Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Gates Cambridge

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Gates Cambridge

Beasiswa Gates Cambridge adalah program beasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa jenjang S2 dan S3. Beasiswa ini didanai oleh Bill and Melinda Gates Foundation. Program beasiswa ini merupakan beasiswa fully funded atau beasiswa penuh untuk kuliah di Universitas Cambridge, Inggris. Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa ini, sebaiknya baca dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa Gates Cambridge berikut ini: Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memilih Jurusan Tujuan di Formulir Pendaftaran Online

Formulir pendaftaran online dapat diakses disini. Jika kamu belum memiliki akun pendaftaran, buatlah akun terlebih dahulu dengan mengklik tombol register. Lengkapi email dan passwordmu. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi email agar akun pendaftaranmu diaktifkan.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa WCO untuk Kuliah S2 di Aoyama Gakuin University Jepang

Setelah melakukan verifikasi, kamu bisa login. Tahap pertama yang harus kamu lalui adalah memilih jurusan terlebih dahulu. Kamu bisa mengklik tombol course directory. Setelah itu, kamu bisa memilih jenjang pendidikan tujuanmu (S2 atau S3), jenis perkuliahan (coursework atau by research), serta durasi kuliah (full-time atau part-time).

Setelah kamu memilih jurusan tujuanmu, kamu akan diarahkan ke website yang menampilkan persyaratan, persyaratan dokumen, cara mendaftar, serta deadline pendaftaran di jurusan tujuanmu. Sebaiknya jangan terlalu terpaku pada deadline pendaftarannya, karena jika kuota penerimaan sudah terpenuhi, pihak jurusan akan menutup pendaftaran online. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mendaftar seawal mungkin.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Schwarzman untuk Kuliah S2 di China

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Setelah kamu mengetahui persyaratan dokumen dari jurusan tujuanmu, kamu bisa mulai mempersiapkannya. Pada dasarnya, pihak jurusan mempersyaratkan ijazah dan transkrip nilai dari pendidikan sebelumnya, CV atau resume, surat rekomendasi, sertifikat kemampuan Bahasa Inggris, essay, serta proposal riset (khusus untuk pendaftar jenjang S3). Jika kamu memilih perkuliahan by research, kamu juga akan diminta untuk mengupload proposal riset. Selain persyaratan-persyaratan tersebut, pihak jurusan biasanya akan mencantumkan persyaratan tambahan di websitenya.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa ESOP dan ETH-D untuk Kuliah S2 di ETH Zurich Swiss

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaranmu, kamu bisa kembali login dan melengkapi formulirmu. Pendaftaran beasiswa Gates Cambridge cukup dilakukan bersamaan dengan pendaftaranmu di jurusan tujuanmu. Jika kamu mendaftar lebih dari satu jurusan, maka kamu harus melakukan pendaftaran secara terpisah di setiap jurusan tujuanmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S1 di Ton Duc Thang University Vietnam

Pada formulir pendaftaran, kamu akan diminta untuk melengkapi data diri, mengupload dokumen-dokumen pendaftaran, serta memilih jenis funding/beasiswa. Pada formulir pendaftaranmu pastikan kamu memilih beasiswa Gates Cambridge. Pengisian formulir pendaftaran bisa dilakukan secara bertahap.

Artinya, kamu bisa menyimpan data yang telah kamu lengkapi dan kembali melengkapi formulirmu di hari yang lain. Pastikan untuk mengecek ulang pengsian formulirmu sebelum menekan tombol submit. Jangan sampai kamu salah mengupload dokumen atau mengisi data dirimu dengan data yang salah.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa The Thai Nguyen University of Technology untuk Kuliah S1 S2 di Vietnam

Poin Penilaian Penting Beasiswa Gates Cambridge

Hal utama yang dinilai dari dokumen-dokumen pendaftaran adalah essay yang bersisi statement of purpose serta surat rekomendasi. Essay yang ditulis pendaftar dengan batasan maksimal 500 kata harus menjelaskan alasan mendaftar beasiswa Gates Cambridge. Melalui essay, pihak beasiswa akan menilai siapa dan bagaimana potensi yang dimiliki pendaftar, kemampuan  akademik, kepemimpinan, serta komitmennya untuk berkontribusi terhadap masyarakat di masa depan. Pendaftar juga harus melampirkan seperti apa pencapaian, pengalaman, serta rencana masa depannya dalam essaynya.

Selain essay, surat rekomendasi juga menjadi pertimbangan utama untuk meloloskan pendaftar. Pihak beasiswa meminta dua surat rekomendasi yang berasal dari orang yang benar-benar mengenal pendaftar dengan baik. Surat rekomendasi tidak boleh berasal dari teman ataupun keluarga. Pendaftar bisa meminta dari dosen, atasan, ataupun dari senior di organisasi. Pemberi rekomendasi harus benar-benar mengenal pendaftar sehingga mampu menuliskan seberapa pantas pendaftar untuk menerima beasiswa ini dan apakah pendaftar benar-benar memenuhi kriteria yang dicari oleh pihak beasiswa Gates Cambridge.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa INPEX di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published.