Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa WCO untuk Kuliah S2 di Aoyama Gakuin University Jepang

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa WCO untuk Kuliah S2 di Aoyama Gakuin University Jepang

Beasiswa WCO atau Beasiswa dari World Customs Organization merupakan program beasiswa yng ditujukan kepada para mahasiswa internasional. Beasiswa ini adalah program beasiswa untuk jenjang S2 di Universitas Aoyama Gakuin di Jepang. Para penerima beasiswa akan mendapatkan biaya kuliah, biaya hidup, serta biaya pesawat. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan semua fasilitas itu, segera daftar beasiswa ini. Untuk mematangkan persiapan pendaftaranmu, baca dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa WCO berikut ini: Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Sebelum memulai proses pendaftaran, sebaiknya kamu memulai dengan mempersiapkan dokumen-dokumen pendaftaran. Hal ini dilakukan karena beberapa dokumen membutuhkan waktu pengerjaan yang tidak sebenatar sehingga harus dipersiapkan sejak awal. Dokumen-Dokumen pendaftaran yang harus kamu persiapkan untuk mendaftar beasiswa WCO meliputi ijazah dan transkrip nilai, sertifikat kemampuan Bahasa Inggris baik TOEFL ataupun IELTS, salinan paspor, serta salinan publikasi yang ditulis dalam Bahasa Inggris baik berupa artikel, jurnal, laporan, skripsi, ataupun, buku. Kamu bisa sambil mempersiapkan dokumen-dokumen ini dan mulai melakukan pendaftaran online.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Schwarzman untuk Kuliah S2 di China

Melakukan Pendaftaran Online

Pendaftaran online dilakukan di https://aoyama.c-direct01.jp/cd/user/Regist/input. Pada formulir pendaftaran online, kamu harus membuat username atau ID serta password. Pastikan kamu menggunakan kombinasi huruf dan angka di ID pendaftaran ataupun passwordmu. Selain itu, pastikan untuk tidak menggunakan spasi pada ID  pendaftaran yang kamu buat. Karena, jika memiliki spasi, pendaftaran akan otomatis tertolak.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa ESOP dan ETH-D untuk Kuliah S2 di ETH Zurich Swiss

Selain mengisi ID pendaftaran dan password, kamu juga harus mengisi email, nama lengkap, umur, gender, kewarganegaraan, pendidikan terakhir, nama perusahaan/instansi, posisi dalam pekerjaan, dan menjawab persyaratan beasiswa WCO berupa pengalaman kerja minimal tiga tahun di bidang bea cukai ataupun administrasi, serta menuliskan sumber informasi tentang beasiswa ini (untuk bagian ini, kamu bisa menuliskan scholars official sebagai sumber informasimu tentang beasiswa WCO).

Setelah melengkapi semua formulir pendaftaran online, klik tombol confirm. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan email berupa verifikasi hasil pendaftaranmu. Jika kamu mendapatkan email verifikasi, artinya ID pendaftaran dan passwordmu bisa digunakan untuk login. Jika tidak, kamu bisa mengecek ulang pengisian formulirmu, kemungkinan ada bagian yang belum lengkap ataupun tidak sesuai standar.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa S1 di Ton Duc Thang University Vietnam

Mendownload Format Dokumen Pendaftaran

Untuk mendownload format dokumen pendaftaran, kamu harus login terlebih dahulu dengan menggunakan ID pendaftaran dan password yang telah kamu buat sebelumnya. Kamu bisa melakukan login di https://aoyama.c-direct01.jp/cd/user/Login/top. Selanjutnya, kamu bisa mulai mendownload format dokumen pendaftaran. Pastikan kamu mendownload semua format dokumen pendaftarannya, total ada tujuh dokumen yang harus kamu download. Tersedia berbagai format file, ada pdf dan excel. Kamu bisa memilih format file yang kamu inginkan. Tujuh dokumen yang harus kamu download adalah, formulir pendaftaran, dua surat rekomendasi, surat keterangan kepegawaian, proposal penelitian, format nominasi WCO, serta application checklist.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa The Thai Nguyen University of Technology untuk Kuliah S1 S2 di Vietnam

Melengkapi Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Selain dokumen-dokumen yang telah kamu persiapkan sebelumnya, format dokumen pendaftaran yang kamu download di website pendaftaran juga harus dilengkapi. Pertama, untuk formulir pendaftaran. Pada formulir pendaftaran, kamu harus melengkapi nama, tanggal lahir, umur, gender, status pernikahan, kebangsaan, data perusahaan/instansi, alamat lengkap, email, nomor telepon/HP, data pendidikan, pengalaman mendapatkan beasiswa, pengalaman kerja, prestasi atau penghargaan, skor kemampuan Bahasa Inggris, serta pengalaman menulis atau publikasi ilmiah. Pada bagian akhir formulir pendaftaran, pastikan untuk menuliskan nama, tanda tangan, serta tanggal pendaftaranmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa INPEX di Jepang

Selanjutnya, surat rekomendasi. Baik pada surat rekomendasi pertama maupun kedua, pendaftar harus mengisi nama lengkapnya dan data pemberi rekomendasi yang meliputi nama, perusahaan/instansi, jabatan, alamat, nomor telepon/HP, email, serta fax. Pada surat rekomendasi, pemberi rekomendasi harus mengisi seperti apa hubungan dan berapa lama pemberi rekomendasi dan pendaftar saling mengenal. Selain itu, pemberi rekomendasi juga diminta untuk menyatakan seperti apa kompetensi, keunggulan, kemampuan, kepribadian, dan seberapa layak pendaftar untuk menerima beasiswa ini.

Selanjutnya, untuk surat keterangan kepegawaian. Pada bagian ini, nama pendaftar harus dituliskan serta data perusahaan.instansi yang meliputi nama perusahaan/instansi, alamat, nomor telepon, email, serta fax. Pada surat keterangan kepegawaian ini ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu keterangan status kepegawaian pendaftar dan surat izin untuk cuti dari perusahaan/instansi selama program pendidikannya berlangsung. Pada bagian akhir surat keterangan kepegawaian, pastikan ditanda tangani oleh pimpinan/atasan di perusahaan/instansimu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Queen Margaret University untuk Kuliah S1 dan S2 di Inggris

Dokumen keempat adalah proposal penelitian. Pada proposal penelitian, pendaftar harus menuliskan nama lengkapnya, judul, serta isi proposal penelitian. Isi proposal penelitian harus ditulis dalam batasan 1000 kata. Batasan 1000 kata ini belum termasuk referensinya. Jadi, yang terhitung dalam 1000 kata hanyalah isi dari proposal penelitian. Pastikan kamu mengetik proposal penelitianmu, bukan dengan tulisan tangan.

Selanjutnya adalah formulir nominasi WCO. Formulir nominasi ini hanya berlaku untuk karyawan bea cukai. Sementara, pendaftar yang bukan dari bea cukai tidak perlu melengkapi dokumen ini. Formulir nominasi yang diterima hanyalah formulir nominasi yang ditandatangani oleh direktur jenderal dan komisaris bea cukai. Dokumen terakhir adalah application checklist. Pada dokumen ini, pendaftar hanya perlu memberi checklict kelengkapan dokumen-dokumen pendaftarannya.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Varadi untuk Kuliah S1 S2 di Inggris

Mengirimkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Setelah melengkapi semua dokumen-dokumen pendaftaran, pendaftar bisa mengirimkan dokumen-dokumen pendaftarannya. Pengiriman dokumen-dokumen pendaftaran hanya boleh dilakukan melalui pos. Artinya, tidak ada pengiriman dokumen yang diterima melalui email. Dokumen-dokumen pendaftaran dikirimkan menggunakan jasa pos ke Master’s Admission Office, Graduate School of Business, Aoyama Gakuin University, 4-4-25, Shibuya, Shibuya-ku, Tokyo 150-8366, Jepang.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Chulabhorn Graduate Institute untuk Kuliah S2 di Thailand

Wawancara

Pendaftar yang lolos dalam tahapan seleksi administrasi akan dihubungi untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya, yaitu wawancara. Wawancara dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi skype. Pelaksanaan wawancara akan dilakukan mulai tanggal 8-12 Oktober 2020. Pada saat wawancaramu berlangsung, pastikan koneksi internetmu stabil dan carilah tempat yang tenang agar kamu bisa fokus dan tenang dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pewawancara.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Singapore International Award untuk Kuliah S3 di Singapore

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.