Daftar Beasiswa Internasional favorit dari berbagai negara

Daftar Beasiswa Internasional favorit dari berbagai negara

 

Beasiswa internasional disediakan oleh pemerintah masing-masing negara untuk mahasiswa internasional. Untuk mendapatkan beasiswa internasional, kamu sebaiknya menentukan negara mana yang ingin menjadi tujuan belajar dan mencoba untuk memenuhi persyaratan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah dari negara tersebut. Dengan melakukan dua hal sederhana tersebut, kamu berkesempatan besar untuk mendapatkan Beasiswa internasional dan menjadi mahasiswa internasional tentunya.

Baca juga: Apa yang baru dari beasiswa LPDP 2018?

Australian Awards Scholarship (AAS)

Beasiswa Australian Awards Scholarship atau biasa disingkat AAS sangat populer diantara pejuang beasiswa Indonesia. Seperti yang terlihat pada namanya, beasiswa ini adalah beasiswa untuk kamu yang mau belajar di Australia. Beasiswa ini fully funded atau mengkover semua biaya kebutuhan mahasiswa seperti biaya pendidikan, tunjangan hidup, pelatihan bahasa Inggris, asuransi kesehatan, perawatan kesehatan, keberangkatan dan perjalanan pulang ke negara asal, dan tunjangan kerja di Indonesia atau Australia. Di Indonesia, beasiswa Australia Awards scholarship ditawarkan untuk program studi S2 dan S3 dengan pilihan kuliah di sejumlah universitas Australia.

Info beasiswa Australian Awards Scholarship (AAS)

Beasiswa Monbukagakusho

Jepang mengeluarkan beasiswa pendidikan untuk pelajar Indonesia yang berprestasi. Beasiswa Monbukagakusho dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Monbukagakusho dikatakan sebagai beasiswa bergengsi yang ditargetkan oleh mahasiswa Indonesia pada program studi S2 dan S3. Beasiswa Monbukagakusho menawarkan sekitar tujuh jenis beasiswa setiap tahun. Lima di antaranya, research students, teacher training students, undergraduate university students, Japanese studies students, dan college of technology students. Beasiswa Monbukagakusho memberikan fasilitas berupa tanggungan biaya kuliah di Jepang, tiket pesawat PP, biaya masuk ke universitas, serta uang saku bulanan sekitar 143 ribu yen.

Info beasiswa Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa Eiffel

Kementerian Luar Negeri Prancis menyediakan beasiswa Eiffel bagi pelajar Indonesia yang mau belajar ke Prancis. Penerima beasiswa ini akan menerima tiket perjalanan, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan akomodasi, biaya kuliah sebesar Rp 157,042,978 (10.000 Euro), dan tunjangan bulanan 1.000 – 1.400 euro. Biaya hanya dikeluarkan ketika melakukan pendaftaran di universitas yang dituju. Sementara biaya kuliah, Pemerintah Perancis memberikan bantuan sekitar 10.000 euro, baik warga Prancis maupun asing. Biaya kuliah di Perancis sendiri terbilang murah. Beasiswa Eiffel ini ditawarkan untuk program S2 dan S3

Info beasiswa Beasiswa Eiffel

Beasiswa Erasmus +

Pastinya masih banyak pejuang beasiswa Indonesia yang mau kuliah ke Eropa. Jika kamu salah satunya, kamu bisa mencoba apply beasiswa yang cukup populer Erasmus +. Beasiswa ini memberi kesempatan bagi siswa non-Eropa yang ingin melanjutkan studinya di beberapa negara Uni Eropa. Program yang ditawarkan adalah untuk S2 dan S3.
Info beasiswa Erasmus +

Beasiswa DAAD

Salah satu negara dengan sistem pendidikan yang sangat baik adalah Jerman sehingga tidak salah Jerman menjadi salah satu tujuan utama studi mahasiswa dari berbagai belahan dunia pun Indonesia. Setiap tahun beasiswa DAAD rutin dibuka. Penerima beasiswa akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan lain. Setiap tahun sekitar 70.000 beasiswa diberikan.

Info beasiswa Beasiswa DAAD

Beasiswa Fulbright

Di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola melalui AMINEF, lembaga yang mengurusi kerjasama pertukaran pelajar AS – Indonesia dan menawarkan beasiswa dalam berbagai jenis diantaranya Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program, Fulbright Presidential Scholarship, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, dan lain-lain. Tunjangan yang diberikan dari beasiswa ini meliputi uang sekolah, tunjangan buku, tunjangan bulanan, tiket pesawat dan asuransi kesehatan. Peluang ini sangat terbuka bagi kamu yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3.

Info beasiswa Beasiswa Fulbright

Beasiswa Chevening

British Chevening Awards atau yang lebih dikenal dengan beasiswa Chevening adalah beasiswa global oleh Foreign and Commonwealth Office (CFO) dan organisasi mitra. Tunjangan yang diberikan dari beasiswa ini meliputi biaya hidup, biaya perjalanan, tunjangan kedatangan dll. Beasiswa Chevening khusus menjaring individu-individu berbakat yang memiliki potensi kepemimpinan. Selain menanggung biaya kuliah master, penerima beasiswa juga memperoleh tiket perjalanan, biaya penyusunan tesis, tunjangan hidup, dan uang saku bulanan sekitar £ 917 – £ 1.134 poundsterling.

Info beasiswa Beasiswa Chevening

Beasiswa Turkiye Busrlari

Beasiswa selalu ramai diperbincangkan oleh pejuang beasiswa Indonesia. Beasiswa turki disediakan Pemerintah Turki setiap tahun. Pelamar internasional (selain Turki) bisa melanjutkan studi S2 maupun S3 melalui beasiswa Turki 2018 – 2019 tersebut. Beasiswa Pemerintah Turki mencakup tunjangan bulanan sebesar 850 TL (± Rp 3,8 juta) per bulan untuk beasiswa S2 Turki dan 1.200 TL (± Rp 5,4 juta) buat penerima beasiswa S3 Turki. Selain tunjangan bulanan, Beasiswa Turki juga menanggung semua biaya kuliah, akomodasi, tiket pesawat PP ke Turki, asuransi kesehatan, serta kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan dimulai.

Info beasiswa Beasiswa Turkiye Busrlari

Beasiswa Stuned

Nuffic Neso Indonesia setiap tahun menawarkan berbagai beasiswa  ke Belanda. Beasiswa yang paling populer adalah StuNed (Studeren in Nederland). Program Beasiswa StuNed sendiri merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia. Kamu bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk mengambil kuliah S2 berbahasa pengantar Inggris di universitas-universitas Belanda. Beasiswa StuNed membuka kesempatan salah satunya dalam bentuk beasiswa S2 untuk durasi kuliah 12 – 24 bulan dengan banyak pilihan program studi. Selain menawarkan tanggungan biaya kuliah ( 20.000 Euro maksimum per tahun), kamu juga akan mendapatkan biaya hidup bulanan, biaya perjalanan internasional dan lokal, serta biaya lain yang diperlukan untuk kebutuhan studi. Prioritas diberikan pada bidang studi yang berhubungan dengan area kerjasama bilateral Indonesia-Belanda.

Info beasiswa Beasiswa Stuned

Beasiswa KGSP

Setelah menawarkan beasiswa S1, Pemerintah Korea kembali menyediakan beasiswa S2 dan S3 di Korea. Melalui Korean Government Scholarship Program (KGSP), pelajar internasional Indonesia mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi di Korea dengan biaya penuh Pemerintah Korea.  Beasiswa Pemerintah Korea menyediakan durasi selama dua tahun untuk program master plus satu tahun untuk kursus bahasa Korea (Total  3 tahun). Sementara, beasiswa doktor diberikan selama tiga tahun dan ditambah satu tahun untuk kursus bahasa Korea (Total 4 tahun). Biaya studi dan kursus tersebut akan ditanggung oleh Pemerintah Korea.

Beasiswa yang diberikan mencakup tiket pesawat pp kelas ekonomi Indonesia-Korea, tunjangan bulanan 900.000 won (± Rp 10 juta), tunjangan penyisihan satu kali 200.000 won, tunjangan riset 210.000 won per semester untuk bidang ilmu sosial dan pengetahuan budaya, serta 240.000 won per semester untuk bidang sains, teknologi, dan teknik.

Selain itu, disediakan pula biaya kursus dan tanggungan penuh biaya kuliah, biaya cetak tesis/disertasi sekitar 500.000 – 800.000 won, asuransi kesehatan 20.000 won per bulan, serta pendanaan khusus jika kamu memiliki kemampuan bahasa Korea dengan skor tes TOPIK 5 atau 6. Dana khusus ini diberikan 100.000 won per bulan. Bukan itu saja, bagi penerima beasiswa yang telah merampungkan studi mereka dan kembali ke negara asal akan diberikan hibah sebesar 100.000 won.
Info beasiswa Beasiswa KGSP

Beasiswa NZAS

New Zealand Asean Scholarship (NZAS) adalah Beasiswa Pemerintah New Zealand. Beasiswa ini teridir dari program postgraduate certificate (6 bulan), postgraduate diploma (1 tahun), master (1 – 2 tahun), dan PhD (hingga 3,5 tahun). Beasiswa NZAS merupakan beasiswa penuh yang memberikan fasilitas berupa tanggungan biaya kuliah penuh di universitas New Zealand, tunjangan hidup yang diberikan setiap dua minggu, tunjangan kemandirian, asuransi kesehatan dan perjalanan, serta biaya perjalanan saat keberangkatan dan kepulangan dari Indonesia ke New Zealand. Serta bagi penerima beasiswa yang memenuhi syarat bisa diberikan tunjangan cuti atau reunian dan diberikan dukungan akademik dari institusi tempat studi.

Info beasiswa Beasiswa NZAS

Baca juga:
TOEFL ITP
Jasa penerjemah tersumpah

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.