Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa YouthEdu.id untuk Pelajar dan Mahasiswa

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa YouthEdu.id untuk Pelajar dan Mahasiswa

Ada kabar baik lagi nih, Scholars kembali membawa info beasiswa untuk para pelajar dan mahasiswa dalam negeri. Beasiswa YouthEdu.id saat ini membuka pendaftaran hingga tanggal 13 Maret loh. Artinya, kamu masih memiliki kesempatan untuk mempersiapkan pendaftaranmu. Yuk matangkan persiapan pendaftaranmu dengan membaca cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa YouthEdu.id berikut ini. Untuk persiapan beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Memahami Kategori Beasiswa

Terdapat dua kategori pendaftaran dalam beasiswa YouthEdu.id yaitu beasiswa SMA/SMK/MA/sederajat dan beasiswa mahasiswa D3/D4/S1. Setiap kategori pendaftaran tentunya memiliki persyaratan yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami tiap kategori beasiswanya terlebih dahulu sebelum memulai proses pendaftaranmu. Penjelasan lebih lanjut mengenai kategori dan persyaratan beasiswa YouthEdu.id dapat kamu baca melalui buku panduan, download disini.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Nuklea Muda untuk Pelajar SMP dan SMA di Jawa Barat

Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendaftaran

Dokumen-dokumen pendaftaran harus disiapkan seawal mungkin agar memudahkan proses pendaftaranmu. Kamu harus memulai menyiapkan foto diri baik yang formal maupun semi formal. Selain itu ada beberapa persyaratan khusus yang ditetapkan oleh pihak YouthEdu.id bagi para pendaftarnya untuk membagikan twibbon, poster, caption, serta follow akun Instagram. Untuk twibbon, kamu harus menguploadnya di feed Instagram lalu menandai 5 temanmu.

Selanjutnya, share flayer atau poster beasiswa beserta captionnya ke 5 Group WhatsApp atau Line. Kamu juga diwajibkan untuk follow @youtheduid, @elzahid_private, @yiutheduacademy, @youtheducreative, serta @youtheduprogram. Kamu juga harus like dan tag 5 temanmu di kolom komentar di 5 postingan @youtheduid. Jangan lupa untuk screenshot bukti share twibbon, poster, caption, follow, like, dan komentarmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Wells Mountain Initiative (WMI)

Pendaftar untuk jenjang SMA/sederajat harus menyiapkan dokumen-dokumen berupa kartu pelajar atau kartu identitas, scan nilai rapor semester terakhir, sertifikat prestasi baik akademik maupun non akademik, sertifikat organisasi, serta surat pernyataan keabsahan dokumen. Sedangkan untuk pendaftar jenjang mahasiswa, dokumen yang harus disiapkan meliputi KTM atau kartu identitas, KHS kumulatif, KRS semester terakhir, sertifikat prestasi baik akademik maupun non akademik, sertifikat organisasi, serta surat pernyataan keabsahan dokumen.

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan jawaban untuk essay singkat. Pertama, “Mengapa kami harus memilih kamu?” Kedua, “Skill pengetahuan apa yang ingin kamu pelajari bersama YouthEdu.id?” Ketiga, “Skill dan pengetahuan apa yang kamu pahami juga kuasai?” Keempat, Sebutkan pengalaman organisasi atau kepanitiaan yang telah dan sedang kamu jalani!” Kelima, “Jika kamu terpilih, untuk apa dana beasiswa ini dipergunakan?” Keenam, “Apa yang kamu harapkan dari YouthEdu.id untuk pengembangan dirimu kedepannya?”

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Glow and Lovely Bintang

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Pengisian formulir pendaftaran online dapat diakses disini. Kamu hanya perlu melengkapi data diri seperti email, nama, daerah asal, nomor HP, akun Instagram, asal sekolah/universitas, kelas/semester, serta mengupload dokumen-dokumen pendaftaran. Kamu juga harus mengupload screenshot dari persyaratan khusus untuk share dan follow media sosial YouthEdu.id. Pastikan kamu tidak salah mengupload dokumennya, jadi cek kembali agar tidak ada dokumen-dokumen yang salah. Klik tombol submit atau kirim setelah melengkapi seluruh formulir pendaftaranmu.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Saudara Satu Negara untuk Program Exchange ke Jepang

Wawancara

Bagi pendaftar yang lolos dalam seleksi administrasi maka akan dihubungi oleh panitia untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, yaitu wawancara. Pelaksanaan wawancara dijadwalkan pada tanggal 22 hingga 31 Maret 2021. Kamu bisa mulai mempersiapkan diri dengan melakukan simulasi wawancara bersama teman ataupun keluargamu. Persiapkan jawaban-jawaban terbaikmu untuk meyakinkan pewawancara. Pastikan juga untuk mengusai essay yang telah kamu lengkapi pada formulir pendaftaran online.

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mendapatkan Beasiswa Ruang Kreasi untuk Pelajar dan Mahasiswa Dalam Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published.