Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Kaltim Tuntas

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Kaltim Tuntas

Beasiswa Kaltim Tuntas merupakan program beasiswa yang berasal dari pemerintah Kalimantan Timur. Beasiswa ini hanya ditujukan bagi para putra-putri asal Kalimantan Timur. Salah stau keunggulan beasiswa ini adalah tersedia untuk berbagai jenjang pendidikan mulai D1, D2, D3, D4, S1, S2, bahkan S3. Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, kamu bisa mematangkan persiapan pendaftaranmu dengan membaca cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa Kaltim Tuntas. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memastikan Jalur Pendaftaran

Beasiswa Kaltim Tuntas memiliki beberapa jalur pendaftaran. Oleh karena itu, pendaftar harus memastikan jalur pendaftarannya sebelum memulai proses pendaftaran. Jalur pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas terbagi atas jalur umum dan jalur khusus. Jalur umum terbagi lagi menjadi jaluur umum prestasi akademik dan jalur umum prestasi non-akademik. Untuk itu, pastikan jalur pendaftaranmu terlebih dahulu dan ketahui persyaratan-persyaratannya. Karena jalur umum dan jalur khusus tentunya memiliki persyaratan yang berbeda.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S1 Tahfidz di Telkom University

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Setelah memastikan jalur pendaftaran, kamu bisa mulai mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaran. Dokumen-dokumen pendaftaran ini akan diupload pada saat pengisian formulir pendaftaran online. Sehingga semakin awal kamu mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaranmu, semakin awal pula kamu bisa mengisi formulir pendaftaran. Secara umum, dokumen-dokumen yang harus disiapkan meliputi kartu mahasiswa, surat keterangan aktif kuliah, kartu rencana studi (KRS) yang sedang berjalan, transkrip nilai, foto buku rekening yang sesuai dengan identitas diri, surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa lain, slip pembayaran SPP atau UKT, serta persyaratan-persyaratan tambahan sesuai jalur pendaftaran yang dipilih.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Program Beasiswa Unggulan UISI

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Pengisian formulir pendaftaran online dapat diakses di https://tuntas.kaltimtuntas.id/tuntas. Langkah pertama, pendaftaran harus memiliki akun pendaftaran. Untuk pembuatan akun, kamu akan diminta untuk memilih jalur pendaftaran. Selanjutnya, mengisi data diri seperti nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), jenjang pendidikan, semester, universitas, biaya SPP/UKT, nomor whatsapp, serta password.

Setelah memiliki akun pendaftaran, pendaftar bisa login dan mulai mengisi formulir pendaftaran online. Pastikan untuk mengisi selengkap mungkin dan tidak mengosongkan bagian-bagian tertentu. Selain itu, cermatilah pengetikanmu sehingga tidak terjadi kesalahan-kesalahan pengetikan. Perhatikan juga dokumen-dokumen yang kamu upload, jangan sampai tertukar atau salah upload dokumen. Sebelum menekan tombol submit, pastikan untuk mengecek ulang formulir pendaftaranmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Semua Sekolah

Pengumuman

Pendaftar yang dinyatakan lolos akan dihubungi oleh pihak beasiswa Kaltim Tuntas baik melalui email ataupun melalui pesan singkat. Untuk itu, pastikan nomor HP atau email yang kamu daftarkan selalu aktif selama proses pendaftaran berlangsung. Untuk update terbaru dapat kamu cek di website resmi beasiswa Kaltim Tuntas.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa APERTI BUMN

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.