yang termasuk memiliki gaji tertinggi di dunia ini bisa digolongkan sebagai salah satu jurusan yang langka dan cukup jarang diketahui oleh masyarakat. Perlu kamu ketahui bahwa tidak banyak Universitas maupun Institut di Indonesia yang menyediakan jurusan ini. Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini, kamu akan bekerja mengolah sumber daya alam di berbagai daerah yang kaya akan minyak dan gas.

Ekonomi

Jurusan ekonomi memang menjadi yang paling diminati oleh sebagian besar calon mahasiswa dari berbagai penjuru daerah. Hal ini dikarenakan, lulusan jurusan ekonomi bisa bekerja di banyak sektor pekerjaan seperti akunting di kantor ataupun membuka jasa Akuntan Publik. Bukan hanya saja mengurusi Finansial atau Akunting saja, Sarjana Ekonomi juga bahkan memiliki kesempatan untuk bekerja di tim HRD loh.

Baca juga: 10 Politeknik Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019/2020 Versi Kemenristekdikti

Sastra Inggris

Jurusan sastra inggris adalah salah satu jurusan yang sepi peminat, tapi sebenarnya jurusan ini memiliki prospek pekerjaan yang bagus loh. Apalagi industri pariwisata saat ini sedang sangat diperhatikan oleh pemerintah. Tak hanya itu saja, lulusan Sastra Inggris juga dapat menjadi tenaga kursus pendidikan Bahasa Inggris pastinya. Dalam dunia bisnis lulusan Sastra Inggris juga akan memiliki banyak peluang salah satunya di bidang ekspor-impor. Jika kamu mengambil jurusan ini, nantinya kamu juga bisa bekerja di kedutaan luar negeri.

Psikologi

Jurusan Psikologi sebenarnya tidak selalu berkaitan dengan orang-orang yang memiliki penyakit kejiwaan. Prospek kerja Jurusan Psikologi sebenarnya sangat luas, seperti contohnya psikologi klinis nantinya bisa menjadi seorang trapis atau konselor psikologis. Tak hanya itu saja, ada juga psikologi industri yang nantinya bisa menjadi seorang konsultan perusahaan.

Baca juga: 10 Daftar Universitas dengan Fakultas Kedokteran Terbaik 2020

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.