Beasiswa Luar Negeri yang Paling Dicari Lulusan SMA

Beasiswa Luar Negeri yang Paling Dicari Lulusan SMA

Lulusan SMA dan mau lanjut kuliah di luar negeri dengan beasiswa? Hal ini mungkin banget karena jumlah beasiswa S1 di luar negeri sendiri sebenarnya cukup banyak. Tapi, memang perlu usaha untuk mencarinya. Beberapa beasiswa umumnya dibuka setiap tahun dengan jumlah kuota dan pembiayaan yang berbeda-beda. Nah, kali ini Scholars telah merangkum beberapa beasiswa luar negeri untuk lulusan SMA nih. Yuk baca artikelnya sampai selesai, siapa tahu satu di antara beasiswa-beasiswa dibawah ini bisa kamu dapatkan. Untuk info beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Beasiswa KGSP

Beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program) adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan untuk para pelajar internasional yang ingin belajar atau meneruskan studi di Korea Selatan. Pendaftar beasiswa ini memiliki kesempatan untuk memilih jenjang S1, S2, ataupun S3. Pembiayaan dari KGSP mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat dan tunjangan lainnya, pokoknya lengkap deh. Pemerintah Korea Selatan menyiapkan kuota untuk 170 penerima beasiswa penuh untuk jenjang S1 dan 700 penerima beasiswa penuh untuk jenjang S2 dan S3 pada tahun 2020 ini. Untuk info lebih lanjut, click disini.

Beasiswa MEXT

Beasiswa MEXT atau Monbukagakusho adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Beasiswa ini mencakup biaya studi, biaya hidup, tiket pesawat dan visa. Untuk kuliah di jepang dengan beasiswa ini kamu diharuskan untuk mengikuti kelas persiapan selama 1 tahun, jadi total waktu studi kamu akan menjadi 5 tahun jika kamu mengambil program sarjana. Begitu juga jika kamu mengambil studi kedokteran maka waktu studimu menjadi 7 tahun. Untuk kuota sendiri tidak tentu setiap tahunnya. Untuk info lebih lanjut, click disini.

Baca juga: Beasiswa Dream Together Master Untuk Kuliah S2 di Korea Selatan

Beasiswa Mitsui Bussan

Beasiswa Mitsui Bussan cocok untuk kamu yang ingin mempelajari kebudayaan Jepang. Selain itu, diharapkan para penerima beasiswa dapat memberikan kontribusi di Indonesia setelah menyelesaikan kuliah di Jepang. Beasiswa S1 Mitsui Bussan ini juga mewajibkan penerimanya untuk menempuh studi 5,5 tahun, yaitu 1,5 tahun untuk belajar bahasa jepang dan 4 tahun untuk menempuh S1. Beasiswa ini adalah beasiswa fully funded dimana akan mengcover biaya kuliah, tiket pesawat, akomodasi, tunjangan kedatangan dan biaya hidup kamu selama di Jepang. Ada 3 jenis seleksi yang akan kamu hadapi untuk mendapatkan beasiswa Mitsui Bussan ini yaitu pertama seleksi tulis, kedua seleksi berkas, dan yang terakhir wawancara. Untuk info lebih lanjut, click disini.

Beasiswa YTB

Türkiye Bursları adalah beasiswa penuh dari Pemerintah Turki untuk pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi S1, S2 dan S3 di Turki. Meskipun beasiswa ini bukan satu-satunya beasiswa untuk kuliah di Turki, tapi mayoritas dari mahasiswa internasional menggunakan beasiswa ini. Cakupan pembiayaan beasiswa YTB ini diantara lain adalah biaya kuliah, biaya hidup, akomodasi, tiket pesawat dan asuransi kesehatan. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi soal biaya selama studi. Selain itu, kamu diharuskan untuk mempelajari bahasa Turki selama setahun. Hal ini berlaku untuk semua jenjang yaitu S1, S2 maupun S3. Jadi jika kamu mau ambil S1, total waktu studi kamu akan menjadi 5 tahun. Untuk info lebih lanjut click disini.

Baca juga: Beasiswa Djarum Plus Untuk Mahasiswa S1 dan D4 Dalam Negeri

Beasiswa Turkiye Diyanet Foundation

Beasiswa Diyanet Bursları atau yang juga dikenal dengan sebutan beasiswa TDV (Türkiye Diyanet Vakfi) adalah program beasiswa dari Turkiye Diyanet Foundation. TDV adalah lembaga keagamaan non-pemerintah yang didirikan pada 13 Maret 1975 oleh menteri agama pada saat itu. Tujuan dari beasiswa S1 ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi pelajar dari berbagai negara, yang telah ditentukan pemerintah Turki, untuk mengenyam pendidikan agama di Turki. Selama studi di Turki semua biaya mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat tiap tahun, akomodasi sampai tunjangan bulanan akan ditanggung oleh TDV. Untuk info lebih lanjut click disini.

Beasiswa Jardine Foundation

Jardine Foundation merupakan lembaga pemberi beasiswa yang dibentuk tahun 1982 oleh perusahaan perdagangan terkemuka di China, Jardine Matheson Group. Hingga kini lebih dari 200 pelajar telah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di Oxford University dan Cambridge University, Inggris. Beasiswa ini untuk melanjutkan kuliah S1 di dua universitas ternama dunia, yaitu University of Cambridge dan University of Oxford dengan 30 program sarjana yang mencakup lebih dari 65 program studi. Selain itu, beasiswa ini adalah beasiswa penuh. Pembiayaannya meliputi biaya kuliah, tunjangan tahunan, tiket pesawat, dan uang buku. Untuk info lebih lanjut click disini.

Baca juga: Beasiswa Institute of Education (IOE) UCL untuk S2 dan S3 di Inggris

Beasiswa ICCR

Bagi yang belum kenal dengan Beasiswa ICCR, berikut adalah sekilas tentang Beasiswa ICCR. Beasiswa Indian Council for Cultural Relations atau yang biasa disingkat menjadi beasiswa ICCR adalah beasiswa dari pemerintah India yang ditujukan untuk mahasiswa internasional termasuk Indonesia untuk melanjutkan kuliah jenjang S1 S2 S3 di India. Beasiswa ini adalah beasiswa fully-funded yang cakupan pembiayaannya meliputi biaya kuliah, biaya hidup bulanan, uang sewa tempat tinggal, uang buku, dan visa.  Untuk info lebih lanjut, click disini.

Beasiswa Russian Government Scholarships

Russian Government Scholarships adalah beasiswa dari pemerintah Federasi Rusia yang memberikan peluang bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia untuk melanjutkan studi baik S1 S2 atau S3 di Rusia. Nantinya, awardee Russian Government Scholarships akan mengikuti program pengayaan bahasa Rusia selama satu tahun. Untuk cakupan pembiayaannya sendiri beasiswa ini hanya menyediakan biaya studi. Sedangkan untuk biaya lainnya ditanggung oleh penerima beasiswa sendiri. Untuk info lebih lanjut click disini.

Baca juga: Beasiswa Orange Knowledge Program (OKP) untuk Kuliah S2 di Belanda

Beasiswa Pemerintah Cina

Beasiswa Pemerintah Cina (CGS) adalah beasiswa yang diberikan Pemerintah Cina kepada pelajar internasional yang ingin mendapatkan studi S1, S2 maupun S3 di negeri tirai bambu. Ada berbagai macam beasiswa yang disediakan, ada yang sifatnya beasiswa penuh. Hal ini tergantung dari cara kamu mendaftar beasiswa ini. Jika melalui Kedubes China di Indonesia, maka kamu bisa mendapat beasiswa full atau parsial. Tapi, jika kamu mendaftar secara langsung di universitas tujuanmu, maka kamu akan mendapat beasiswa penuh. Untuk cakupan pembiayaan dari beasiswa penuhnya meliputi biaya kuliah, tempat tinggal, asuransi kesehatan, buku, dan uang saku. Sedangkan untuk beasiswa parsial biasanya hanya biaya kuliah atau bisa juga hanya salah satu atau beberapa macam dari pembiayaan beasiswa penuh. Untuk info lebih lanjut, click disini.

Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam

Beasiswa Government of Brunei Darussalam Scholarship adalah beasiswa fully-funded (penuh) yang disediakan oleh pemerintah Brunei Darussalam untuk jenjang D3, S1 dan S2. Beasiswa ini biasanya dibuka antara bulan Desember – Februari. Beasiswa ini cukup banyak menarik pelajar Indonesia juga loh. Hal ini disebabkan karena letak Brunei yang masih di Asia tenggara dan juga pastinya karena beasiswa ini adalah beasiswa penuh yang mencakup biaya kuliah, biaya hidup bulanan, tiket pesawat, akomodasi, uang buku dan masih ada tunjangan-tunjangan yang lainnya. Untuk info lebih lanjut click disini.

Baca juga: Beasiswa Pemerintah Prefektur Aichi Untuk Kuliah S2 di Jepang

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.