Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Saudara Satu Negara untuk Program Exchange ke Jepang

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Saudara Satu Negara untuk Program Exchange ke Jepang

Halo para pejuang beasiswa! Kali ini, Scholars menghadirkan info beasiswa ke Jepang nih. Saat ini Saudara Satu Negara membuka pendaftaran untuk mengikuti program exchange ke Jepang. Program exchange ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada 12 hingga 15 Agustus 2021. Bagi kamu yang tertarik mengikuti program exchange ini, yuk baca dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa Saudara Satu Negara berikut ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memahami Jalur Pendaftaran

Pihak Saudara Satu Negara menetapkan dua jalur pendaftaran yang tentunya memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Untuk jalur pertama, ada jalur normal. Sedangkan jalur kedua adalah jalur premium. Perbedaan di kedua jalur ini terletak pada alur pendaftaran yang harus dilalui oleh tiap pendaftar. Bagi pendaftar yang memilih jalur normal, maka harus mengupload twibbon dan membagikan info program exchange ini. Sedangkan bagi pendaftar yang memilih jalur premium, tidak perlu mengupload twibbon dan membagikan info program exchange ini. Jadi, pastikan kamu memahami ketentuan yang berlaku di tiap jalur pendaftarannya sebelum melakukan proses pendaftaran.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Ruang Kreasi untuk Pelajar dan Mahasiswa Dalam Negeri

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Baik jalur normal maupun jalur premium harus tetap mengisi formulir pendaftaran online. Untuk pengisian formulir pendaftaran online dapat diakses disini. Kamu hanya perlu mengisi data dirimu dengan lengkap seperti nama, email, nomor telepon, alamat, akun media sosial, institusi (sekolah, universitas, ataupun perusahaan), serta alasan mendaftar program ini. Jangan lupa untuk mengecek ulang pengisian formulir pendaftaranmu. Jangan sampai ada kesalahan-kesalahan pengetikan atau data-data yang salah. Selanjutnya, klik tombol submit.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Event Hunter Indonesia untuk Program Pertukaran Pemuda Asia ke Korea Selatan

Mengupload Twibbon dan Membagikan Info Program Exchange

Tahapan ini hanya berlaku bagi kamu yang memilih jalur pendaftaran normal. Sedangkan bagi yang memilih jalur premium, kamu bisa langsung melanjutkan ke tahapan berikutnya. Untuk membuat twibbon, kamu bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu dengan membuat twibbon otomatis disini atau dengan mendownload twibbon manual disini. Selanjutnya upload twibbonmu di Instagram beserta captionnya.

Kamu juga harus membagikan info program exchange ini ke 10 grup WhatsApp atau Line. Kamu bisa melakukannya secara otomatis dengan mengakses disini (untuk grup WhatsApp) atau disini (untuk grup Line). Pastikan kamu mengirimkannya ke 10 grup dan jangan lupa untuk screenshot bukti upload twibbon dan share infomu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa SejutaCita

Membayar Biaya Registrasi

Pembayaran biaya registrasi berbeda antara jalur normal dan jalur premium. Bagi pendaftar jalur normal, kamu harus membayar biaya registrasi senilai 100.000 Rupiah (untuk gelombang pertama yang berakhir di tanggal 10 Januari 2021) dan senilai 125.000 Rupiah (untuk gelombang kedua yang berakhir di tanggal 07 Februari 2021). Sedangkan untuk jalur premium, jumlah pembayaran yang harus dibayarkan lebih tinggi dibandingkan jalur normal. Pendaftar harus membayar biaya registrasi senilai 125.000 Rupiah (untuk gelombang pertama yang berakhir di tanggal 10 Januari 2021) dan senilai 155.000 Rupiah (untuk gelombang kedua yang berakhir di tanggal 07 Februari 2021). Kirimkan biaya pendaftaranmu ke Bank BTPN dengan nomor rekening 90310075552 atas nama Sanggito Aroyogi.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Youth Abroad Expedition ke Malaysia

Menulis Motivation Letter

Motivation letter yang dimaksud adalah berupa essay yang menceritakan tentang alasanmu mendaftar program ini. Sampaikan seperti apa tujuan yang ingin kamu capai selama mengikuti program exchange ini dan juga setelah program ini berakhir. Kamu bisa menuliskan keunggulan-keunggulanmu untuk meyakinkan pihak Suadara Satu Negara bahwa kamu memang pantas menjadi bagian dari program ini. Jangan lupa minta review dari teman ataupun keluargamu sebelum kamu mengirimkan motivation lettermu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Astra untuk Kuliah D3 di Politeknik Manufaktur Astra

Mengirimkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Dokumen-dokumen yang harus kamu kirimkan berupa motivation letter, screenshot upload twibbon dan share info, serta slip pembayaran biaya registrasi. Kamu bisa mengirimkan dokumen-dokumen pendaftaranmu melalui email ke saudarasatunegara@gmail.com dengan subject: SSNTokyo-(Nama Lengkap). Untuk panduan lebih lanjut dapat kamu baca di website Saudara Satu Negara.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa IDEAS untuk Pelajar dan Mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published.