Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Pemuda Semangat Bantu Bangsa (PSBB)

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Pemuda Semangat Bantu Bangsa (PSBB)

Beasiswa Pemuda Semangat Bantu Bangsa atau beasiswa PSBB adalah program beasiswa yang ditujukan kepada para mahasiswa ongoing. Beasiswa PSBB ini bertujuan untuk memberikan apresiasi, pembinaan, serta pengembangan diri kepada para mahasiswa. Selanjutnya, para mahasiswa diharapkan untuk mampu terjun langsung untuk berkontribusi terhadap masyarakat. Pembiayaan beasiswa ini meliputi dana beasiswa per bulan serta berbagai program pengembangan diri. Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa ini, matangkan persiapan pendaftaranmu dengan membaca cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa PSBB berikut ini: Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Dokumen-dokumen pendaftaran adalah salah satu bagian terpenting dalam proses pendaftaran. Karena dokumen-dokumen inilah yang akan dinilai oleh pihak beasiswa untuk menentukan layak atau tidaknya pendaftar mendapatkan beasiswa. Untuk itu, pendaftar sebaiknya mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftarannya semaksimal mungkin. Dokumen-dokumen pendaftaran yang harus dipersiapkan meliputi formulir pendaftaran, surat rekomendasi, foto ukuran 4 x 3 sebanyak dua lembar, salinan Kartu Tanda Mahasiswa atau Kartu Tanda Penduduk, Salinan Kartu Keluarga, Salinan transkrip nilai, CV, surat keterangan aktif organisasi, salinan sertifikat prestasi, surat pernyataan komitmen terhadap program ini, serta hasil screenshot share poster. Untuk formulir pendaftaran, surat rekomendasi, dan surat pernyataan komitmen, pihak beasiswa sudah menyediakan formatnya. Format dokumen-dokumen tersebut dapat didownload di http://bit.ly/berkasbeasiswapsbb.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Kejar Mimpi CIMB Niaga

Follow Instagram dan Share Poster

Sebelum melakukan pendaftaran online, pendaftar harus melakukan dua hal ini terlebih dahulu, yaitu follow instagram dan share poster. Pertama, pendaftar harus memfollow akun instagram @psbb_indonesia dan @Semangatbantu. Selanjutnya, pendaftar juga harus share poster beasiswa beserta captionnya ke 5 group WhatsApp. Untuk poster dan caption, pendaftar dapat mendownloadnya di http://bit.ly/berkasbeasiswapsbb. Jangan lupa untuk mensreenshoot bukti share postermu karena hasil screenshoot tersebut harus dikirimkan bersama dokumen-dokumen pendaftaran lainnya.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Jabar Future Leader

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Pengisian formulir pendaftaran online dapat dilakukan di http://bit.ly/daftarbeasiswapsbb. Pada formulir pendaftaran online, pendaftar hanya perlu melengkapi data dirinya, pendidikan, kegiatan organisasi, ataupun kegiatan-kegiatan kerelawanan  di luar kampus. Pastikan kamu melengkapi semua bagian formulir pendaftaranmu. Pastikan juga kamu mengisinya dengan teliti, jangan sampai ada kesalahan-kesalahan pengetikan.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Bakti BCA

Mengirimkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Sebelum mengirimkan dokumen-dokumen pendaftaran, pastikan dokumen-dokumenmu sudah lengkap. Seluruh dokumen-dokumen pendaftaran dikirimkan melalui email ke officialpsbb@gmail.com. Pastikan kamu menyesuaikan subjek emailmu seperti format yang telah ditentukan, yaitu Beasiswa PSBB_Nama Lengkap_Asal Kampus_Kota_Nomor WA.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Pascasarjana untuk Kuliah S2 di UGM

Seleksi Tahap II

Pendaftar yang dinyatakan lolos dalam tahap seleksi pertama atau seleksi administrasi akan dihubungi untuk melanjutkan ke tahapan seleksi kedua. Pada seleksi tahapan kedua, pendaftar akan diminta untuk membuat konten video dengan tema “Dengan kemampuan dan keistimewaan yang dimiliki, kontribusi apa yang akan diberikan untuk masyarakat atau bangsa Indonesia.” Pada dasarnya, pada video ini pendaftar diminta untuk menyampaikan seperti apa bentuk kontribusi yang akan diberikan kepada masyarakat atau bangsa Indonesia. Agar peluangmu lebih besar, berikanlah penjelasan yang detail dalam video yang kamu buat.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Perekrutan Anggota TNI Angkatan Laut

Seleksi Tahap III

Pendaftar yang lolos dalam seleksi tahap dua akan diinformasikan untuk mengikuti tahapan seleksi ketiga. Tahapan seleksi ketiga berupa wawancara online. Pelaksanaan wawancara online dijadwalkan pada tanggal 20 – 22 Agustus 2020. Wawancara online akan dilaksanakan melalui aplikasi ZOOM. Jadi, pastikan koneksi internetmu lancar selama wawancara berlangsung. Selain itu, pastikan juga kamu melakukan wawancara di tempat yang tenang agar proses wawancaramu lebih efektif.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa DataPrint

Pengumuman

Pendaftar yang lolos dalam seluruh tahapan seleksi akan diumumkan sebagai penerima beasiswa Pemuda Semangat Bantu Bangsa (PSBB). Pengumuman akan disampaikan pada tanggal 24 Agustus 2020.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Indofood Riset Nugraha

Leave a Reply

Your email address will not be published.