Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Global Youth Action untuk Program Exchange ke Korea Selatan

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Global Youth Action untuk Program Exchange ke Korea Selatan

Global Youth Action merupakan sebuah organisasi pemuda yang sangat memperhatikan dunia pendidikan. Salah satu bentuk dukungannya terhadap dunia pendidikan, Global Youth Action membuka kesempatan beasiswa bagi para pemuda untuk menjelajahi dunia pendidikan di Korea Selatan. Ada yang tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan exchange keren ini? Bagi kamu yang ingin mendaftar program exchange ini, sebaiknya baca dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa Global Youth Action untuk program exchange ke Korea Selatan berikut ini: Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memahami Jalur Pendaftaran

Sebelum melakukan proses pendaftaran, pendaftar harus memahami dulu jalur pendaftaran beasiswa ini. Panitia pelaksana program exchange ke Korea Selatan ini menetapkan 3 jalur pendaftaran, yaitu jalur fully funded, partial funded, serta self funded. Ketiga jalur ini tentunya memiliki persyaratan yang berbeda. Tidak hanya dalam segi persyaratan, tapi juga dalam hal proses seleksi dan tingkat persaingannya. Jalur fully funded dan partial funded tentunya akan lebih ketat proses seleksinya dibandingkan dengan jalur self funded. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memahami dulu ketiga jalur ini sebelum melakukan pendaftaran.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa WCO untuk Kuliah S2 di Aoyama Gakuin University Jepang

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Setiap jalur pendaftaran memiliki link pendaftaran yang berbeda-beda. Untuk jalur fully funded, pendaftar bisa mengaksesnya disini. Sedangkan untuk jalur partial funded, pendaftar bisa mengaksesnya disini. Untuk jalur terakhir yaitu jalur self funded, pendaftar bisa mengaksesnya disini. Pada formulir pendaftaran online, pendaftar hanya perlu mengisi data diri dengan jujur dan lengkap. Selain itu, pastikan kamu mengisinya dengan teliti agar tak ada kesalahan-kesalahan pengetikan.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Schwarzman untuk Kuliah S2 di China

Membayar Biaya Registrasi

Setelah mengisi formulir pendaftaran online, pendaftar bisa melanjutkan ke proses pembayaran biaya registrasi. Terdapat dua paket pembayaran, yaitu paket Myeongdong senilai 100.000 Rupiah dan paket Itaewon senilai 200.000 Rupiah. Perbedaan jumlah pembayaran ini tidak menjadi patokan dalam proses seleksi. Perbedaan jumlah pembayaran ini didasarkan pada jumlah benefit yang akan didapatkan pendaftar. Pendaftar yang memilih paket Itaewon akan mendapatkan benefit yang lebih banyak dibandingkan dengan pendaftar yang memilih paket Myeongdong. Pembayaran bisa dilakukan melalui Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA, Bank Mandiri, OVO, gopay, Dana, serta Link Aja. Setelah melakukan pembayaran, pastikan untuk melakukan konfirmasi pembayaran disini. Bagi pendaftar yang kesulitan untuk melakukan proses pembayaran bisa menonton video tutorial pembayaran disini.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa ESOP dan ETH-D untuk Kuliah S2 di ETH Zurich Swiss

Share Poster dan Konfirmasi

Langkah selanjutnya adalah share poster. Sebelum melakukan share poster, pendaftar harus mendownload poster serta captionnya terlebih dahulu disini. Selanjutnya, pendaftar bisa memilih 3 cara dalam menshare poster. Pertama, memposting poster dan captionnya di Feed Instagram. Kedua, memposting poster di Instastory dan tag 10 teman. Ketiga, share poster dan captionnya di group WhatsApp atau Line minimal ke 5 group. Setelah melakukan share poster, langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi. Konfirmasi dikirimkan melalui pesan WhatsApp ke nomor 082124699003 atau 082124699005 atau 081388868406.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S1 di Ton Duc Thang University Vietnam

Seleksi Tahap I

Setelah melakukan pendaftaran, pembayaran, dan share poster pendaftar akan diarahkan untuk mengikuti seleksi tahap I. Pada seleksi tahap pertama, pendaftar akan melakukan Online Based Test (OBT) yang merupakan tes yang terdiri dari soal pilihan ganda serta soal essay. Pendaftar akan diberikan jadwal serta link untuk mengakses OBT maksimal H-1 sebelum tes dilaksanakan. Materi OBT berisi tentang pengetahuan internasional dan sustainable development goals sebanyak 30 soal pilihan ganda, pendidikan dan kebudayaan di Indonesia dan Korea Selatan sebanyak 50 soal pilihan ganda, psikotes sebanyak 50 soal pilihan ganda, serta tes kepribadian sebanyak 5 soal essay.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa The Thai Nguyen University of Technology untuk Kuliah S1 S2 di Vietnam

Seleksi Tahap II

Pendaftar yang lolos dalam seleksi tahap pertama akan dihubungi untuk mengikuti seleksi tahap II. Seleksi tahap kedua berisi seleksi berkas, video, serta wawancara. Pada seleksi berkas, pendaftar akan diminta untuk mengirimkan CV atau riwayat hidup, foto formal, serta sertfikat-sertifikat prestasi atau pengalaman (jika ada). Selanjutnya untuk video, pendaftar diminta untuk membuat video bertema “Diriku dan Impianku”  dengan durasi 3 menit. Kamu bisa meminta bantuan teman atau keluargamu untuk mereview video yang kamu buat agar hasil videomu lebih baik. Fokuskan pada penyampaianmu secara detail. Jangan terlalu berfokus untuk membuat video dengan editing luar biasa namun melupakan konten atau isi sesungguhnya yang harus dinilai oleh reviewer. Selanjutnya wawancara, pelaksanaan wawancara dilakukan secara online melalui video call, Zoom, ataupun Google Meet. Pastikan koneksi internetmu lancar selama wawancara berlangsung.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa INPEX di Jepang

Pengumuman

Pendaftar yang lolos dalam semua tahapan seleksi dan berhasil mendapatkan beasiswa fully funded untuk program exchange ke Korea Selatan akan diumumkan pada tanggal 30 September 2020. Pengumuman akan disampaikan melalui website resmi Global Youth Action. Jadi, pastikan kamu tidak ketinggalan pengumuman pentingnya.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Queen Margaret University untuk Kuliah S1 dan S2 di Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published.