Alasan Harus Daftar Beasiswa Unggulan: Beasiswa untuk Kuliah S1 S2 S3

Alasan Harus Daftar Beasiswa Unggulan: Beasiswa untuk Kuliah S1 S2 S3

Beasiswa unggulan adalah beasiswa fully-funded yang diberikan oleh pemerintah Indonesia tepatnya kementerian pendidikan dan kebudayaan. Fully-funded artinya beasiswa ini membiayai semua pembiayaan mahasiswa selama kuliah seperti UKT, biaya hidup, dan lain-lain. Beasiswa ini dibuka dua kali dalam satu tahun dengan tahapan seleksi berupa administrasi dan wawancara. Selain fully-funded, ada beberapa alasan lain mengapa beasiswa unggulan ini harus kamu coba daftar.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Berbagai jenjang 

Kalau pada umumnya beasiswa hanya tersedia untuk jenjang tertentu, contoh beasiswa bidikmisi untuk S1, beasiswa LPDP untuk S2 dan S3, beasiswa unggulan berbeda karena menyediakan beasiswa untuk jenjang S1 S2 dan S3. Ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi pejuang beasiswa untuk dicoba. Walaupun beasiswa S1 sudah tersedia cukup banyak, namun beasiswa unggulan tetap layak untuk dicoba karena beasiswa ini termasuk beasiswa fully-funded. Berbeda dengan beasiswa lain yang kebanyakan hanya partially-funded. Partially-funded artinya pembiayaan yang diberikan hanya sebagian saja. Biasanya berupa uang semester saja.

Mahasiswa baru dan mahasiswa aktif

Kamu dapat mendaftar beasiswa unggulan baik saat kamu masih menjadi mahasiswa baru atau mahasiswa aktif. Mahasiswa baru yang dimaksud disini adalah mahasiswa yang secara resmi dinyatakan diterima di sebuah universitas tapi belum memulai studi. Sementara, mahasiswa aktif disini adalah mahasiswa yang sedang menempuh studi dan sudah mulai belajar di bangku perkuliahan. Tentu saja, hal tersebut menjadi salah satu kelebihan beasiswa unggulan dimana beasiswa lain hanya ditujukan untuk mahasiswa baru saja atau hanya untuk mahasiswa aktif saja. contoh, beasiswa LPDP hanya diperuntukkan untuk mahasiswa baru. Dengan kata lain, mahasiswa aktif tidak bisa mendaftar beasiswa LPDP.

Universitas asal

Tidak sedikit yang mengeluh karena universitas pejuang beasiswa tidak menjadi mitra beasiswa yang dituju. Dengan kata lain, universitas tersebut tidak bekerjasama dengan penyelenggara beasiswa karena hanya universitas tertentu saja yang dapat apply. Hal tersebu tentu saja cukup mengecewakan. Tapi, sepertinya rasa kecewa tersebut dapat terobati oleh beasiswa unggulan. Beasiswa unggulan adalah beasiswa yang memungkinkan mahasiswa dari berbagai lata belakang pendidikan dan universitas dapat mendaftar. Baik mahasiswa dari PTN, PTS, PTAIN, atau PTAIS. Namun demikian, perguruan tinggi tersebut harus memiliki akreditasi minimal B.

Joint Degree ke Luar Negeri

Memang sih beasiswa unggulan ini adalah beasiswa untuk kuliah di kampus dalam negeri. Namun, bagi kamu yang mempunyai keinginan untuk dapat merasakan belajar di luar negeri juga bisa kok mengajukan melalui beasiswa unggulan. Jadi, syarat pertama adalah kamu harus lulus beasiswa unggulan ini dulu. Jika sudah dinyatakan lulus dan mulai study (misal 1 semeser atau 1 tahun), kamu bisa coba mengajukan untuk Joint Degree ke Luar Negeri kepada pihak penyelenggara beasiswa unggulan. Jika di-acc, kamu bisa deh melanjutkan belajar di luar negeri.

Kelebihan Beasiswa Unggulan

Kalau kamu tertarik dan mau coba daftar, kamu bisa click info beasiswa unggulan selengkapnya disini


Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.