Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Bakti BCA

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Bakti BCA

Beasiswa Bakti BCA merupakan program beasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa semester 5. Jadi, bagi kamu yang masih semester awal, kamu bisa menunggu pendaftaran tahun selanjutnya sambil mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaranmu. Para penerima beasiswa Bakti BCA akan mendapatkan biaya kuliah, biaya penunjang akademik, serta pelatihan. Wow, keren kan. Makanya ayo daftar secepatnya. Tapi, sebelum itu baca dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa Bakti BCA berikut ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memastikan Info Pendaftaran di Universitas Masing-Masing

Sebelum melakukan proses pendaftaran, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan info pendaftaran beasiswa Bakti BCA di universitasmu. Setiap universitas bisa saja menetapkan persyaratan-persyaratan dokumen dan deadline pendaftaran yang berbeda dengan universitas lain. Oleh karena itu, pastikan dulu info pendaftarannya di bagian akademik universitasmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Pascasarjana untuk Kuliah S2 di UGM

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Setelah mengetahui persyaratan dokumen yang harus kamu penuhi, saatnya mulai mempersiapkannya. Dokumen-dokumen ini nantinya akan menjadi penilaian dari pihak beasiswa untuk menentukan layak atau tidaknya kamu untuk menerima beasiswa. Secara umum dokumen-dokumen pendaftaran yang harus dipersiapkan meliputi, salinan Kartu Tanda Mahasiswa, salinan transkrip nilai, salinan Kartu Tanda Penduduk, foto terbaru, slip gaji orang tua/wali atau surat keterangan penghasilan orang tua/wali, salinan Kartu Keluarga, surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa, surat keterangan membutuhkan bantuan finansial, surat keterangan bukan perokok aktif, surat pernyataan/permohonan beasiswa, salinan bagian depan buku tabungan, serta dokumen-dokumen persyaratan lain yang ditetapkan oleh universitas masing-masing. Dokumen-dokumen di atas bisa saja berbeda dengan dokumen yang diminta oleh pihak akademik di universitasmu. Jadi, jangan jadikan dokumen-dokumen ini sebagai patokan.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Perekrutan Anggota TNI Angkatan Laut

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Salah satu langkah yang harus kamu lakukan dalam proses pendaftaran adalah mengisi formulir pendaftaran online. Formulir pendaftaran online dapat diakses di http://bit.ly/beasiswabaktibca2020. Pada formulir pendaftaran online, pastikan kamu melengkapinya selengkap mungkin. Selain itu, pastikan untuk mengisi data dengan benar dan jujur. Pada formulir pendaftaran online, kamu akan diminta untuk melengkapi data diri, data universitas, IPK, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, data keluarga, data orang tua/wali, penghasilan orang tua/wali perbulan, serta beberapa essay singkat yang harus kamu lengkapi mengenai seberapa layak kamu mendapatkan beasiswa ini.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Indofood Riset Nugraha

Mengumpulkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Setelah melakukan pendaftaran online, kamu bisa mengumpulkan dokumen-dokumen pendaftaranmu di bagian akademik di universitasmu. Pastikan untuk melengkapinya sesuai yang dipersyaratkan. Setelah mengumpulkan di bagian akademik, pihak universitasmu yang akan mengumpulkannya ke pihak beasiswa Bakti BCA.

Baca juga: Cara Mendaftarkan dan Mendapatkan Beasiswa PSB UII

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.