Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Sekolah Cendekia Baznas untuk Pelajar SMP

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Sekolah Cendekia Baznas untuk Pelajar SMP

Beasiswa Sekolah Cendekia Baznas (SCB) adalah program beasiswa yang ditujukan bagi para lulusan SD/sederajat untuk melanjutkan pendidikannya di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Nantinya para penerima beasiswa akan menempuh pendidikannya di Sekolah Cendekia Baznas yang merupakan sekolah unggulan. Wah, jangan lewatkan kesempatan ini. Karena nantinya kamu tidak hanya akan bersekolah gratis sampai lulus SMP, tapi juga hingga lulus SMA. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Pengisian formulir pendaftaran online dapat diakses disini. Pada formulir pendaftaran online, kamu hanya perlu melengkapi data-datamu sesuai instruksi yang diberikan. Pastikan untuk menyiapkan Kartu Keluarga, akta kelahiran, dan rapor agar kamu bisa melengkapi data-datamu dengan benar dan jujur. Selain itu, kamu juga harus mengupload foto di formulir pendaftaran onlinemu. Pastikan kamu mengisi formulir pendaftaranmu dengan teliti agar tak ada kesalahan-kesalahan pengetikan.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Pemuda Mendunia

Tes Akademik

Tes akademik merupakan salah satu tahapan untuk menyeleksi pendaftar. Untuk itu, persiapkan dirimu dengan sebaik-baiknya sebelum menghadapi tes akademik. Kamu bisa mengulang-ulang pelajaranmu atau mencari contoh-contoh soal tes akademik di internet. Selain itu, kamu juga bisa menonton video-video pembelajaran di Youtube agar persiapanmu makin matang. Perbanyaklah berlatih mengerjakan soal-soal tes akademik sebelum tes berlangsung agar kamu terbiasa.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Bias Future Leader

Wawancara Orang Tua

Pihak sekolah akan melakukan wawancara kepada orang tua pendaftar sebagai salah satu tahapan seleksinya. Jadi, pastikan kamu dan orang tuamu bersiap-siap untuk menghadapi proses wawancara. Kamu tak perlu khawatir karena pihak sekolah tidak akan menanyakan soal-soal ataupun pertanyaan-pertanyaan rumit kepada orang tuamu. Pihak sekolah hanya akan menanyakan seputar kebiasaan-kebiasaanmu, kondisi keluarga, serta pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum. Pastikan untuk menjawab dengan jujur dan tidak dilebih-lebihkan.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Jadi PNS

Survei Faktual

Survei faktual adalah proses survei dimana pihak sekolah akan mendatangkan tim untuk berkunjung ke rumah tiap pendaftar yang telah lolos dalam tahapan sebelumnya. Tujuan diadakannya survei faktual ini adalah untuk memastikan kebenaran dari data-data yang kamu isi pada formulir pendaftaran online. Saat survei faktual, kamu juga harus mengumpulkan dokumen-dokumen berupa fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy rapor kelas IV dan kelas V yang telah dilegalisir oleh sekolah asal, surat keterangan tidak mampu, serta fotocopy sertifikat prestasi (jika ada).

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Language Community

Psikotes dan Tes Baca Al-Qur’an

Pendaftar yang lolos dalam survei faktual akan mengikuti tahapan seleksi akhir berupa psikotes dan tes baca Al-Qur’an. Untuk menghadapi psikotes dan tes baca Al-Qur’an, kamu harus banyak berlatih. Contoh soal-soal psikotes dapat kamu akses dengan mudah melalui internet beserta cara menjawabnya. Untuk tes baca Al-Qur’an, mintalah bantuan guru mengaji atau orang tuamu untuk membantumu memperlancar bacaanmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa TU Delft untuk Kuliah S2 di Belanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.