Tips dan Trick Memenangkan English Debate

Tips dan Trick Memenangkan English Debate

Pada dasarnya, English debate merupakan suatu aktivitas yang sangat kompetitif yang memerlukan berbagai skill untuk menguasainya. English debate dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis, memperkaya pengetahuan, serta meningkatkan kemampuan public speaking. Bagi kamu yang saat ini tergabung dalam team debat, khususnya English debate tentunya ada beberapa tips dan trick yang perlu kamu perhatikan untuk memenangkan debat. Untuk info edu lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Bergabung dalam English Debate Society (EDS)

Dengan bergabung dalam English Debate Society, kamu akan memiliki wadah atau tempat dimana kamu bisa belajar. Dalam EDS, kamu bisa menemukan tim debatmu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan mentor untuk membimbingmu. Jadi, bagi kamu yang masih pemula sebaiknya bergabunglah dulu dalam EDS yang ada di kampusmu. Disana kamu akan mendapatkan bimbingan dan arahan seperti apa tata cara berdebat dan bagaimana memenangkan kompetisi.

Baca juga: Tips dan Trick untuk Menjadi International Public Speaker yang Baik

Memahami Peran Masing-Masing

Dalam satu tim debat, setiap orang memiliki perannya masing-masing. Oleh karena itu, kamu harus paham betul seperti apa peranmu dalam timmu. Bukan hanya memahami peranmu sendiri, tapi kamu juga harus tahu seperti apa peran anggota timmu yang lain. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman sehingga kamu mengambil alih peran atau tugas anggota timmu yang lain. Jadi, semuanya harus dikomunikasikan dengan baik.

Baca juga: Pengalaman Mengikuti Student Exchange di Slovakia

Berlatih

Latihan adalah kunci utama dalam memenangkan debat. Semakin rutin kamu berlatih maka akan semakin besar pula peluangmu untuk bisa memenangkan suatu kompetisi. Karena dalam debat, bukan hanya kepintaran dan pengetahuan luas yang dibutuhkan, tetapi juga latihan setiap hari. Untuk bisa memenangkan suatu kompetisi debat butuh perjuangan panjang, karena debat tidak bisa dikuasai dalam satu atau dua minggu. Tapi, butuh latihan panjang sampai berbulan-bulan bahkan hingga tahunan untuk benar-benar menguasai skill-skill debat.

Baca juga: Pengalaman Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah

Memahami Teknik Framing

Framing dalam debat artinya menonjolkan argumen yang disampaikan sehingga juri lebih condong dengan apa yang disampaikan. Tentunya untuk menguasai teknik ini butuh waktu belajar yang tak sebentar. Agar kamu bisa lebih meyakinkan juri sehingga peluang kemenanganmu lebih besar, sampaikanlah argumen yang bisa membuat juri merasa bahwa apa yang kamu sampaikan memang benar. Berikan contoh kasus yang diambil dari realita kehidupan sehari-hari dibandingkan memberikan setumpuk teori dari buku-buku literature. Karena, bukti nyata lebih bisa meyakinkan dibandingkan teori-teori yang hanya sekedar dituliskan dalam buku.

Baca juga: Tips dan Trick Menulis Karya Tulis Ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published.