Apa yang harus dilakukan untuk Menghadapi wawancara beasiswa LPDP

Apa yang harus dilakukan untuk Menghadapi wawancara beasiswa LPDP

Dalam seleksi beasiswa LPDP, seleksi wawancara adalah tahapan seleksi terakahir. Seleksi wawancara ini bisa dibilang adalah seleksi yang paling menantang. Selain karena paling menentukan, juga banyak hal yang harus diperhatikan sehingga wawancara berjalan baik dan hasil yang didapat juga memuaskan. Berikut adalah hal-hal apa yang harus dilakukan untuk menghadapi wawancara beasiswa LPDP. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Cari pertanyaan yang sering muncul di wawancara

Dalam wawancara, ada beberapa pertanyaan template yang biasanya digunakan oleh pewawancara seperti “mengapa kamu layak mendapatkan beasiswa ini, apa kelebihan kamu, apa kelemahan kamu, dan lain-lain”. Kamu bisa googling semua pertanyaan-pertanyaan tersebut dan cobalah untuk berlatih menjawab. Berdasarkan pengalaman pejuang beasiswa LPDP, pertanyaan-pertanyaan tersebut selalu muncul walaupun tidak semua pejuang beasiswa mendapatkan semua pertanyaan template tersebut.

Baca juga: Rincian Biaya Beasiswa LPDP Dalam Negeri

Pahami manner dalam wawancara

Wawancara pada dasarnya bukan hanya tentang tanya jawab yang berkesan. Lebih dari itu, kamu juga harus memahami bagaimana cara bersikap seperti eye-contact, cara duduk, non-verbal communication, dan lain-lain. Hal-hal tersebut sangat penting karena akan mempengaruhi impression yang kamu berikan kepada pewawancara. Untuk mengetahui lebih banyak tentang manner wawancara, click disini

Baca proposal studi dan rencana studi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca kembali proposal studi dan rencana studi yang kamu submit ke beasiswa LPDP. Kedua essay tersebut akan menjadi salah satu bahan yang akan ditanyakan di wawancara beassiwa LPDP. Alasannya, pihak beasiswa LPDP tentu saja tidak mengenal kamu dan salah satu sumber untuk mengenal mu adalah essay yang kamu tulis. Oleh karena itu, pewawancara akan bertanya seputar isi dari essay kamu untuk memulai pembicaraan sekaligus mengkonfirmasi apakah yang kamu tulis benar atau tidak.

Baca juga: Cara Memberikan Alasan Bahwa Layak Menerima Beasiswa

Latihan menjawab dengan direkam

Semua pertanyaan yang sering muncul yang sudah kamu siapkan beserta jawabannya tadi, kamu coba untuk bertanya sendiri dan menjawab sendiri. Untuk awal-awal kamu tidak perlu langsung merekam karena pasti masih terbata-bata dan mencoba mengingat-ingat apa yang harus kamu jawab. Namun, jangan khawatir, hal tersebut biasa terjadi. Yang terpenting, jangan menghafal kalimat jawabanmu tapi pahami ide jawabanmu. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kalimat yang berbeda tapi maksudnya sama. Hal tersebut akan menguras beban pikiran mu dalam mengingat jawaban.

Setelah kamu yakin dengan jawaban mu, kamu bisa mulai latihan menjawab dengan direkam. Jangan ragu untuk mendengarkan jawaban mu. dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi, apa saja kekurangan dan kelebihannya.

Latihan menjawab di depan cermin

Selain komunikasi verbal yang penting dalam tanya jawab di wawancara, kamu juga harus memperhatikan komunikasi non-verbal kamu dong. Dan latihan menjawab di depan cermin ini efektif untuk melatih expresi wajah, komunikasi non-verbal dan manner kamu ketika kamu menjawab wawancara. Bagaimana pun, kamu juga harus pandai memilih ekspresi yang meyakinkan ketika kamu menjawab. Disisi lain, kamu juga harus memperhatikan apakah gerakan tangan kamu berlebihan atau tidak pada saat memberikan penjelasan dan jawaban.

Meminta teman untuk menjadi pewawancara

Ini juga sangat penting karena biasanya latihan sendiri tidak cukup. Akan lebih menantang jika ada orang lain yang berperan sebagai pewawancara. Jika kamu benar-benar tidak punya teman, jangan patah semangat, karena kamu bisa mencari sesama pejuang beasiswa di grup-grup info beasiswa seperti di whatsapp, facebook, dan lain-lain. yang terpenting adalah kamu bisa latihan dengan orang lain sebagai pewawancaranya walaupun itu hanya secara online. Beberapa tahun ini, saya selalu menemukan sebuah grup yang latihan wawancara bersama loh.

Baca juga: Tips Lolos Tes Wawancara Beasiswa LPDP

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.