Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Youth Abroad Expedition ke Malaysia

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Youth Abroad Expedition ke Malaysia

Beasiswa Youth Abroad Expedition ini adalah program beasiswa education trip dengan tujuan ke Malaysia. Program ini terbuka untuk para pemuda dari seluruh Indonesia. Tujuan dari program ini adalah membangun relasi antar pemuda dari seluruh penjuru nusantara, meningkatkan kemampuan para pemuda Indonesia, serta menjadi wadah bagi paru pemuda untuk mengembangkan potensinya. Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi salah satu peserta dari program ini, yuk baca dulu cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa Youth Abroad Expedition ke Malaysia. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memahami Buku Panduan

Buku panduan adalah hal pertama yang harus kamu miliki. Kamu dapat mendownload buku panduan beasiswa Youth Abroad Expedition disini. Kenapa buku panduan sangat penting? Karena semua penjelasannya ada disini, mulai dari persyaratan, timeline kegiatan, tata cara pendaftaran, hingga tahapan-tahapan seleksi yang harus dilalui. Jadi, pastikan untuk mendownload dulu buku panduannya dan pahami dengan baik.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Astra untuk Kuliah D3 di Politeknik Manufaktur Astra

Memahami Jalur Pendaftaran

Pihak beasiswa Youth Abroad Expedition menetapkan tiga jalur pendaftaran, yaitu jalur fully funded, partial funded, serta self funded. Kamu tentunya sudah paham kan apa perbedaan drai ketiga jalur itu? Jalur fully funded artinya semua biaya akan ditanggung oleh panitia. Untuk jalur partial funded artinya panitia akan menanggung 50% dari biaya program. Sedangkan untuk jalur self funded, seluruh biaya akan ditanggung oleh pendaftar. Tentunya setiap jalur pendaftaran memiliki ketentuan dan proses pendaftaran yang berbeda. Untuk itu, pahami dulu dengan benar mengenai ketentuan tiap jalur pendaftaran.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa IDEAS untuk Pelajar dan Mahasiswa

Follow, Subscribe, dan Share Poster/Twibbon

Sebelum memulai proses pendaftaran, kamu harus melakukan beberapa hal. Setiap pendaftar diwajibkan untuk follow Instagram @idn.mchange dan @FMM.Indo. Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk subscribe Youtube Channel Indonesian Millenial of Change. Pendaftar juga diminta untuk mengupload twibbon, poster, serta twibbon kea kun Instagram masing-masing. Kamu bisa mendownload twibbon, poster, dan caption disini. Pastikan untuk screenshot bukti follow, subscribe, dan uploadmu karena harus diunggah pada saat pengisian formulir pendaftaran online.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Event Hunter Indonesia untuk Program Pertukaran Pemuda Asia ke Korea Selatan

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Pengisian formulir pendaftaran online dapat diakses disini. Kamu hanya perlu melengkapi data diri dengan lengkap dan jujur. Selain itu, kamu juga harus mengupload screenshot follow, subscribe, dan upload twibbon/poster pada formulir pendaftaran online. Setelah melengkapi seluruh formulirmu, tekan tombol submit.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa IDEAS untuk Program Pemuda Delegasi Indonesia Batch 5 ke Australia

Membayar Commitment Fee

Pendaftaran yang dinyatakan lolos dalam seleksi tahap 1 atau seleksi administrasi akan diminta untuk membayar commitment fee. Commitment fee yang harus dibayarkan adalah senilai 80.000 Rupiah. Pihak panitia akan menginformasikan secara rinci mengenai tata cara pembayaran serta durasi waktu pembayarannya. Jadi, jika kamu mendapatkan pengumuman untuk membayar commitment fee, hal tersebut bukan penipuan yah. Tapi, memang menjadi salah satu tahapan seleksi.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa International Youth Leadership untuk Program Pertukaran Pemuda di Korea Selatan

Wawancara

Setelah pembayaran commitment fee, maka kamu berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu tahap wawancara. Wawancara akan dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi Zoom. Panitia akan menginformasikan lebih detail mengenai tata cara pelaksanaan serta aturan-aturan selama wawancara berlangsung. Pastikan koneksi internetmu stabil saat wawancara. Selain itu, pilihlah tempat yang tenang atau jauh dari kebisingan agar wawancaramu lebih efisien.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Sekolah Cendekia Baznas untuk Pelajar SMP

Leave a Reply

Your email address will not be published.