Essay kontribusi untuk Indonesia part 1

Tanya Jawab tentang Essay kontribusi untuk Indonesia part 1

  1. Bagaimana cara membuat essay kontribusi yang baik dan menarik agar dibaca dari awal hingga akhir ? 

    Syariful Imam, “Baca Tips & Trick scholars. Baca Tips & Trick dan contoh essay dari budi waluyo. Berikut link websitenya : https://sdsafadg.com/panduan-menulis-esai-beasiswa/menulis-esai-lpdp/

  2. Apakah untuk LPDP LN semua surat-surat dan juga essay harus dalam bahasa Inggris? 

    Lahardian Syah: Tidak perlu, Indonesia pun boleh yang penting jumlah minimum dan maksimum kata tercapai. Usahakan baca guidance dulu ya, biar tahu syarat apa-apa saja yang diperlukan.

  3. Mungkin dari kita masih bingung kriteria kegiatan apa yang disebut dengan kontribusi yang dimaksud. Mohon diperjelas lagi ya kak. Kalau kita mengembangkan organisasi intra kampus lebih baik lagi atau membantu teman-teman mahasiswa membentuk study club agar bisa memahami materi kuliah apa bisa dimasukkan sebagai kontribusi ? lebih umumnya kontribusi kita hanya sekitar kampus. Karena jujur saya belum pernah mengikuti kegiatan yang berkenaan dengan masyarakat. 

    Syariful Imam,“Perhatikan judul essay LPDP.“Kontribusiku Bagi Indonesia : kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakuakan untuk masyarakat/lembaga/instansi/profesi komunitas saya”. 

    Jadi poinnya ada yang telah, sedang dan akan.
    Kemudian kontribusi itu bisa ke masyarakat, lembaga atau yang lainnya. 

    Jadi kesimpulannya Kalau kita mengembangkan organisasi intra kampus Lebih baik boleh saja. Nanti diceritakan mengembangkan yang dimaksud mayak apa, progresnya bagaimana, kemudian membantu teman-teman mahasiswa membentuk study club juga kontribusi yang bagus. Indikator kontribusi yang bagus tuh :
    Yang bermanfaat
    Yang dibutuhkan.
    Ini optional ya, yang berkelanjutan.

  4. Apa yang Kakak tulis di essay “Peranku untuk Indonesia?” 

    Lahardian Syah: Sebagai illustrasi saya menuliskan mengenai side-job saya sebagai seorang guru privat. Ketika ilmu saya dapat berguna bagi orang lain, itulah sukses terbesar bagi saya.

  5. Berapa maksimal dan minimal rencana yg akan dijelaskan di bagian essai kontribususi yang akan datang ? 

    Syariful Imam, “Tidak ada maksimal. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah kontribusi masa depan harus dibuat dengan detail. Apakah yakin akan  menyebutkan banyak kontribusi saat essay hanya dibatasi 700 kata. Yang penting itu ke-detail-annya. Jelas langkah-langkahnya seperti apa. 

  1. Idealnya essay ini berapa halaman ? Syariful Imam,“Essay LPDP tidak memiliki batasan halaman yang ada adalah batasan kata minimal 500 dan maksimal 700 kata. 

    Pertanyaan Lanjutan : 

    Kalau essay kita lebih dari 700 kata, apakah langsung didiskualifikasi sebagai calon penerima beasiswa ? 

    Syariful Imam, “Tidak dapat dipastikan, namun melihat semakin ketatnya  LPDP kita patut berhati-hati dan lebih baik mengikuti aturan

  2. Jika tujuan Luar Negeri (LN), essay ditulis dalam bahasa inggris. Apakah dari segi grammar dan diksinya juga menentukan? 

    Syariful Imam,“Grammar itu memudahkan kita untuk memahami sebuah  bacaan dan maksud dari penulis. Jadi, perhatikan grammar dengan baik. Begitu pun dengan diksi. Jujur saja, harus lebih berhati-hati agar maksud yang mau disampaikan tidak berbeda dengan makna yang ada. 

  3. Dalam penulisan bahasa inggris bolehkah semua 3 kategori kontribusi pakai present tense? Ataukah kontribusi telah menggunakan past perfect or others? sedang used present or others and akan uses future tenses atau others? 

    Syariful Imam,“Kontribusi yang sudah menggunakan Past tense. Kontribusi sekarang menggunakan Present tense atau Present continuous dan Kontribusi akan menggunakan Simple future. 

  4. Opening essai apakah harus memperkenalkan diri?/ isinya menjelaskan diri sendiri? sedangkan opening di essai sukses,opening sudah memperkenalkan diri sendiri? Atau bolekah yg lain? Atau bagaimana? 

    Syariful Imam,“ a)Apabila kontribusi tersebut dalam bidang  ekonomi. Maka berikan gambaran bagaimana keadaan ekonomi di daerah tersebut. b)Apabila kontribusi tersebut dalam bidang  pendidikan maka berikanlah gambaran gimana keadaan pendidikan. Jadi kesimpulannya jika ingin  berkontribusi dibidang ekonomi dan pendidikan maka berikan gambaran masing-masing dari keduanya.”

  5. Apakah di essay kontribusi itu bunyinya harus seperti ini:
    “Saya sedang berkontribusi A, targetnya 100%, tapi karena ada kendala B, maka hanya tercapai 40%, maka saya perlu S2, supaya ilmu C bisa membantu saya mencapai target kontribusi sebesar 100% di masa depan. Saya yakin kontribusi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat di desa saya.” 

    Syariful Imam, “Boleh kayak gitu secara sederhana. Nanti kan bahasanya dapat dikembangkan lagi. Misal “setelah saya coba untuk mempelajari ternyata kelemahannya di sini”. 

  6. Wilayah yang dimaksud apakah wilayah asal daerah kita atau secara general Indonesia (daerah mana aja yg penting di Indo). Sebagai contoh saya asli Palembang tapi tinggal dan pernah mengabdi di Banten. 

    Syariful Imam,“Terbagi 2, yaitu : kontribusi yang sudah dan yang akan.
    Kontribusi yang sudah Boleh dimana saja, asal masih di Indonesia,
    Kontribusi yang akan sebenarnya memang tidak ada batasan selama masih di Indonesia, namun, alangkah lebih baik kita fokus berkontribusi untuk daerah sendiri. Daerah yang di maksud ya pulau sendiri, provinsi sendiri, Kabupaten sendiri atau bahkan desa sendiri. Itu lebih baik dari pada nantinya berkontribusi di pulau lain. Cuma, apabila tuntutan pekerjaan ya tidak masalah. Namun, selama bisa di daerah sendiri, berkontribusilah disitu. 

  7. Menurut saya, kontribusi yang telah dilkukan itu mirip dengan kesuksesan terbesar kita. Jadi, bagaimana kita mensiasati hal ini? 

    Syariful Imam,“Kontribusi bisa menjadi kesuksesan kita, yang berbeda adalah pada penyampaian. Untuk menyampaikan kontribusi ceritakan apa yang kamu berikan, apa yang orang lain rasakan, apa yang orang lain dapatkan, apa manfaatnya bagi orang lain, cara melakukan kontribusi tersebut, dan apa hasilnya bagi orang lain.

  8. Apakah bukti kontribusi yang telah dilakukan di lampirkan? 

    Syariful Imam,“ Jika memang ada, bawa saja saat seleksi substantive dan jika tidak ada, tidak masalah. Namun, seseorang bisa membuktikannya dengan menceritakan secara detail dan walaupun pertanyaannya di ulang, jawabannya tidak berubah2. Begitu cara saya dulu membuktikannya. Saya juga tidak ada memberikan bukti sertifikat.

  9. Pada bagian kontribusi yg telah dilakukan, berapakah jumlah kontribusi yg dituangkan dalam essai atau apakah hanya kontribusi telah dilakukan yg sangat berpengaruh dimasa depan?

    Syariful Imam,“Jumlah essay bebas, cuma sepengalaman saya, dua  kontribusi masa   lalu dan 1 kontribusi masa depan yang ditulis dengan detail sudah cukup 700 kata.

    INGAT, mendaftar beasiswa itu harus punya dasar atau pondasi, jangan berangkat kosongan. Yang baik itu, beasiswa dijadikan sebagai salah satu jalan untuk melanjutkan kontribusi di masa lalu, agar kemudian dilanjutkan di masa depan. Itu bagus sekali.

    Artinya kita punya usaha mewujudkan mimpi atau kontribusi tersebut sebelum kita melamar beasiswa. (Bukannya karena beasiswa kita mau berkontribusi?) itu tidak menjadi masalah, hanya saja akan lebih baik harus memiliki niat tulus untuk berkontribusi.

  10. Kontribusi yg dilakukan, apakah kita yg harus jd inisiator atau kita jadi pengikut dan ikut berkontribusi?

    Syariful Imam,“  Jadi inisiator memang baik, sangat baik. Diri kita menjadi bagian (membantu) dalam sebuah kontribusi juga baik. Dan yang harus kita ceritakan adalah peran kita dalam kontribusi tersebut. Karena peranlah yang membuat berharga   dalam sebuah kontribusi

    Lanjut Tanya Jawab tentang Essay kontribusi untuk Indonesia part 2