Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S2 di Skoltech Rusia

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S2 di Skoltech Rusia

Skoltech atau Skolkovo Institute of Science and Technology merupakan salah satu institusi pendidikan di Moskow, Rusia. Beasiswa ini ditujukan bagi para mahasiswa S2 di Skoltech. Para penerima beasiswa akan diberikan biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, serta berbagai fasilitas pendukung akademik. Ada yang tertarik? Bagi kamu yang ingin kuliah S2 di Skoltech dengan beasiswa, baca dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa S2 di Skoltech Rusia berikut ini: Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Dokumen-dokumen pendaftaran adalah hal paling awal yang harus dipersiapkan sebelum memulai proses pendaftaran. Karena dokumen-dokumen pendaftaran akan diupload pada saat melakukan pendaftaran online. Pendaftar harus benar-benar mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftarannya dengan sebaik mungkin. Karena, salah satu alasan pendaftar bisa lolos beasiswa adalah dari hasil penilaian dokumen-dokumen pendaftaran. Artinya, semakin baik kualitas dokumen-dokumen pendaftaran, maka semakin besar pula peluang pendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini. Dokumen-dokumen pendaftaran yang harus dipersiapkan meliputi foto, CV, motivation letter, 2 surat rekomendasi, sertifikat kemampuan Bahasa Inggris baik TOEFL ataupun IELTS, sertifikat GRE (jika ada), serta sertifikat-sertifikat prestasi.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S1 di Canadian University Dubai

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaran, pendaftar bisa mulai mengisi formulir pendaftaran online. Formulir pendaftaran online dapat diakses di https://apply.skoltech.ru/event/skoltech_register/1068921/. Pendaftar harus membuat akun pendaftaran terlebih dahulu dengan melengkapi data diri seperti nama, nomor telpon atau HP, email, kewarganegaraan, serta jurusan yang dipilih. Ada beberapa jurusan yang bisa dipilih, yaitu Data Science, Mathematical and Theoretical Physics, Photonics and Quantum Materials, Information Science and Technology, Space and Engineering Systems, Advanced Manufacturing Technologies, Energy Systems, Life Sciences, Petroleum Engineering, serta Material Science. Selanjutnya klik tombol sign up.

Setelah memiliki akun pendaftaran, pendaftar bisa login dan memulai pengisian formulir pendaftaran online. Terdapat tiga menu di formulir pendaftaran online, yaitu profile, education background, serta professional background. Pada menu profile, pendaftar harus melengkapi data diri seperti nama, kontak, alamat lengkap, gender, tanggal lahir, jurusan yang ingin didaftar, serta mengupload foto diri. Setelah melengkapi menu profile, klik tombol Save. Selanjutnya pada menu education background, pendaftar harus melengkapi data-data universitas, jurusan, serta IPK S1 nya. Selain itu, pendaftar juga harus mengupload hasil scan ijazah dan transkrip nilainya.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Denys Holland untuk Kuliah S1 di University of College London Inggris

Menu selanjutnya yaitu menu professional background, pendaftar harus mengopload CV, motivation letter, 2 surat rekomendasi, serta data diri pemberi rekomendasi. Pendaftar juga harus mengisi score kemampuan Bahasa Inggris baik itu TOEFL ataupun ILETS dan mengupload sertifikat hasil tes TOEFL/IELTS. Pendaftar yang memiliki sertifikat dan skor GRE juga boleh menguplodnya pada formulir pendaftaran online. Selain itu, pendaftar juga diminta untuk mengisi topik riset yang akan diteliti saat kuliah serta nama pembimbing yang diinginkan.

Untuk mengetahui data-data pembimbing di Skoltech Rusia, pendaftar bisa mengaksesnya di website resmi Skoltech. Pendaftar bisa melihat data-data para dosen atau professor di jurusan yang akan didaftar. Untuk memilih pembimbing, pendaftar dapat melihat hasil tulisan ilmiah atau jurnal-jurnal para professor di website kampus. Selanjutnya, pendaftar juga diminta untuk mengupload sertifikat-sertifikat prestasi.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa MEXT untuk Kuliah S1 di Jepang

Pada bagian akhir formulir pendaftaran, terdapat bagian additional comments. Pada bagian ini, pendaftar dapat menuliskan keunggulan-keunggulan dirinya dan menuliskan seberapa layak pendaftar untuk menerima beasiswa ini. Klik tombol Save setelah selesai melengkapi formulir pendaftaran online. Selanjutnya, periksa kembali pengisian formulir pendaftaran online. Jangan sampai ada kesalahan-kesalahan pengetikan. Setelah itu klik tombol submit.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S2 S3 di Universitas Adelaide Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published.