Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa INPEX di Jepang

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa INPEX di Jepang

Beasiswa INPEX adalah program beasiswa yang didanai oleh INPEX Foundation yang merupakan sebuah organisasi nonprofit di Jepang. Beasiswa ini selalu ditunggu-tunggu oleh para pemburu beasiswa karena memberikan cakupan beasiswa yang lengkap seperti biaya kuliah, biaya hidup, biaya pesawat, serta berbagai tunjangan lainnya. Gimana, ada yang tertarik? Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa ini, sebaiknya baca dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa INPEX berikut ini: Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Dokumen-dokumen pendaftaran adalah hal penting yang harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Karena beberapa dokumen tidak bisa selesai dalam waktu singkat, beberapa dokumen membutuhkan waktu pengerjaan yang tidak sebentar. Selain waktu pengerjaannya, dokumen-dokumen tertentu juga membutuhkan usaha maksimal agar hasilnya lebih berkualitas. Semakin baik kualitas dokumen-dokumen pendaftaran, maka tentunya akan semakin besar pula peluang pendaftar untuk mendapatkan beasiswa.

Dokumen-dokumen pendaftaran yang harus dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa INPEX meliputi 2 foto ukuran 5 cm x 3.5 cm, ijazah dan transkrip nilai, surat rekomendasi, riwayat hidup atau CV, surat keterangan sehat dari rumah sakit, sertifikat kemampuan Bahasa Inggris baik TOEFL ataupun IELTS, sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (jika ada), LoA dari universitas atau institusi riset di Jepang (jika ada), serta LoA dari pembimbing/professor.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Queen Margaret University untuk Kuliah S1 dan S2 di Inggris

Untuk mendapatkan LoA dari pembimbing/professor, pendaftar harus menghubungi professor secara pribadi melalui email. Pendaftar bisa mengirimkan CV dan proposal penelitian serta dokumen-dokumen pendukung lainnya untuk meyakinkan professor. Jika professor tersebut tertarik dengan pendaftar, biasanya akan diinformasikan untuk melakukan wawancara. Jika professor menerima pendaftar, maka LoA bisa didapatkan untuk dilampirkan dalam dokumen-dokumen pendaftaran yang lain.

Untuk mendapatkan LoA dari universitas atau institusi riset yang ada di Jepang, pendaftar harus mendaftar terlebih dahulu. Proses pendaftaran biasanya dapat dilakukan secara online dengan mengirimkan dokumen-dokumen pendaftaran melalui email. Untuk persyaratan, persyaratan dokumen, serta jadwal pendaftaran, biasanya sudah tersedia di website tiap universitas. LoA dari universitas bersifat opsional. Artinya, jika sudah ada pendaftar bisa melampirkannya. Namun, jika belum ada, pendaftar bisa tetap mendaftar beasiswa INPEX.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Varadi untuk Kuliah S1 S2 di Inggris

Mengisi Formulir Pendaftaran

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran dapat didownload di https://www.inpex-s.com/pdf/2021-Scholarship-application-form.pdf. Pendaftar harus melengkapi data diri seperti nama lengkap, gender, status pernikahan, tempat dan tanggal lahir, umur, kewarganegaraan, agama, alamat lengkap, nomor telepon/HP, email, nama institusi/kantor (bagi yang sudah bekerja), NIP (jika ada), alamat kantor, dan nomor telepon kantor.

Selain itu, pendaftar juga harus melengkapi data orang tua atau wali, data universitas/kampus, IPK, serta latar belakang pendidikan dari Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi. Pendaftar juga diminta untuk melengkapi data-data kemampuan berbahasa seperti pengalaman belajar Bahasa Jepang (jika pernah), kemampuan Bahasa Jepang (dengan level good, fair, atau poor), skor TOEFL/IELTS, skor JLPT.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Chulabhorn Graduate Institute untuk Kuliah S2 di Thailand

Pendaftar juga diminta untuk menuliskan bidang penelitian dengan batasan maksimal 150 kata dan deskripsi program penelitian pendaftar dengan batasan 500 kata. Pendaftar bisa menggunakan Bahasa Inggris ataupun Bahasa Jepang untuk melengkapi bagian ini. Selanjutnya, pendaftar juga diminta untuk menjelaskan kondisi kesehatannya. Pendaftar juga harus mendeskripsikan alasan memilih universitas dan professor yang akan membimbing pendaftar nantinya.

Selain itu, pendaftar juga harus menjelaskan rencananya setelah menyelesaikan kuliah. Pendaftar sebaiknya menuliskan rencananya secara detail. Data pengalaman kerja juga harus dilampirkan di formulir pendaftaran, seperti nama kantor, tahun mulai bekerja, posisi, dan jenis pekerjaan. Pada bagian akhir formulir pendaftaran, pendaftar harus mengisi tanggal, tanda tangan, serta nama lengkap.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Singapore International Award untuk Kuliah S3 di Singapore

Mengirimkan Formulir dan Dokumen Pendaftaran

Setelah melengkapi formulir pendaftaran, langkah selanjutnya adalah mengirimkan formulir serta dokumen-dokumen pendaftaran lainnya. Dokumen-dokumen pendaftaran bisa dikirimkan melalui pos. Seluruh dokumen-dokumen pendaftaran dimasukkan dalam amplop dan tuliskan “APPLICATION FOR SCHOLARSHIP” pada amplop tersebut. Selanjutnya kirimkan ke alamat INPEX Masela, Ltd. Jakarta Office, Sentral Senayan 1 Building 18th Floor, Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta Pusat 10270, Indonesia.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa the Asian Peacebuilders

Leave a Reply

Your email address will not be published.