Daftar Beasiswa populer dari Indonesia

Daftar Beasiswa populer dari Indonesia

 

Banyak sponsor (pemberi beasiswa) baik pemerintah atau swasta yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa on-going dan untuk mahasiswa freshgraduate. Berikut daftar beasiswa dari Indonesia:

Beasiswa Bidik Misi Diploma dan Sarjana

Beasiswa Bidik Misi merupakan salah satu beasiswa terbesar yang khusus untuk siswa SMA sederajat yang berprestasi namun tidak memiliki biaya untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, prioritas dari beasiswa ini adalah mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kabar baiknya adalah beasiswa bidik misi ini bisa diikuti dari jenjang Diploma sampai sarjana, mulai dari PTN, Politeknik Negeri sampai dengan PTS. Periode pendaftaran Beasiswa ini tergolong panjang hampir sepanjang tahun Januari hingga September. Pendaftaran dilaksanakan melalui online disini.

Baca juga: Jasa Terjemah Regular

Beasiswa LPDP Pascasarjana dan Doktoral

Mungkin sebagian besar lulusan sarjana sudah tidak asing lagi dengan beasiswa satu ini, salah satu beasiswa terbesar dan terbaik untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat S2 dan S3. Beasiswa LPDP menyediakan program beasiswa di Dalam Negeri dan Luar Negeri. Selain itu, ada dua jalur Beasiswa LPDP yang dapat dipilih yaitu Beasiswa LPDP regular dan Beasiswa LPDP afirmasi. Masing-masing jalur beasiswa LPDP tersebut memiliki syarat yang berbeda. Afirmasi sendiri memiliki banyak jenis yang salah satu jenisnya adalah afirmasi alumni bidik misi. Website resmi beasiswa LPDP click disini.

Baca juga: Beasiswa LPDP

Beasiswa Ungulan Kemendikbud

Beasiswa Unggulan adalah beasiswa yang menjangkau Mahasiswa S1, S2, dan S3, juga untuk Mahasiswa on-going dan freshgraduate. Selain itu, Beasiswa Unggulan dapat diajukan oleh mahasiswa PTN dan PTS. Namun memang Beasiswa unggulan memang hanya menyediakan program beasiswa Dalam negeri dan tidak menyediakan Program Luar Negeri. Namun, jangan khawatir, kamu tetap bisa ke luar negeri dengan beasiswa unggulan dengan mengikuti program double degree. Beasiswa Unggulan dibuka dua kali dalam setahun di bulan Februari dan Juni. Website resmi beasiswa Unggulan click disini

Baca juga:
Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi untuk S1, S2, S3
Beasiswa Unggulan 3T Program S1, S2, S3 untuk Daerah Tertinggal

Beasiswa BBM Diploma, Sarjana dan Pascasarjana

Beasiswa BBM merupakan salah satu beasiswa yang diberikan oleh Perguruan Tinggi kepada mahasiswa on-going. Syarat Beasiswa BBM adalah mahasiswa yang berlatar belakang dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dari kategori UKT. Beasiswa BBM untuk saat ini hanya tersedia di Perguruan Tinggi Negeri. Sumber dana beasiswa ini berasal dari Ristekdikti. Untuk mendaftar beasiswa BBM, minimal berada pada semester 2 dan maksimal berada pada semester 8. Beasiswa BBM meliputi biaya UKT saja. Untuk mendaftar silahkan langsung melalui BAAK Kampus masing-masing.

Baca juga: Beasiswa Baznas

Beasiswa PPA Diploma, Sarjana dan Pascasarjana

Beasiswa PPA ditujukan untuk mahasiswa berprestasi. Kuota beasiswa PPA cukup besar jadi kemungkinan untuk lulus juga besar hanya saja untuk bisa mendapatkan beasiswa ini mahasiswa harus memiliki prestasi akademik dan biasanya pemilik IPK rata-rata 3.50 ke atas. Selain itu, prestasi non akademik lainnya seperti Olahraga, Seni ataupun bidang lainnya dapat menjadi pertimbangan untuk mendaftar beasisawa PPA

Baca juga: Beasiswa PPA untuk D3 D4 dan S1

Beasiswa Mora Kemenag Doktor

Program beasiswa 5000 Doktor ini dibuka untuk lulusan pascasarjana S2 yang ingin melanjutkan ke jenjang doktoral luar negeri. Beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa populer Kemenag. Website resmi beasiswa 5000 Doktor click disini

Baca juga: Beasiswa DataPrint SMP SMA D3 D4 dan S1

Beasiswa BUDI

Beasiswa BUDI adalah beasiswa yang diberikan khusus untuk dosen. Beasiswa BUDI adalah beasiswa fully funded. Website resmi beasiswa BUDI click disini.

Beasiswa Djarum Plus

Salah satu Beasiswa Populer dari pihak swasta adalah beasiswa Djarum melalui yayasan Djarum Fondation memberikan beasiswa kepada mahasiswa dari perguruan tinggi ternama dengan cara mendaftar secara mandiri biasanya dibuka pada April. Website resmi beasiswa  Djarum click disini.

Baca juga: Beasiswa Djarum untuk S1 dan D4

Beasiswa Tanoto Foundation

Progam Beasiswa Tanoto Fundation merupakan salah satu yayasan miliki pengusaha Indonesia yang aktiv memberikan beasiswa kepada ribuan siswa dan mahasiswa yang ada di Indonesia, setiap tahun beasiswa ini dibuka dan diikuti oleh puluhan ribu peserta dari seluruh Indonesia. Website resmi beasiswa Tanoto click disini.

Baca juga: Beasiswa Juara

Beasiswa Pertamina

Pertamina adalah salah satu BUMN terbesar yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang sedang kuliah di perguruan tinggi. Tidak main-main beasiswa ini mencapai 5 juta untuk bantuan UKT dan biaya hidup 500 ribu perbulan. Progam Beaiswa Sobat Bumi Pertamina ini dibuka sesuai dengan kebijakan dari Pertamina. Website resmi beasiswa pertamina click disini.

Baca juga: Beasiswa BCA untuk Mahasiswa S1 seluruh Indonesia

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.