Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa SejutaCita

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa SejutaCita

SejutaCita merupakan sebuah aplikasi digital yang memungkinkan para penggunanya untuk mengakses berbagai event atau kegiatan-kegiatan baik di tingkat nasional maupun internasional. Saat ini, SejutaCita membuka kesempatan beasiswa kepada para pelajar dan mahasiswa. Nah, bagi kamu yang ingin menjadi salah satu penerima dari beasiswa SejutaCita, yuk daftar secepatnya. Tapi, matangkan dulu persiapan pendaftaranmu dengan membaca cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa SejutaCita berikut ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memahami Kategori Beasiswa

Pihak SejutaCita menetapkan beberapa kategori beasiswa yang bertujuan untuk memberikan kesempatan selebar-lebarnya kepada para pendaftar. Terdapat empat kategori beasiswa, yaitu beasiswa siswa berprestasi, beasiswa siswa kurang mampu, beasiswa mahasiswa berprestasi, serta beasiswa mahasiswa kurang mampu. Untuk kategori siswa, beasiswa ini terbuka untuk jenjang SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Sedangkan untuk kategori mahasiswa, beasiswa ini terbuka untuk jenjang D3, D4, S1, dan S2. Setiap pendaftar hanya boleh memilih satu kategori pendaftaran. Jadi, jangan sampai kamu melakukan pendaftaran untuk dua kategori beasiswa. Cukup pilih salah satunya yang paling sesuai dengan kondisimu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Youth Abroad Expedition ke Malaysia

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Dokumen-dokumen pendaftaran adalah salah satu penilaian penting yang akan menentukan lolos atau tidaknya kamu dalam seleksi administrasi atau seleksi dokumen. Untuk itu, mulailah mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratannya seawal mungkin. Dokumen-dokumen yang diminta cukup mudah seperti scan nilai rapor semester terakhir (bagi pendaftar jenjang SMP dan SMA), transkrip nilai semester pertama hingga semester berjalan (bagi pendaftar jenjang D3/D4/S1/S2), khusus untuk pendaftar yang masih belum memiliki nilai rapor atau IPK bisa mengganti dengan nilai rapor/IPK dari jenjang pendidikan sebelumnya, serta sertifikat kegiatan akademik maupun non-akademik.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Astra untuk Kuliah D3 di Politeknik Manufaktur Astra

Follow, Subscribe, dan Share

Persyaratan yang tak boleh kamu lewatkan sebelum melakukan pendaftaran online adalah follow, subscribe, serta share. Setiap pendaftar diwajibkan untuk follow akun Instagram @sejutacita.id dan @sejutacita.futureleaders. Selain itu, pendaftar juga wajib untuk subscribe di Channel Youtube SejutaCita. Selanjutnya, kamu juga diminta untuk share poster, twibbon, serta caption di media sosialmu. Kamu bisa mendownload poster, twibbon, beserta captionnya disini.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa IDEAS untuk Pelajar dan Mahasiswa

Mendaftar Beasiswa

Untuk dapat melakukan proses pendaftaran, kamu harus mendownload aplikasi SejutaCita terlebih dahulu. Kamu dapat mendownload melalui Play Store atau mengaksesnya disini. Setelah mendownload aplikasi, kamu harus membuat akun pendaftaran. Isilah dengan data diri yang benar dan jujur karena data-data itulah yang nantinya akan dinilai oleh pihak beasiswa.

Untuk pendaftaran beasiswa, kamu bisa mengaksesnya dengan tekan tombol event di menu bagian bawah. Selanjutnya pilih tag beasiswa. Kamu bisa memilih salah satu dari empat kategori pendaftaran yang ada. Pastikan kamu mendaftar di kategori yang benar. Klik tombol register dan lengkapi pendaftaran onlinemu sesuai instruksi yang diberikan.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Event Hunter Indonesia untuk Program Pertukaran Pemuda Asia ke Korea Selatan

Wawancara

Pendaftar yang lolos dalam seleksi administrasi akan dihubungi oleh panitia untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, yaitu wawancara. Wawancara dijadwalkan akan dilaksanakan pada 14 Maret hingga 21 Maret 2021. Sebelum wawancara kamu bisa berlatih dengan bantuan teman ataupun keluargamu agar lebih terbiasa. Pada saat wawancara berlangsung, pastikan koneksi internetmu stabil agar wawancaramu berjalan lancar. Selain itu, pastikan untuk menjawab dengan tenang tapi percaya diri.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa IDEAS untuk Program Pemuda Delegasi Indonesia Batch 5 ke Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published.