Cara Mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Cara Mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Terdapat 2 jenis pendaftaran UTBK yaitu pendaftaran berbayar dan pendaftaran tidak berbayar. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kedua tipe tersebut dan bagaimana cara mendaftarnya, maka simak artikelnya sampai selesai. Untuk info edu lainnya, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Jenis Pendaftaran

Sebelum mendaftar pastikan kamu mengetahui jenis pendaftaran mana yang akan kamu lalui. Saat mendaftar UTBK terdapat 2 jenis pendaftaran yaitu sebagai berikut:

  1. Pendaftaran Berbayar (untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK). Biaya pendaftaran yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 150.000.
  2. Pendaftaran Tidak Berbayar (khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud)

Baca juga:8 Rekomendasi Universitas Milik BUMN dan Beasiswanya

Melakukan Registrasi

Setelah mengetahui jenis pendaftaran apa yang akan kamu gunakan. Tahap selanjutnya adalah melakukan registrasi akun di website resmi LTMPT. Setelah berhasil masuk ke website tersebut, kamu diharuskan mengisi kolom NISN, NPSN dan tanggal lahir. Kamu dapat mengunjungi website registrasi LTMPT dengan cara click disini.

Baca juga:Wow! Universitas ini Satu-satunya dari Indonesia yang Masuk Jurusan Hukum Terbaik di Dunia

Login Akun

Jika kamu berhasil melakukan registrasi akun dan telah terdaftar di LTMPT, kamu akan diteruskan ke halaman awal untuk melakukan login. Pada tahap ini kamu diharuskan untuk memasukkan username/email dan passwordmu. Pastikan kamu mencatat email dan passwordmu, jangan sampai lupa. Untuk ke halaman login LTMPT maka click disini.

Baca juga:10 Jurusan Kuliah IPA dengan Peluang Kerja yang Besar di Masa Depan

Pengisian dan Validasi Biodata

Tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan setelah berhasil login adalah Pengisian dan Validasi Biodata. Disini kamu akan membutuhkan softfile pasfoto untuk di upload. Ketentuan pas fotonya adalah berwarna, ukuran 4×6 dengan format JPG/JPEG/PNG dan berukuran maksimal 300kb. Setelah berhasil terupload, kamu dapat melanjutkan untuk penyesuaian foto tersebut dan mengisi biodata. Jika sudah terisi semua maka lakukan simpan permanen.

Baca juga:10 Jurusan Kuliah IPS dengan Peluang Kerja yang Besar di Masa Depan

Menu Pendaftaran UTBK

Jika telah selesai melakukan tahap diatas, maka selanjutnya kamu harus memilih menu pendaftaran UTBK. Pada menu ini kamu dapat memilih jenis dan sesi ujian, dan lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

Baca juga:Pengalaman Lolos Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

Melakukan Pembayaran

Setelah mendapatkan slip pembayaran, hal yang harus kamu lakukan adalah membayar untuk UTBK.  Kamu dapat melakukan pembayaran melalui salah satu bank mitra LTMPT, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah dimiliki dalam kurun waktu maksimum 2 x 24 jam sesuai yang tercetak dalam Slip Pembayaran. Jika batas waktu 2 x 24 jam terlewati, siswa harus mengulang proses pendaftaran dari awal. Pembayaran UTBK ini tidak berlaku untuk pendaftar beasiswa KIP Kuliah. Untuk mengetahui tata cara pembayaran lebih lengkap, click disini.

Baca juga:Informasi dan Jadwal Ujian Tulis Mandiri Institut Pertanian Bogor (UTM-BK IPB) 2020

Cetak Kartu Peserta

Lakukan login kembali setelah kamu berhasil melakukan pembayaran. Lalu pilih menu Riwayat UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK milikmu. Dalam kartu UTBK akan tertera Waktu, Tanggal dan dimana Pusat UTBK tempat kamu melakukan tes nantinya. Jika kamu telah berhasil mencetak kartunya, pastikan kamu menyimpan kartu tersebut baik-baik. Jangan lupa untuk membawa kartu tersebut saat mengikuti UTBK nanti.

Baca juga:Pengalaman Mengikuti Kompetisi Nasional dan Internasional

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.