10 Daftar Beasiswa S1 Universitas Brawijaya (UB)

10 Daftar Beasiswa S1 Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB) merupakan salah satu universitas ternama di Indonesia. Banyak siswa memimpikan UB sebagai universitas tujuan mereka melanjutkan ke jenjang kuliah. Ada16 fakultas yang ditawarkan UB dan berbagai fasilitas guna mendukung pembelajaran serta pengembangan mahasiswanya. selain itu, terdapat 153 guru besar di UB. Tidak mengherankan jika UB termasuk dalam daftar 10 besar universitas terbaik versi kemenristekdikti. Selain itu, UB juga menyediakan beragam beasiswa untuk mahasiswa berprestasi maupun kurang mampu yang bersumber dari instansi pemerintah dan non-pemerintah. Di artikel ini, akan dibahas beasiswa-beasiswa yang bisa kamu ikuti agar dapat berkuliah di UB. Untuk info beasiswa lain, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Beasiswa ADiK

Beasiswa ADiK atau beasiswa afirmasi pendidikan tinggi, merupakan program yang diselenggarakan pemerintah guna memeratakan kesempatan berpendidikan tinggi bagi siswa di daerah terpencil. Beasiswa ini memang ditujukan pada calon mahasiswa yang berada di papua, papua barat, daerah 3T, dan WNI yang tinggal diperbatasan. Pendaftar beasiswa ADik maksimal berumur 24 tahun dan dapat mendaftar di 2 universitas negeri. Kandidat penerima beasiswa ADik akan mendapat biaya pendidikan sebanyak Rp 2,4 juta per semester maksimal hingga 10 semester dan uang biaya hidup sebanyak Rp 6 juta per semester. Jika kamu calon mahasiswa dari daerah 3T dan tertarik mendaftar beasiswa ADik, silahkan click disini.

Baca juga: 5 Daftar Beasiswa S1 Universitas Diponegoro (UNDIP)

Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa bidikmisi kini telah disempurnakan menjadi KIP kuliah. Program ini termasuk dalam program Indonesia Pintar (PIP) dengan tujuan memberi kesempatan bagi siswa kurang mampu untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penerima KIP kuliah adalah siswa yang telah lulus SMA atau SMK sederajat dengan kartu KIP dan telah diterima di universitas. Jika kamu belum memiliki KIP kuliah silahkan mendaftarkan diri ke BDT terlebih dulu. Setelah terdaftar dan mendapat kartu KIP kuliah, kamu akan mendapat sejumlah uang sebesar Rp 700 ribu. Info lain terkait KIP kuliah, dapat kamu cari disini.

Baca juga: Beasiswa Djarum Plus Untuk Mahasiswa S1 dan D4 Dalam Negeri

Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) merupakan besiswa dari pemerintah untuk mahasiswa berprestasi di bidang akademis. Kandidat beasiswa ini adalah mahasiswa yang minimal duduk di semester 2 dan maksimal semester 7 dengan perolehan IPK 3.00 atau lebih. Pendaftaran beasiswa ini biasanya akan dibuka pada awal semester dan diberikan kepada beberapa mahasiswa dengan perolehan IPK tertinggi. Mahasiswa yang terdaftar sebagai penerima beasiswa PPA akan mendapatkan uang sejumlah Rp 350 ribu per bulannya. Untuk info lebih lanjut, silahkan click disini.

Baca juga: Daftar Beasiswa S1 dari berbagai Bank di Indonesia

Beasiswa BBP PPA

Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik disebut juga sebagai BBP PPA. Beasiswa ini sebenarnya hampir sama dengan PPA, hanya saja beasiswa BBP PPA di tujukan kepada mahasiswa kurang mampu. Pendaftar beasiswa ini, merupakan mahasiswa minimal semester 2 dan maksimal semester 7 dengan perolehan IPK 2.75 atau lebih. Selain itu, untuk mendaftar BBP PPA kamu harus membawa slip penghasilan orang tua dan surat keterangan tidak mampu. Info beasiswa BBP PPA lebih lanjut, dapat di click disini.

Baca juga: 5 Beasiswa S1 di Asia yang Paling Diminati

Beasiswa Baktinusa

Beasiswa Baktinusa bertujuan mengembangkan kepemimpinan untuk aktivis mahasiswa yang berperan aktif di masyarakat. Kandidat beasiswa Baktinusa akan memperoleh biaya dukungan aktivitas sebesar Rp 1 juta per bulan selama 6 bulan, pelatihan kepemimpinan, magang kemanusiaan di daerah 3T, dan beberapa manfaat lainnya. Syarat untuk menjadi kandidat adalah mahasiswa universitas tingkat 4 yang beragama islam, meraih IPK 3.00, aktif sebagai pengurus organisasi, dan memiliki kemampuan berbahasa asing. Jika ingin mengetahui info lebih lanjut, silahkan click disini.

Baca juga: Prosedur Pendaftaran Online KIP Kuliah

Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia adalah beasiswa yang selalu dibuka setiap tahunnya dengan kuota yang cukup banyak yaitu 50 orang per universitas. Kandidat dari beasiswa ini akan mendapat uang Rp 1 juta per bulan (jumlah bisa bervariatif), dapat mengikuti pelatihan dan seminar Bank Indonesia, serta bisa mendapatkan kesempatan magang di Bank Indonesia. Beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa semester 3 dan 4 (telah menyelesaikan 40 sks) dan memiliki IPK 3.00. Jika ingin mengetahui info lebih banyak mengenai beasiswa Bank Indonesia, silahkan click disini.

Baca juga: 10 Jurusan yang Menjanjikan Gaji Besar

Beasiswa Teladan

Beasiswa Teladan adalah beasiswa yang di sponsori oleh Tonoto Foundation. Beasiswa ini tidak hanya memberikan biaya kuliah, namun juga pelatihan kepemimpinan. Sehingga diharapkan kamu dapat menjadi pemimpin yang bermanfaat di masyarakat atau komunitas kamu. Kandidat beasiswa Teladan akan mendapatkan uang biaya kuliah penuh, pelatihan kepemimpinan, pelatihan pengembangan diri, dan magang. Kandidat yang terdaftar harus memiliki syarat terdaftar sebagai mahasiswa semester 1 di universitas dan memiliki prestasi akademis yang baik semasa SMA. Untuk info lebih lanjut, silahkan click disini.

Baca juga: 10 Universitas Negeri Terbaik Berdasarkan Kemenristekdikti

Beasiswa Djarum

Beasiswa Djarum merupakan beasiswa prestasi untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan S1 dan D4 sederajat diperguruan tinggi negeri atau swasta yang telah bermitra dengan Djarum Foundation. Beasiswa ini tidak hanya memberikan sejumlah uang pendidikan, namun juga menyediakan berbagai pelatihan seperti, national building, character building, leadership development, dan lain-lain. Kandidat penerima beasiswa ini adalah mahasiswa semester 4 yang meraih IPK 3.00 di semester 3 dan dapat dipertahankan hingga semester 4 berakhir, aktif di organisasi, dan tidak sedang menerima beasiswa lain. Info lebih lanjut mengenai beasiswa Djarum, silahkan click disini.

Baca juga: 10 Daftar Universitas dengan Jurusan Hukum Terbaik

Beasiswa Tokopedia

Beasiswa Tokopedia merupakan bentuk komitmen Tokopedia untuk membantu pemerataan perekonomian digital Indonesia. Program beasiswa ini diharapkan dapat mengembangkan talenta-talenta teknologi dan dapat memenuhi kebutuhan industri perekonomian digital Indonesia. Kandidat beasiswa ini adalah mahasiswa terkait jurusan teknik dan data yang aktif berorganisasi dan meraih IPK 3.00. Kandidat nantinya akan menerima biaya UKT selama 2 semester, uang buku sebesar Rp 1 juta, uang saku sebesar Rp 3 juta, dan biaya wisuda. Jika kamu tertarik dan ingin mengetahui info lebih lanjut, silahkan click disini.

Baca juga: Beasiswa Adobe Design Circle Scholarships untuk Kuliah S1 di Amerika

Beasiswa Mizan

Beasiswa Mizan merupakan beasiswa karya tulis atau tugas akhir mahasiswa S1, S2, dan S3 . Mizan percaya bahwa beasiswa ini bisa menjadi pemantik ide dan gagasan yang selalu berkobar pada mahasiswa. Maka dari itu beasiswa ini selalu membuka pendaftaran setiap tahunnya. Beasiswa Mizan tidak hanya menawarkan beasiswa, namun juga akan menerbitkan karya tulis terpilih. Kandidat beasiswa ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang tengah menyusun skripsi, tesis, atau disertasi . Naskah kemudian dikirimkan ke redaksi Mizan setelah disetujui dan direkomendasikan oleh dosen pembimbing atau dekan. Info lebih lanjut terkait beasiswa Mizan, silahkan click disini.

Baca juga: Beasiswa Adobe Creativity Scholarships untuk Kuliah S1 di Amerika

Leave a Reply

Your email address will not be published.