Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Ruang Kreasi untuk Pelajar dan Mahasiswa Dalam Negeri

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Ruang Kreasi untuk Pelajar dan Mahasiswa Dalam Negeri

Halo para pejuang beasiswa! Apakah kamu sudah tahu tentang beasiswa Ruang Kreasi? Sebuah startup online, yaitu Ruang Kreasi saat ini membuka kesempatan beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa. Beasiswa ini memberikan dana beasiswa serta berbagai kesempatan menarik bagi para penerima beasiswanya. Untuk itu, jangan sampai kamu melewatkan beasiswa ini. Yuk matangkan persiapan pendaftaranmu dengan membaca artikel berikut ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memahami Buku Panduan

Sebelum memulai proses pendaftaran, sebaiknya kamu memulai dengan mendownload buku panduan beasiswa Ruang Kreasi. Kamu bisa men download buku panduan disini. Hal ini dilakukan untuk memahami seluk-beluk beasiswa dari Ruang Kreasi ini. Di buku panduan sudah dijelaskan dengan lengkap mengenai persyaratan, tata cara pendaftaran, tahapan seleksi, beserta deadlinenya. Oleh karena itu, pastikan kamu membaca buku panduan dengan teliti sebelum melakukan pendaftaran.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa SejutaCita

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Setelah memahami isi dari buku panduan, kamu bisa melanjutkannya dengan mengisi formulir pendaftaran online. Pengisian formulir pendaftaran online dapat kamu akses disini. Kamu hanya perlu melengkapi data diri selengkap mungkin. Pastikan untuk mengisinya dengan data yang benar dan jujur. Pastikan juga kamu memperhatikan pengetikanmu dengan teliti, jangan sampai ada kesalahan-kesalahan pengetikan yang justru akan membuatmu gagal untuk mendapatkan beasiswa.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Youth Abroad Expedition ke Malaysia

Follow, Subscribe, Share, dan Konfirmasi

Pihak beasiswa Ruang Kreasi menetapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap pendaftar, seperti follow Instagram, subscribe Youtube, share poster dan twibbon, serta melakukan konfirmasi kepada panitia. Kamu bisa memulai dengan follow Instagram @ruangkreasi dan @ydi.id. Selanjutnya, kamu juga harus subscribe Channel Youtube Ruang Kreasi Indonesia. Salah satu bagian penting yang tak boleh ketinggalan adalah share twibbon dan poster di Instagram. Kamu bisa mendownload poster, twibbon, beserta captionnya disini. Terakhir lakukan konfirmasi follow, subscribe, dan share disini.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Astra untuk Kuliah D3 di Politeknik Manufaktur Astra

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran dan Menguploadnya

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaranmu. Dokumen-dokumen yang dipersyaratkan oleh pihak beasiswa tentunya berbeda antara pendaftar untuk kategori pelajar dan pendaftar untuk kategori mahasiswa. Dokumen-dokumen yang harus disiapkan meliputi: kartu pelajar atau kartu mahasiswa, scan nilai rapor dari semester awal hingga semester terakhir (bagi pendaftar SMA/sederajat), bagi pendaftar yang masih belum memiliki rapor bisa menggantinya dengan nilai rapor SMP dan nilai ujian nasional, KRS terakhir dan nilai IPK (bagi pendaftar mahasiswa), CV, serta sertifikat prestasi/kegiatan/organisasi (jika ada). Selanjutnya, upload dokumen-dokumen pendaftaranmu disini.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa IDEAS untuk Pelajar dan Mahasiswa

Psikotes dan Tes Pengetahuan Umum

Pendaftar yang lolos dalam seleksi administrasi atau seleksi dokumen akan mendapatkan informasi dari panitia untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Informasi akan disampaikan baik melalui email maupun melalui WhatsApp. Jadi, pastikan email dan WhatsApp yang kamu daftarkan selalu aktif selama periode pendaftaran dan seleksi. Di tahapan ini, pendaftar akan mengerjakan soal psikotes sebanyak 50 soal dan tes pengetahuan umum sebanyak 50 soal. Untuk mempersiapkan diri, kamu bisa mendownload contoh-contoh soal psikotes dan tes pengetahuan umum dari internet ataupun dengan menonton video di Youtube.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Event Hunter Indonesia untuk Program Pertukaran Pemuda Asia ke Korea Selatan

Wawancara

Pendaftar yang lolos dalam seleksi psikotes dan tes pengetahuan umum akan diinformasikan untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yaitu wawancara. Wawancara akan dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom ataupun Google Meet. Saat wawancara berlangsung, pastikan koneksi internetmu stabil dan tidak ada gangguan-gangguan seperti suara-suara bising. Sebelum wawancara, kamu bisa mempersiapkan diri dengan melakukan simulasi wawancara bersama teman ataupun keluargamu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa IDEAS untuk Program Pemuda Delegasi Indonesia Batch 5 ke Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published.