Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan

Perguruan tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubugan membuka pendaftaran calon Taruna/Taruni, nih. Sekolah ini bersifat ikatan dinas dan menggeratiskan biaya akademik kandidat. Kabar baiknya, pendaftaran ini menampung 2.676 kandidat. Kuota tersebut dibagi menjadi dua jalur, dimana 1.932 bisa melalui jalur Pola Pembibitan Kemenhub, dan 744 kandidat melalui Pola Pembibitan Pemda. Selain itu kamu bisa memilih 18 perguruan tinggi yang tercakup dalam lingkungan Kementerian Perhubungan. Pendaftaran program ini akan berakhir tanggal 23 Juni 2020. Sambil mempersiapkan pendaftaran, ada baiknya kamu memperhatikan artikel kali ini yang akan membahas cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa perguruan tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan ini. Untuk info beasiswa lain, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memilih Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi yang termasuk dalam lingkup Kementerian Perhubungan berjumlah 18 perguruan tinggi. Perguruan tinggi ini tersebar diseluruh Indonesia. Ada 3 jenis pendidikan yang membagi kedelapan belas perguruan tinggi tersebut, yaitu: pendidikan transportasi darat, pendidikan transportasi laut, dan pendidikan transportasi udara. Kamu bisa memilih bidang yang paling kamu minati dari ketiga pilihan tersebut. Lalu, periksa daftar perguruannya. Setelah itu kamu bisa memilih jurusan mana yang paling kamu minati di perguruan tinggi pilihanmu.

Baca juga: Beasiswa Ikatan Dinas untuk Calon Taruna Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan

Memilih Jalur Pendaftaran

Pendaftaran di perguruan tinggi lingkungan Kemeneterian Perhubungan menyediakan 2 jalur pendaftaran. Kedua jalur tersebut adalah porgram pola pembibitan kemenhub dan program pola pembibitan pemda. Pola pembibitan kemenhub membuka kuota pendaftaran sebanyak 2.676 kandidat. Jalur pembibitan kemenhub ini terbuka untuk seluruh calon pendaftar seluruh Indonesia. Kamu juga bebas memilih perguruan tinggi bahkan jika itu bukan perguruan tinggi yang ada di daerah asalmu. Berbeda dengan pola pembibitan pemda yang hanya terbuka bagi kandidat yang ingin studi di perguruan tinggi daerah asalnya. Contoh, kamu hanya bisa mendaftar politeknik ilmu pelayaran Makasar jika kamu berasal dari Makasar. Lalu jalur pola pembibitan pemda hanya bisa didaftarkan melalui pemda asal daerah masing-masing.

Baca juga: Beasiswa Ikatan Dinas Penerimaan Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Memperhatikan Persyaratan

Cukup banyak persyaratan yang harus kamu perhatikan ketika ingin mendaftar ke salah satu sekolah politeknik Kementerian Perhubungan. Sehingga kamu perlu perhatikan dengan teliti baik itu persyaratan umum maupun persyaratan dokumen. Terutama beberapa persyaratan yang memerlukan legalisir seperti rapor dan ijazah. Selain itu pastikan kamu memenuhi persyaratan kondisi tubuh, seperti tinggi badan dan kesehatan badan. Nah, maka dari itu kamu perlu untuk mempersiapkan dari sekarang. Jangan lupa untuk memperhatikan format dokumen yang harus kamu kumpulkan ya. Jangan sampai keliru.

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru Ikatan Dinas di Politeknik Statistika (STIS)

Membayar Biaya Pendaftaran

Proses pendaftaran bisa kamu lanjutkan setelah kamu membayar biaya pendaftaran. Jumlah biaya pendaftaran ini berbeda untuk setiap perguruan tinggi. Kamu bisa mengeceknya di web resmi. Disana juga akan disebutkan kemana kamu harus mengirim uang pendaftaran tersebut. Setelah membayar, jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran. Nantinya bukti pembayaran tersebut harus kamu berikan sebelum membuat akun di portal resmi.

Baca juga: Beasiswa Kuliah Ikatan Dinas di Politeknik Siber dan Sandi Negara

Melakukan Pendaftaran

Pendaftaran dibuka sejak tanggal 8 Juni 2020 lalu, dan akan ditutup 23 Juni 2020 mendatang. Setelah mempersipakan segala persyaratan dokumen yang kamu perlukan, maka kamu bisa mulai melakukan pendaftaran. Di tahap pendaftaran ini, ketelitian akan sangat dibutuhkan. Karena jika kamu salah mengisi atau mengunggah dokumen, maka kamu akan gugur di tahap seleksi administrasi. Walaupun kamu memiliki kapasitas yang baik sebagai kandidat, namun jika salah di tahap ini, kamu akan dinyatakan gugur.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Kuliah Ikatan Dinas di Politeknik Siber dan Sandi Negara

Mengikuti Tahapan Selanjutkan

Jika lulus seleksi administrasi, kamu akan melalui serangkaian seleksi lainnya yang menggunakan sistem gugur. Sistem gugur berarti kamu dinyatakan tidak lolos jika gagal meraih standar pada salah satu tahapan seleksi. Nah, tahapan yang akan kamu lalui adalah seleksi SKD, pelaksanaan tes kesehatan, psikotes, lalu wawancara. Tahapa seleksi ini memang telah ditetapkan di tanggal  tertentu. Tapi jadwal tersebut bisa saja berubah, menyesuaikan status tanggap darurat non bencana pandemi covid-19. Jadi jangan lupa untuk rutin memeriksa web resmi pendaftaran, ya.

Baca juga: Daftar Sekolah Tinggi Ikatan Dinas Favorit di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.