Fakta Unik dan Menarik dari Beasiswa Sampoerna University

Fakta Unik dan Menarik dari Beasiswa Sampoerna University

Sampoerna University membuka pendaftaran beasiswa, lo. Bagi yang belum familiar, Sampoerna University adalah universitas swasta berstandar international. Universitas yang terletak di Jakarta ini menawarkan 3 jenis program studi, yaitu: jurusan bisnis, teknik, dan keguruan. Bersamaan dengan pendaftaran calon mahasiswa, Sampoerna University membuka kesempatan untuk menerima beasiswa yang pendaftarannya masih dibuka hingga 21 September 2020. Nah, bagi yang tertarik, kamu harus sudah mulai mempersipkan segala keperluan pendaftaran. Sambil mempersiapkan persyaratan, kamu bisa cek artikel kali ini yang akan membahasa fakta unik dan menarik dari beasiswa Sampoerna University. Untuk info beasiswa, silahkan click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Jumlah Beasiswa yang Berbeda

Beasiswa Sampoerna University akan diberikan kepada 100 calon mahasiswa Sampoerna University yang terbaik. Pertama-tama, kamu akan berhak menerima beasiswa biaya pendaftaran. Untuk mendaftar Sampoerna University, kamu perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500 ribu, dan ini berlaku untuk semua pendaftar. Namun, jika kamu menjadi 100 mahasiswa terpilih, nantinya kamu berhak untuk tidak membayar biaya tersebut, lalu mengikuti tes selanjutnya untuk seleksi beasiswa. Nah, beasiswa utama yang diberikan Sampoerna University adalah, tentu saja, beasiswa kuliah. Jumlah beasiswa tersebut dimulai dari potongan uang kuliah 25%, hingga gratis sama sekali atau beasiswa 100%. Kandidat dipilih melalui serangkaian ujian dari Sampoerna University. 

Baca juga: 6 Fakta Unik dan Menarik Beasiswa DAAD

Persyaratan yang Mudah

Persyaratan untuk bisa mendaftar beasiswa Sampoerna University terbilang cukup mudah. Ada tiga persyaratan utama, yaitu menyertakan salinan ijazah (ijazah yang setara dengan   sertifikat SMA 3 National, sertifikat level A, IB diploma, dan gelar diploma dari foreign high school), menyertakan salinan transkrip nilai, dan harus meraih nilai diatas 8.00 pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Selain ketiga hal tersebut, mungkin kamu bisa mempersiapkan informasi pribadi dan orang tua untuk diisi pada portal pendaftaran. Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Baca juga: Beberapa Fakta Tentang KIP Kuliah

Bekerjasama dengan Universitas Asal Amerika

Yang membedakan beasiswa Sampoerna University dengan beasiswa lain adalah kerjasama yang dimiliki program ini dengan dua universitas asal Amerika. Kedua universitas tersebut adalah The University of Arizona dan Broward Collage. Tapi bukan berarti kamu akan berkuliah di kedua universitas tersebut. Kamu akan berkuliah di Sampoerna University di Jakarta, namun kamu akan merasakan sistem pembelajaran/pendidikan yang diterapkan di Amerika. Sehinga, bisa dikatakan seakan-akan kamu kuliah di Amerika. Nah, ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berkuliah di Amerika, namun tidak bisa karena beberapa kendala.

Baca juga: Cara Memberikan Alasan Bahwa Layak Menerima Beasiswa

Mendapat Dua Ijazah

Fakta ini juga merupakan salah satu fakta menarik dari Sampoerna University itu sendiri, yaitu kamu akan mendapat dua ijazah. Ijazah yang akan kamu terima adalah ijazah sarjana dan ijazah bachelor yang juga diterima oleh mahasiswa di Amerika sana. Dengan kata lain, kamu menerima double degree. Hal ini merupakan keuntungan dari bekerjasama dengan dua universitas asal Amerika yang telah disebutkan sebelumnya. Ijazah Bachelor yang nantinya diberikan merupakan ijazah valid yang berasal dari universitas Amerika tersebut dan diakui oleh Amerika.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Maroko

Tiga Proses Penyeleksian

Sampoerna University ingin memastikan jika beasiswa yang diberikan jatuh pada calon mahasiswa yang memang memiliki kemampuan akademik yang baik. Karena dari itu ada tiga proses penyeleksian yang harus dilalui kandidat. Seleksi pertama adalah diagnostic test. Diagnostic test diadakan untuk 100 calon mahasiswa terbaik, dan akan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020. Tes kedua adalah basic dan advance test yang bertujuan untuk menyeleksi kandidat dari 50 kandidat terbaik. Basic dan advance test akan diadakan pada 29 September hingga 14 Oktober 2020. Lalu, terakhir adalah tes wawancara untuk 20 kandidat terbaik, dan diadakan pada tanggal 19 sampai 23 Oktober 2020. Setelah itu, Sampoerna University akan mengumumkan siapa saja yang berhak menerima beasiswa.

Baca juga: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa ICCR India

Leave a Reply

Your email address will not be published.