Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Astra untuk Kuliah D3 di Politeknik Manufaktur Astra

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Astra untuk Kuliah D3 di Politeknik Manufaktur Astra

Apakah kamu adalah pelajar kelas 12 SMA/sederajat? Jika iya, bagaimana persiapanmu masuk kuliah? Sudah punya kampus impian atau sedang mencari-cari beasiswa? Nah, kamu wajib tahu info beasiswa satu ini. Politeknik Manufaktur Astra saat ini membuka pendaftaran beasiswa untuk jenjang D3 loh. Beasiswa yang ditawarkan berupa biaya kuliah selama masa studi di Politeknik Manufaktur Astra. Jika kamu tertarik untuk mendaftar, yuk baca dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa D3 di Politeknik Manufaktur Astra berikut ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memastikan Program Studi yang Tersedia

Sebelum memulai proses pendaftaran, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui program studi apa saja yang bisa kamu daftari di Politeknik Manufaktur Astra. Pihak Politeknik Manufaktur Astra menawarkan 6 program studi yang bisa kamu daftar, yaitu Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi, Teknik Produksi dan Proses Manufaktur, Manajemen Informatika, Mesin Otomotif, Mekatronika, dan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung. Untuk memastikan lebih lanjut atau secara detail tentang program-program studi tersebut, kamu bisa mengeceknya melalui website resmi Politeknik Manufaktur Astra.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa IDEAS untuk Pelajar dan Mahasiswa

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Setelah memastikan program studi tujuanmu, saatnya mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaran. Dokumen-dokumen yang perlu kamu siapkan meliputi salinan akta kelahiran, salinan kartu keluarga, salinan slip gaji orang tua atau surat keterangan tidak mampu, foto berwarna, salinan slip rekening listrik, serta surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2020/2021 yang ditandatangani oleh kepala sekolah.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Event Hunter Indonesia untuk Program Pertukaran Pemuda Asia ke Korea Selatan

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Pengisian formulir pendaftaran online dapat kamu akses disini. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun pendaftaran dengan mengisi email dan kata sandi. Selanjutnya cek emailmu untuk proses aktivasi akun. Setelah melakukan aktivasi akun, kamu sudah bisa login untuk mengisi formulir pendaftaranmu. Pada formulir pendaftaran online kamu harus melengkapi jalur pendaftaran, data pribadi, data orang tua, data sekolah, nilai, mengupload berkas, serta melengkapi data program studi tujuan. Selanjutnya simpan data dan cetak kartu ujianmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa IDEAS untuk Program Pemuda Delegasi Indonesia Batch 5 ke Australia

Mengikuti Seluruh Tahapan Seleksi

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, pendaftar akan diminta untuk mengikuti tahapan seleksi yang telah ditentukan oleh pihak Politeknik Manufaktur Astra. Pendaftar yang lolos dalam seleksi administrasi atau seleksi dokumen akan diminta untuk mengikuti tes potensi akademik. Tes potensi akademik akan dilaksanakan secara online. Kamu bisa mempersiapkan diri dengan mempelajari soal-soal TPA di internet. Kamu juga bisa menonton tips dan trick mengerjakan soal TPA melalui Youtube.

Tahapan seleksi selanjutnya adalah softskill assessment. Pihak Politeknik Manufaktur Astra akan menginformasikan secara detail mengenai tata cara pelaksanaan dalam tahapan seleksi ini. Persiapkan dirimu dengan baik seperti melatih kemampuan/keterampilan di bidang yang kamu kuasai atau bidang yang sesuai dengan program studi tujuanmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa International Youth Leadership untuk Program Pertukaran Pemuda di Korea Selatan

Selain itu, ada juga seleksi wawancara. Pada saat wawancara pastikan jaringan internetmu stabil karena pelaksanaan wawancara dilakukan secara online. Tahapan seleksi terakhir adalah verifikasi hasil tes kesehatan. Di tahapan ini, pihak Politeknik Manufaktur Astra akan menyeleksi pendaftar yang dengan kondisi kesehatan yang stabil untuk mengikuti proses perkuliahan. Jadi, selalu jaga kondisi kesehatanmu agar kamu bisa menjadi salah satu penerima beasiswa di Politeknik Manufaktur Astra.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Penggerak Pendidikan untuk Mahasiswa D3 D4 S1

Leave a Reply

Your email address will not be published.