10 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Terbaik Versi Webometrics Tahun 2021

10 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Terbaik Versi Webometrics Tahun 2021

Baru-baru ini, Webometrics, yang merupakan salah satu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi merilis hasil pemeringkatan terbarunya. Di artikel kali ini, Scholars akan menghadirkan daftar 10 PTKIN atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri terbaik. Daftar ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kamu yang hendak melanjutkan kuliah di tahun 2021 ini, khususnya ingin berkuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Makanya, yuk simak daftarnya di bawah ini. Untuk info edu lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Basic, TOEFL 600+ IELTS 8.5

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Peringkat pertama ditempati oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung. UIN Sunan Gunung Djati didirikan pada tahun 1968 sebagai IAIN Sunan Gunung Djati dan diresmikan menjadi UIN Sunan Gunung Djati pada tahun 2005. Terdapat berbagai fakultas di UIN Sunan Gunung Djati, seperti Fakultas Adab Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ketersediaan beasiswa pun tak perlu dipertanyakan lagi, baik dari pihak kampus, pemerintah, maupun dari organisasi luar menyediakan beasiswa kepada para mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati.

Baca juga: Universitas Terbaik Indonesia Versi Times Higher Education Asia University Rankings 2021

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Di posisi ke-2 ditempati oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah didirikan pada tahun 1957. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di UIN Syarif Hidayatullah, ada berbagai program beasiswa yang tersedia baik untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa ongoing. Selain ketersediaan beasiswanya, jumlah jurusan yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga terbilang lengkap, mulai dari jurusan di bidang keagamaan hingga di bidang umum seperti saintek maupun soshum.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Dunia untuk Jurusan Teknik Tahun 2021

UIN Raden Intan Lampung

Peringkat ke-3 diraih oleh UIN Raden Intan Lampung. UIN Raden Intan Lampung sendiri didirikan pada tahun 1968 sebagai IAIN dan beralih bentuk menjadi UIN Raden Intan Lampung pada tahun 2017. UIN Raden Intan Lampung memiliki berbagai fakultas, seperti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Ketersediaan beasiswa di UIN Raden Intan Lampung pun cukup beragam, baik dari pihak kampus sendiri, pemerintah, maupun dari organisasi/instansi luar kampus.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Dunia untuk Jurusan Arts and Humanities Tahun 2021

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Di peringkat ke-4 ditempati oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga sendiri didirikan pada tahun 1951. Yang artinya, perguruan tinggi satu ini telah berdiri lebih dari 70 tahun. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga menyediakan beragam fakultas kepada para mahasiswanya, seperti Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Di UIN Sunan Kalijaga juga terdapat beragam program beasiswa yang tersedia untuk para mahasiswa baru dan mahasiswa ongoing.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2021 Versi QS World Ranking

Institut Agama Islam Negeri Kendari

Meskipun masih berstatus sebagai institut, IAIN Kendari berhasil mendapatkan peringkat terbaik ke-5. IAIN Kendari didirikan pada tahun 1997 sebagai Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kendari dan berhasil beralih bentuk menjadi IAIN Kendari pada tahun 2014. Terdapat berbagai fakultas di IAIN Kendari, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Bagi kamu yang ingin kuliah disini, terdapat beragam beasiswa juga loh baik untuk mahasiswa baru atau mahasiswa ongoing.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Se-Asia Berdasarkan QS World University Ranking Tahun 2021

UIN Tulungagung

Peringkat ke-6 diraih oleh UIN Tulungagung. Peralihan bentuk dari IAIN Tulungagung ke UIN Tulungagung sendiri memang baru diresmikan di tahun 2021 ini, tepatnya pada 11 Mei 2021. UIN Tulungagung atau dengan nama baru UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sendiri memiliki beragam program studi yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa baru. Program-program studi ini dikelompokkan dalam 4 fakultas, yakni Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Dunia Versi QS World University Rankings Tahun 2021

UIN Sunan Ampel Surabaya

UIN Sunan Ampel Surabaya berhasil menempati peringkat terbaik ke-7. UIN Sunan Ampel didirikan pada tahun 1965 dan berlokasi di kota Surabaya. UIN Sunan Ampel memiliki beberapa fakultas, yaitu Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Australia Beserta Beasiswanya

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Di peringkat ke-8 ditempati oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim didirikan pada tahun 2004 dan berlokasi di kota Malang. Penamaan universitas diambil dari nama seorang walisongo, yaitu Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim, salah seorang tokoh penyebar agama Islam di pulau Jawa. UIN Maulana Malik Ibrahim memiliki beberapa fakultas seperti Fakultas Tarbiyah atau Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Humaniora, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, serta Fakultas Sains dan Teknologi. Bagi yang tertarik untuk kuliah di UIN Maulana Malik Ibrahim, kamu bisa juga mendaftar berbagai program beasiswa baik beasiswa dari kampus, pemerintah, maupun dari penyedia beasiswa di luar kampus.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Jepang Beserta Beasiswanya

Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Di peringkat ke-9 ditempati oleh Institut Agama Islam Negeri Pontianak. IAIN Pontianak didirikan pada tahun 1965. IAIN Pontianak memiliki beragam fakultas seperti, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, serta Fakultas Syariah. Ketersediaan beasiswa di IAIN Pontianak juga terbilang lengkap, karena tak hanya program beasiswa dari dalam kampus, tapi juga dari pemerintah maupun dari organisasi/instansi non pemerintah.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Malaysia Beserta Beasiswanya

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Di peringkat ke-10 ada UIN Sultan Syarif Kasim Riau. UIN Sultan Syarif Kasim Riau atau yang sering disingkat dengan sebutan UIN Suska didirikan pada tahun 1970 sebagai Institut Agama Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pada tahun 2005 resmi menjadi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. UIN Suska tidak hanya menyediakan jurusan-jurusan di bidang keislaman seperti jurusan Tarbiyah, Syariah, Ekonomi Islam, ataupun Dakwah. Namun, UIN Suska juga menyediakan berbagai jurusan-jurusan umum seperti jurusan Pertanian, Peternakan, Sains dan Teknologi, Psikologi, serta beragam jurusan lainnya. Bagi yang ingin kuliah di UIN Suska, kamu tak perlu khawatir karena terdapat beragam kesempatan beasiswa.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Amerika dan Beasiswanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.