6 Universitas yang Lulusannya Paling Dicari di Dunia Kerja Versi QS

6 Universitas yang Lulusannya Paling Dicari di Dunia Kerja Versi QS

QS merupakan salah satu lembaga ranking universitas tingkat International. Peringkat suatu universitas di lembaga QS diperhitungkan melalui berbagai aspek. Salah satunya adalah kelayakan kerja lulusan sebuah universitas, atau sebanyak apa lulusan dari universitas tersebut diterima di dunia kerja. Aspek ini memberi anggapan seberapa banyak lulusan dari universitas tersebut memiliki peluang kerja. Walaupun begitu, QS sangat menyadari jika aspek ini tidak selalu menjadi tolak ukur baik dan kurang baiknya sebuah universitas. Namun, memang tidak bisa dipungkiri, peluang kerja seperti ini menjadi salah satu pertimbangan seseorang dalam memilih sebuah universitas. Maka dari itu, QS membuat daftar tersendiri untuk universitas terbaik berdasarkan kelayakan kerja. Di Indoneisa, QS menyebutkan 6 universitas Indonesia yang lulusannya memiliki kelayakan kerja dan menduduki peringkat 301 – 500. Berikut adalah daftar universitas Indonesia yang memiliki kelayakan kerja yang baik versi QS. Untuk info beasiswa lain, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Institut Tekologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB), bedasarkan QS memiliki lulusan yang cukup banyak diterima di dunia kerja. Berdasarkan QS, dalam segi employer reputation atau pengukuran kualitas lulusan ITB dari sisi pengguna tenaga kerja, ITB mencapai score sebesar 41.3. Dari segi alumni outcomes atau pengukuran kualitas alumni dalam segi inovasi, kreativias, kewirausahaan, kesuksesan, dan kontribusinya ke masyarakat meraih score sebesar 38. Selain itu, dalam grafik graduate employability ranking, posisi ITB semakin meningkat walaupun masih berkisar dalam 301 – 500.

Baca juga: 10 Daftar Beasiswa S1 Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara memang merupakan universitas swasta yang didirikan tahun 1996. Tahun ini adalah pertama kalinya BINUS berhasil meraih peringkat dalam graduate employability ranking dan berhasil menduduki peringkat 301 – 500. Employer reptation atau reputasi lulusan berdasarkan penyedia lapangan kerja untuk mahasiswa BINUS adalah 71.3. Cukup tinggi bukan? Nah, untuk score keseluruhan, BINUS meraih nilai antara 15.8 – 27.5.

Baca juga: Beasiswa Djarum Plus Untuk Mahasiswa S1 dan D4 Dalam Negeri

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro (UNDIP) yang terletak di Semarang ini meraih nilai over all hampir sama besar dengan BINUS, yaitu berkisar 15.8 – 27.5. Di aspek employer – students connection (perusahaan aktif menyediakan lapangan kerja atau mengikuti kegiatan kampus dalam rangka memberi kesempatan positif untuk mahasiswa) UNDIP meraih nilai 77.8. Artinya cukup banyak koneksi UNDIP dengan beberapa perusahaan sehingga dapat memberikan peluang positif bagi mahasiswanya. Salain itu, di aspek graduate employment (lulusan UNDIP yang berhasil mendapat pekejaan dalam jangka waktu 12 bulan baik itu full-time job maupun part-time job) UNDIP mendapat score 97.2. Sehingga dapat diartikan lulusan UNDIP bisa memperoleh pekerjaan dengan cepat.

Baca juga: 5 Daftar Beasiswa S1 Universitas Diponegoro (UNDIP)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Selanjutnya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). ITS juga merupakan Salah satu universitas ternama di Indonesia. Pada pemeringkatan graduate employability, ITS mendapat score 55.5 di aspek employer – students connection atau jumlah perusahaan yang memberi peluang kerja dan aktif mengikuti kegiatan kampus guna memberikan peluang positif bagi mahasiswa ITS. Hal ini cukup membawa ITS menjadi salah satu universitas yang masuk dalam perangkingan graduate employability ini.

Baca juga: Prosedur Pendaftaran Online KIP Kuliah

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan UGM selalu memasuki 10 besar hampir di setiap lembaga pemeringkatan universitas baik dalam negeri maupun luar negeri. Kali ini pun, UGM menjadi salah satu dari 6 universitas Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan graduate employability oleh QS. Ada dua aspek yang dimiliki oleh UGM, yaitu employer raputation (mengukur kualitas lulusan dari sudut pandang pengguna tenaga kerja) dan alumni outcomes (kualitas alumni dalam inovasi, kreativitas, kewirausahaan, kesuksesan, dan kontribusi di masyarakat). Di employer reputation, UGM meraih nilai 29.9 dan alumni outcomes merain nilai 34.6.

Baca juga: 8 Daftar Beasiswa S1 Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) sejak tahun 2017 – 2019 memag sempat mengalami penurunan pada pemeringkatan graduate employability. Namun, tahun ini, ranking UI mulai mengalami peningkatan. Pada aspek employer reputation, UI meraih nilai 45.5. Sedangkan pada aspek alumni outcomes, UI meraih nilai 38.

Baca juga: 10 Universitas Negeri Terbaik Berdasarkan Kemenristekdikti

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.