Cara Mendapatkan Beasiswa

Cara mendapatkan Beasiswa

 

Langkah pertama: Tentukan Negara tujuan

Langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah menentukan terlebih dahulu negara mana yang ingin kamu tuju. Karena, hal tersebut akan menentukan beasiswa apa yang kamu akan apply. Contoh jika kamu mau belajar di australia, kamu bisa mempertimbangkan beasiswa AAS. Jika kamu mau belajar di Inggris, mungkin kamu dapat mempertimbangkan beasiswa chevening. Begitupun ketika kamu memutuskan untuk studi di dalam negeri, banyak beasiswa yang disediakan pemerintah seperti Beasiswa LPDP, Beasiswa Unggulan, dan lain-lain.

Jangan pernah berfikir ‘kemana aja yang penting belajar’. Pemikiran tersebut akan membuat kamu tidak fokus. Tidak fokus akan membuat kamu bingung apa yang harus dilakukan. Jadi sebaiknya, beranilah menentukan satu negara yang akan menjadi tujuan mu untuk belajar. Saya bertemu dengan banyak pejuang beasiswa dan mereka memiliki karakteristik yang sama yaitu mereka tahu negara mana yang mau mereka tuju.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Langkah kedua: Tentukan universitas dan Program studi

Menentukan universitas tujuan tidak kalah penting. Salah satu alasannya adalah karena tidak semua universitas menjadi mitra beasiswa. Sebuah universitas bisa saja bermitra dengan satu beasiswa tapi tidak bermitra dengan beasiswa yang lain. Biasanya universitas yang menjadi mitra beasiswa adalah universitas yang memiliki reputasi baik.

Jika kamu sudah menentukan universitas yang mau kamu tuju, kamu sebaiknya mengunjungi website resmi universitas tersebut. Kamu sebaiknya membaca semua hal tentang universitas tersebut. Pastikan pertanyaan 5W+1H terjawab. Yang tidak kalah penting adalah kamu tahu kapan universitas tersebut membuka pendaftaran, apakah ada program studi yang kamu minati atau tidak, apa saja matakuliah, berapa lama tahun ditempuh, dan lain-lain.

Buatlah catatan kecil dari semua informasi yang kamu dapatkan. Informasi tersebut akan bermanfaat sebagai konten atau isi rencana studi dan motivation letter. Rencana studi dan motivation adalah syarat wajib dalam setiap beasiswa. Ada beasiswa yang meminta keduanya ada yang meminta salah satu saja. Dengan memiliki konten untuk kedua syarat tersebut, kamu sudah melakukan persiapan yang sangat bagus.

Baca juga: download soal structure TOEFL dan kunci jawaban

Langkah ketiga: Tentukan beasiswa

Dengan modal mengetahui negara, universitas, dan program studi tujuan, kamu bisa memulai untuk menentukan beasiswa apa yang mau kamu apply. Jika kamu berminat ke jepang, kamu bisa mempertimbangkan besiswa MEXT. Jika kamu mau ke jerman, kamu bisa mempertimbangkan beasiswa DAAD.

Jika kamu masih bingung beasiswa apa yang mau kamu apply, kamu bisa mengunjungi website resmi masing-masing beasiswa untuk mendapatkan informasi seperti syarat-syarat, waktu pendaftaran, kuota beasiswa,visi misi, dan lain-lain. Intinya, baca semua hal tentang beasiswa yang mau kamu tuju untuk mendapatkan wawasan tentang pejuang beasiswa seperti apa yang sebenarnya dicari.

Selain itu, googling juga cerita-cerita pejuang beasiswa yang lain. Tulisan mereka akan memberikan informasi yang tidak kamu dapatkan di website resmi. Hal-hal teknis sederhana tapi penting biasanya akan kamu temukan saat kamu mengunjungi dan membaca blog-blog pejuang beasiswa.

Baca juga: Alamat Download Free Ebook dan Jurnal

Langkah keempat: Gabung komunitas

Dengan modal negara, universitas, program studi, dan beasiswa tujuan, kamu sudah bisa menentukan komunitas apa yang kamu butuhkan. Kamu sebaiknya bergabung dengan komunitas online atau offline dengan negara, universitas, program studi, dan beasiswa tujuan yang sama. Bergabunglah juga dengan komunitas yang fokus membahas beasiswa yang kamu tuju. Kamu bisa bergabung sebagai pengurus atau member dari komunitas tersebut.

Bergabung dengan komunitas memiliki banyak manfaat. Pertama, walaupun banyak sekali informasi yang ada di websit, blog, youtube dan lain-lain yang merupakan informasi passive, kamu pasti masih membutuhkan orang untuk menjawab pertanyaan, berdiskusi, dan memberikan saran. Kedua, komunitas menjadi wadah untuk update informasi terbaru tentang beasiswa tujuan. Tidak jarang kesibukan membuat kamu lengah, dan ketinggal informasi adalah kabar buruk untuk mu. Ketiga, harus diakui bahwa semangat siapapun pasti naik-turun. Bergabung dengans sesama pejuang beasiswa memberikan lingkungan memotivasi kamu untuk mendapatkan beasiswa.

Baca juga:
Daftar Beasiswa Dalam Negeri Untuk SMA dan S1
Daftar Beasiswa D3

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

3 thoughts on “Cara Mendapatkan Beasiswa

  1. beasiswa ini sangat bermanfaat bagi yg mau mendapatkannya
    saya harap saya bisa mendapatkannya kuliah di mesir

  2. Sally says:

    Trimakasih infonya.btw,bulan kemarin saya barusan dapat pengumuman hasil seleksi beasiswa AAS dan saya dinyatakan gagal..ini kali pertama saya mengapply beasiswa dan Tbh saya sedikit kecewa tpi saya ttap smangat utk coba lagi tpi kenapa kok pihak panitia beasiswa tidak meberitahukan dimana letak kesalahan saya karena dokumen2 yg diminta sdh saya upload..kalo misalnya mereka menunjukan kesalahan sya,maka saya akan berusaha memperbaikinya karena memang sya tidak bisa mmprediksi kesalahan sya di aplikasi trsebut.mohon sarannya mas.makasi sebelumnya.sukses utk kita semua.

    1. imam says:

      Saya sangat terkesan dengan semangat kaka untuk mencoba lagi dan bangkit lagi.
      kalau boleh tahu beasiswa apa?
      karena setiap beasiswa memiliki kriteria masing-masing.
      kemudian, gagalnya dibagian apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.