Apa yang baru dari Beasiswa LPDP 2019 part 1?

Apa yang baru dari Beasiswa LPDP 2019 part 1?

Pengumuman terbaru tentang Beasiswa LPDP 2019 sudah dirilis secera official oleh pihak beasiswa lpdp pada tanggal 26 April 2019 dihalaman resminya. Namun demikian, pendaftaran Beasiswa Dalam Negeri dan Luar Negeri ini masih belum dibuka dan akan dibuka pada tanggal 10 Mei 2019 dan akan ditutup pada tanggak 31 Mei 2019.  Bagi kamu yang mau membaca info resmi terbarunya, kamu bisa click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah Termurah

Seperti biasa, beasiswa LPDP setiap tahun selalu memberikan kejutan dengan adanya perubahan-perubahan baik dalam bentuk sistem perekrutan, jumlah jalur yang tersedia, dan lain-lain. Pada tahun 2019 ini, tampaknya beasiswa LPDP juga memiliki beberapa kebijakan baru. Walaupun masih terbatas, tapi cukup menarik untuk dibahas. Berikut ulasannya tentang apa yang baru dari beasiswa LPDP 2019.

Memiliki banyak sekali Jalur

Beasiswa LPDP 2019 memiliki lebih banyak jalur. Sebenarnya hal tersebut tidak mengherankan karena memang pada tahun 2018, memang sudah ada isu bahwa beasiswa LPDP 2019 harus lebih banyak menjangkau lapisan masyarakat sehingga beasiswa lpdp ini akan lebih banyak dirasakan manfaatnya.

Pada tahun 2019 ini, beasiswa LPDP dibagi menjadi tiga jalur utama yaitu Jalur beasiswa LPDP umum, jalur Beasiswa LPDP afirmasi, dan jalur beasiswa Targeted group. Menarikanya lagi, masing-masing jalur tersebut masih dibagi lagi menjadi beberapa subjaluar. Ambil contoh beasiswa LPDP umum yang terdiri dari beasiswa reguler, beasiswa dokter spesialis, beasiswa perguruan tinggi Utama Dunia, dan beasiswa Disertasi. Pada jalur umum ini ada dua jalur baru yang dimunculkan di tahun 2019 yaitu beasiswa perguruan tinggi Utama Dunia, dan beasiswa Disertasi.

Tidak kalah juga, beasiswa afirmasi juga memiliki banyak subjalur diantaranya, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Alumni Bidikmisi, Beasiswa Prasejahtera Berprestasi, Beasiswa Santri, Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional, Beasiswa Prestasi Seni Internasional, Beasiswa Penyandang Disabilitas, Beasiswa Indonesia Timur. Pada beasiswa afirmasi ini, juga terlihat ada beberapa subjalur baru yang muncul di beasiswa LPDP 2019 yaitu Beasiswa Prestasi Seni Internasional dan Beasiswa Penyandang Disabilitas.

Baca juga: Tips Menulis Rencana Studi Perparagraf

Kemudian, jalur ketiga bisa dibilang adalah jalur baru yang dimunculkan pada beasiswa 2019 ini walaupun subjalurnya sebenarnya sudah ada di tahun sebelumnya. Beasiswa LPDP Targeted Group ini terdiri dari Beasiswa Unggulan Dosen Indonoesia (BUDI), Beasiswa PNS/TNI/Polri, dan beasiswa Olimpiade Internasional. Beasiswa Olimpiade Internasional ini pada tahun 2018 sempat tidak ada loh. dan baru muncul lagi sekarang pada tahun 2019.

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2019

Bagi kamu yang mengikuti beasiswa LPDP dari tahun 2016 sampai 2019 ini, pasti kamu paham apa saja perubahan yang terjadi pada pendaftaran beasiswa LPDP ini. Pada tahun 2016, beasiswa LPDP dibuka empat kali dalam satu tahun atau biasa dikenal dengan 4 batch. Pada tahun tersebut juga, beasiswa Dalam Negeri dan Luar Negeri buka bersamaan. Pada tahun 2017 dan 2018, beasiswa LPDP memberikan kejutan yang benr-benar membuat banyak pejuang beasiswa terkejut. Pendaftaran beasiswa LPDP 2017 dan 2018 hanya dibuka dua kali setahun menjadi batch I dan batch II dimana batch I hanya khusus untuk mendaftar Beasiswa LPDP Dalam Negeri dan batch II khusus untuk pendaftar Beasiswa LPDP Luar Negeri.

Beasiswa LPDP 2019 ini memberikan kabar yang sangat baik. walaupun masih dibuka dua batch atau dua tahap, pendaftaran dalam negeri dan luar negeri dibuka pada dua batch tersebut. Dengan kata lain, jika kamu tidak bisa mendaftar di batch I, kamu bisa mendaftar di batch II baik untuk Dalam Negeri atau Luar Negeri. Pendaftaran beasiswa LPDP 2019 ini dibuka pada bulan Mei 2019 dan September 2019.

Jika Gagal Administrasi dan SBK

Pada beasiswa LPDP 2019 ini, ada aturan khusus tentang boleh tidaknya mendaftar di batch II jika gagal di batch I. Isu ini dibahas khusus oleh beasiswa LPDP nampaknya karena banyak sekali yang bertanya tentang apakah boleh mendaftar beasiswa LPDP lagi di batch II jika gagal di batch I di tahun yang sama. Contoh, jika kamu mendaftar beasiswa LPDP 2018 bact I dan gagal, boleh tidak daftar beasiswa LPDP 2018 bact II. Pada tahun 2019 ini, beasiswa LPPD memiliki aturan tentang boleh atau tidaknya kamu mendaftar batch II jika gagal di batch I. Pendaftar yang gagal beasiswa LPDP 2019 pada seleksi administrasi dan Seleksi Berbasis Komputer (SBK) diijinkan untuk mendaftar beasiswa LPDP 2019 bacth II. Sedangkan, pendaftar yang gagal beasiswa LPDP 2019 pada tahap seleksi wawancara tidak diijinkan untk mendaftar beasiswa LPDP 2019 batch II di tahun yang sama.

Apa yang baru di Beasiswa LPDP 2019?

Baca juga:
Apa yang baru dari beasiswa LPDP 2019 part 2?
Kesalahan Konyol Yang Membuat Pejuang Beasiswa Gagal Total

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.