Essay kontribusi untuk Indonesia part 2

 Tanya Jawab tentang Essay kontribusi untuk Indonesia part 2

  1. Bagaimanakah cara mensiasati essay jika tidak ada kontribusi yang sedang dilakukan saat ini?

    Syariful Imam,Ceritakan saja kesibukan (kegiatan) apa yang kamu lakukan saat ini. Sebagai contoh, dulu saya tidak menyebutkan kontribusi sekarang. Tapi saran saya,akan lebih aman apabila disebutkan.

  2. Apakah kontribusi harus linear dengan program studi?

    Syariful Imam, “Contoh: Saya jurusan pendidikan bahasa Inggris. Setidaknya ada dua kontribusi yang saya berikan:

  • Membuat dan mengajar di LBB murah.
  • Membangun Bisnis dan memberikan lapangan pekerjaan kepada  pengangguran. Jadi, tidak harus ya.  Tapi, untuk kontribusi masa depan, usahakan linear dan memang linear.
  1. Pada bagian kontribusi yg sedang dilakukan apakah poinnya bermanfaat untuk orang banyak atau bolekah yg sedang dilakukan hanya bermanfaat untuk diri,keluarga dan lingkungan sekitar (sperti anak2 di sekitar rumah kita)

    Syariful Imam,“Kalau untuk diri sendiri, saya rasa lebih ke kesuksesan dari pada kontribusi.Kalau saya, lebih aman yang ke keluarga dan anak2 tetangga. Kontribusi itu tidak harus besar, tapi bermanfaat.

  2. Adakah tips dan trik membuat kalimat yang membuat pembaca ikut merasakan sensasi emosinya ?

    Syariful Imam,“Menarik. Ya jangan terlalu lebay. Gimana ya. Kalau kamu bercerita tentang kesedihan dengan temanmu, apa yang terjadi ? dalam keadaan normal, biasanya temanmu juga akan sedih.

    Kemudian, sampaikan apa adanya. Apa yang kamu rasakan. Jadi dalam membuiat essay, kamu harus benar-benar membayangkan kejadian itu dipikiranmu.

    Tapi jangan lebay juga. Dan tidak usah sering-sering baca novel. Nanti puitis (heee).

  3. Bagaimana jika kesibukan yg sekarang tidak linear dengan jurusan S2 nanti

    Syariful Imam,“ Tidak masalah. Kalau memilih menyebutkan harus dengan konsekuensi ditanya kenapa tidak linear pekerjaannya dengan S1. dan kenapa masih mau lanjut S2 padahal udah hidup enak hehe

  4. Apakah dapat di sebut *kontribusi* kalau kita di gaji?

    Syariful Imam,“ Ini agak susah jawabnya.Karena harus tau nominalnya. Contoh : Saya dulu buat bimbingan belajar yang SPPnya hanya 15 ribu untuk 4 mata pelajaran dan saya mendapatkan gaji dari situ.

    Saya perlu informasi lebih banyak mengenai hal tersebut.

  5. Untuk essay itu selama kita sekolah juga ditulis atau waktu di kuliah saja? Karena kan saya masih semester 2 di bidang pertanian, jadi masih baru beranjak, kontribusi saya baru di tempat saya masih SMA sebagai pendidik konseling dan pendidik sebaya gitu di bidang anti narkoba. Itu bisa termasuk kah?

    Syariful Imam,“ Bagus sekali. Jadi memang tidak ada batasan ya kapan kamu kontribusinya. Karena tidak ada kontribusi yang kadaluarsa, jadi ya It’s okay.

  6. Kak bagaimana jika kontribusi terhadap masyarakat tersebut tidak diikutii dari organisasi di kampus ? melainkan organisasi di luar kampus yang anggotanya tidak semua mahasiswa, tapi berkontribusi terhadap masyarakat juga.

    Syariful Imam,“ Jadi yang penting itu adalah apakah programnya bermanfaat dan dibutuhkan siapapun yang ngadain.

  7. Misalkan saya ikut berpartisipasi dalam pendidikan anak jalanan di kampus dan pembuatan TPA di kampus, apakah harus ada buktinya? Karena jujur, saat itu tidak terpikir untuk buat bukti, dokumntasi pun emtah sudah kemana.

    Syariful Imam,“Baiklah, bukti ada bagus. Tidak ada, tidak jadi masalah. Bisa dibuktikan dengan cerita yang detail, karena orang    mengarang dan beneran tuh beda jauh.

  8. Apakah KKN masuk kategori kontribusi ?

    Syariful Imam,“Ya, karena KKN memiliki program.  Sama halnya seperti saya pernah buat rumah baca, sembako dan pasar murah. Dengan kata lain KKN itu yang masuk kontribusi programnya, jadi dijelaskan saja program-program yang dilaksankan selama KKN tersebut.

    Pertanyaan lanjutan:
    Saya kemarin KKN Tematik Nasional Kerja Sama di MK, bentuknya seperti magang, apakah magang juga termasuk kontribusi juga kak ? terima kasih.

    Syariful Imam,“Magang ya ? hemmm kalau saya lebih memilih kontribusi  yang lain saja. Kalau saya.

  9. Kalau kontribusi membudidayakan masyarakat desa agar tidak membuang sampah di sungai atau menjadi founder bank sampah di desa itu juga termasuk kah ?

    Syariful Imam,“Termasuk banget, saya lihat sepertinya bagus sekali hal tersebut, tinggal nanti bagaimana penyampaiannya. Tapi bukan membudidayakan ya, membudayakan mungkin (hihihi).

    Pertanyaan lanjutan :

    Apakah membudayakan kebiasaan atau bisa dibilang promotor lah ya, juga termasuk kontribusi kita ? trus kalau kerjanya gotong-royong, apa itu juga masih dibilang kontribusi kita?

    Syariful Imam,“Termasuk. Karena kontribusi bukan cuma pemberian dalam bentuk fisik, tapi malah bagus kalau ada perubahan attitude juga. Kemudian, tidak mungkin seseorang berkontribusi sendiriran. Semua kontribusi pasti melibatkan orang lain. Oleh karena itu, tidak apa-apa tinggal tunjukkan peran kita ddimana.”

  10. Dalam catatan [email protected] ditegaskan kontribusi pada wilayah sendiri, nah jujur kak, saya sedari kecil hingga sekarang tidak bisa menetap lama di wilayah sendiri karena mengambil pendidikan di tempat-tempat yang berbeda, jadi saya bingung dan belum pernah berkontribusi yang lebih pada wilayah sendiri, dari kakak apakah ada saran atau solusi ? (Terima kasih)

    Syariful Imam,“Wilayah sendiri juga bisa bermakna tempat dimana kamu berada. Jika memang tempatnya berpindah-pindah, ya tidak apa-apa. Ambil sebuah kontribusi di tempat yang pernah kamu tinggali.

  11. Bolehkah kontribusi yang kita pilih itu hanya dalam ruang lingkup kampus? Misalnya saja menjadi tutor mahasiswa-mahasiswa lain dalam bidang tertentu selama sekian tahun. Apakah kontribusi semacam ini cukup kuat?

    Syariful Imam,“Saya tidak bisa langsung menjawab iya atau tidak. Namun, salah seorang teman saya bercerita bahwa kontribusinya dia adalah mengajar di sekolahnya.

  12. Jika kontribusi berupa ikut dalam komunitas sosial, misalnya komunitas seribu buku, apa bisa kak ?

    Syariful Imam,“Boleh. Nanti diungkapkan kenapa penting. Wilayah mana yang membutuhkan. Kenapa membutuhkan. Gitu.

  13. Apakah pernah menjadi delegasi student exchange ke Luar Negeri dan universitas termasuk ke dalam kontribusi?

    Syariful Imam,“Saya rasa itu lebih kepada kesuksesan ya. Karena itu lebih kepada pencapaianmu. Kontribusi adalah apa yang kamu  berikan untuk Indonesia. Bahasa gampangnya, selama hidup, kita sudah ngapain saja.