10 Universitas Negeri Terbaik Berdasarkan Kemenristekdikti

10 Universitas Negeri Terbaik Berdasarkan Kemenristekdikti

Kemenristekdikti mengumumkan peringkat universitas terbaik se-Indonesia. Peringkat ini dinilai berdasarkan proses yang kompleks berbasis output – outcome sebuah universitas. Ada empat indikator yang dipakai, yaitu: kinerja input, proses, kinerja output, dan outcome. Data ini diharapkan dapat membantu kamu, siswa kelas 12 yang berencana kuliah, dalam memilih universitas yang akan kamu tuju. Untuk info beasiswa, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati peringkat pertama dengan perolehan score sebanyak 3.671. ITB sendiri telah berdiri sejak tahun 1959 dengan menanamkan misi menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan serta menghasilkan SDM unggul untuk memajukan Indonesia. Beberapa jurusan yang dapat kamu ambil di ITB, contohnya teknik sipil dan lingkungan, seni rupa dan desain, teknologi industri dan yang lainnya. Universitas ini, memiliki berbagai fasilitas yang dapat mendukung pembelajaran, seperti beragam pusat penelitian dan pusat uggulan IPTEK. Di ITB jurusan terbaiknya adalah teknik informatika dengan passing grade sebesar 64,9%.

Baca juga: 10 Universitas Dengan Jurusan Teknik Terbaik di Indonesia

Universitas Gajah Mada

Universitas Gajah Mada (UGM) meraih score 3.594 dan menempati posisi kedua dalam universitas terbaik versi kemenristekdikti. UGM telah diresmikan sejak tahun 1949, dan memiliki visi menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul bermanfaat bagi masyarakat. UGM menawarkan 20 fakultas diikuti beragam program studi. UGM juga membuka berbagai jenjang seperti program sarjana, pascasarjana, diploma, profesi, serta spesialis. Pendidikan dokter menjadi jurusan terbaik di UGM dengan passing grade 60,70%.

Baca juga: 10 Daftar Universitas dengan Fakultas Kedokteran Terbaik 2020

Institut Pertanian Bogor

Selanjutnya, ada Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menempati urutan ketiga dengan score 3.577. IPB memiliki 24 program studi yang terakreditasi di tingkat nasional. IPB juga menyediakan mata kuliah kewirausahaan untuk mendidik mahasiswa menjadi sosok yang memiliki semangat berwirausaha. Bahkan beberapa mahasiswa dan alumni telah sukses menjadi wirausahawan. Selain itu, mahasiswa maupun dosen IPB sukses meraih berbagai prestasi di taraf nasional maupun international. Contohnya adalah salah satu dosen yang meraih peringkat ke 3 sebagai dosen berprestasi tingkat nasional di bidang sains dan teknologi tahun 2018. Di IPB, statitiska menjadi jurusan terbaik dengan passing grade sebesar 41,53%.

Baca juga: 10 Jurusan yang Paling Dicari Perusahaan

Institut Teknologi Sepuluh November

Diperingkat keempat, ada Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dengan score yang mencapai 3.462. ITS diresmikan menjadi perguruan tinggi sejak tahun 1961 dengan misi berkontribusi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan rakyat. Ada 7 fakultas di ITS dengan bidang ilmu strategis yang menjadi pusat keunggulan bagi pengajaran ilmu pengetahuan, teknologi dan desain di Indonesia. Tujuh fakultas tersebut adalah sains dan analitika data, teknologi industri dan rekayasa sistem, teknologi elektro dan informatika cerdas, teknik sipil, perencanaan dan kebumian, teknologi kelautan, vokasi, serta desain kreatif dan bisnis digital. Untuk jurusan terbaik di ITS, teknik elektro berada di peringkat pertama dengan passing grade 57,70%.

Baca juga: 10 Universitas Islam Negeri Terbaik se-Indonesia Versi Webometrics 2020

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) meraih peringkat kelima di universitas terbaik versi kemenristekdikti dengan perolehan score 3.401. UI memiliki filosofi pendidikan yang salah satunya adalah membimbing mahasiswa agar mampu bekompetisi di dunia international, cerdas dan terampil, namun tetap memiliki nilai-nilai keIndonesiaan. Universitas yang terletak di Salemba Jakarta Pusat dan juga Depok ini menawarkan berbagai program, seperti program undergraduate, graduate dan spesialis, vacational program, serta international program. Selain itu, ada 13 fakultas yang dapat kamu pilih di UI. Ketigabelas fakultas tersebut berdasar dari 3 rumpun, yaitu: ilmu kesehatan, ilmu sosial dan humaniora, serta ilmu sains dan teknologi. Jurusan terbaik di UI adalah pendidikan dokter dengan passing grade 62,78%.  

Baca juga: 10 Jurusan yang Paling Dicari Perusahaan

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (UNDIP) yang didirikan sejak 1956 ini meraih posisi keenam dengan score mencapai 3.207. UNDIP memiliki tujuan sebagai universitas penghasil lulusan yang berprofil COMPLETE, keunggulan nasional dan international serta dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan olahraga. Fakultas yang ditawarkan UNDIP berjumlah 11 fakultas dengan satu program vokasi, dan program pascasarjana. Selain itu, juga ada berbagai pelayanan seperti program beasiswa dan career center untuk membantu mahasiswa agar dapat lebih berkembang. Pendidikan dokter juga menjadi fakultas terbaik di UNDIP dengan passing grade sebesar 57,20%.

Baca juga: 10 Politeknik Negeri Terbaik di Indonesia Tahun 2019/2020 Versi Kemenristekdikti

Universitas Airlangga

Meraih score 3.056, Universitas Airlangga (UNAIR) menempati posisi ketujuh sebagai universitas terbaik di Indonesia versi kemenristekdikbud. UNAIR telah didirikan sejak 1954 dan telah berkembang menjadi lebih baik dengan berbagai fakultas serta program yang dapat dipilih. Ada total 14 fakultas yang ditawarkan UNAIR, ditambah 6 program jenjang pendidikan, serta kelas international dan program dual degree. Selain itu ada 5 jenis pencapaian yang diraih oleh UNAIR , yaitu kerja sama luar negeri, kerja sama domestik, pencapaian mahasiswa, pencapaian dosen, serta pencapaian institut itu sendiri. Salah satu pencapaian yang terbaru adalah 3 tenaga kependidikan UNAIR yang membuat inovasi sistem keuangan AICMS. Untuk jurusan terbaik, pendidikan dokter meraih peringkat pertama dengan passing grade 58,61%.

Baca juga: 5 Beasiswa untuk Mahasiswa S1 On Going yang Sedang Dibuka

Universitas Hasanuddin

Selanjutnya, ada Universitas Hasanuddin (UNHAS) yang berada diperingkat kedelapan dengan score 3.036. Universitas yang terletak di Makasar ini telah didirikan sejak 1956. Universitas ini memiliki 14 fakultas dengan 1 program pascasarjana. Di universitas ini kamu akan mendapat pengalaman pembelajaran bertaraf international dan didukung dengan riset yang berkualitas international pula. UNHAS juga memiliki berbagai kegiatan International seperti exchange student, kelas international, dan lain-lain. Ekonomi akutansi menjadi jurusan terbaik di UNHAS dengan passing grade 43,75%.

Baca juga: 6 Beasiswa S1 Dalam Negeri untuk Mahasiswa Baru dengan Cakupan Pembiayaan Terbanyak

Universitas Brawijaya

Urutan kesembilan di daftar universitas terbaik ini adalah Universitas Brawijaya (UB), dengan nilai sebesar 2.948. UB yang terletak di Malang dan didirikan sejak tahun 1963, telah berusaha dan masih terus mendidik mahasiswanya menjadi manusia yang berkualitas. Ada 15 fakultas dan program pascasarjana yang ditawarkan oleh UB. Selain itu, UB juga menawarkan program diploma, sarjana, magister, doktor, profesi, specialis, dan double degree. Berbagai fasilitas juga disediakan oleh UB, contohnya fasilitas kesehatan, olahraga, perpustakaan, dan lainnya. Di UB, pendidikan dokter menjadi fakultas terbaik dengan passing grade 55,67%.

Baca juga: Penjelasan Syarat KIP Kuliah

Universitas Padjadjaran

Posisi kesepuluh adalah Universitas Padjadjaran (UNPAD) dengan nilai 2.906. UNPAD terletak di Bandung dan telah berdiri sejak 1957 dengan visi untuk menjadi universitas unggul dalam menyelenggarakan pendidikan kelas dunia. UNPAD memiliki 16 fakultas dan sekolah pascasarjana. Berbagai prestasi juga telah diraih oleh mahasiswa UNPAD, seperti peraih mendali perunggu di olimpiade matematika tingkat dunia di Tokyo Januari lalu, serta juara kompetisi public speaking di USM, Malaysia. Jurusan terbaik di UNPAD adalah pendidikan dokter yang meraih passing grade 53,50%.

Baca juga: Penjelasan Syarat Beasiswa Malaysian International Scholarship (MIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.