Format Surat Rekomendasi beasiswa LPDP

Format Surat Rekomendasi beasiswa LPDP

Salah satu persyaratan yang selalu ada di beasiswa apapun adalah surat rekomendasi. Walaupun penyebutannya berbeda-beda seperti letter of refference, tapi maksudnya sama. Begitupun beasiswa LPDP, surat rekomendasi adalah salah satu syarat wajib yang harus di submit oleh pejuang beasiswa. karena syarat wajib, jika kamu tidak mengumpulkan atau bahkan hanya sekedar salah format, otomatis kamu akan gagal administrasi. Untuk persiapan lain, click disini

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Format khusus

Tentang Format Surat Rekomendasi, beasiswa LPDP sudah menyediakan format khusus tentang bentuk dan apa saja yang harus diisi dan ada di dalam surat rekomendasi tersebut. Kamu bisa mengambil format tersebut di booklet atau buku panduan resmi beasiswa LPDP. Usahakan untuk selalu mengambil format surat rekomendasi dari booklet terbaru disini. Selain itu, kamu juga bisa mengambil format surat rekomendasi beasiswa LPDP dari website resmi beasiswa lpdp disini.

Bisa diedit atau tidak

Mungkin pertanyaan yang timbul kemudian adalah “itu kan sudah ada format, apakah kita bisa mengeditnya?”. Well, jika dimaksud mengedit adalah mengubah susunan dan kalimat yang ada disana, tentu saja tidak boleh. Namun, jika mengedit hanya sebatas menambah space atau ruang untuk menulis atau menjawab pertanyaan yang ada di format surat rekomendasi beasiswa LPDP tersebut, tentu saja boleh. Space yang diberikan untuk menjawab pertanyaan di surat rekomendasi memang terlalu sempit, jadi jika mau mengedit agar lebih banyak ruang, tidak apa-apa.

Baca juga: Contoh Surat Rekomendasi Untuk Beasiswa

Tulis tangan atau diketik

Beasiswa LPDP tidak secara official mengatur apakah harus tulis tangan atau diketik. Artinya, baik tulis tangan atau diketik sama-sama diperbolehkan. Yang terpenting adalah surat rekomendasi tersebut asli. Catatan juga untuk yang diketik, sebaiknya untuk tanda tangan tetep minta tanda tangan asli pemberi beasiswa. Jangan menggunakan hasil scan.

Perlu cap/stempel atau tidak

Sebenarnya saya agak bingung saat ditanya perlu cap atau tidak karena sejauh yang saya pahami dosen tidak memiliki cap atau stempel untuk dirinya. Biasanya yang memiliki cap itu adalah institusi atau lembaga. Dengan kata lain, saat cap atau stempel itu diberikan, isi surat rekomendasi tersebut kemudian menjadi surat resmi dari lembaga dan isinya merupakan pendapat lembaga.

Disini kemudian yang menjadi sedikit missleading karena surat rekomendasi sebenarnya adalah pendapat pribadi pemberi surat rekomendasi tanpa melibatkan unsur lembaga dimana bekerja. Artinya, isi surat rekomedasi sepenuhnya adalah tanggung jawab pemberi surat rekomendasi bukan tanggung jawab lembaga dimana pemberi surat rekomendasi bekerja.

Memang ada beberapa beasiswa yang meminta surat rekomendasi dari kampus atau lembaga. Namun, dalam kasus surat rekomendasi beasiswa LPDP, surat rekomendasi berasal dari individu bukan institusi.

Baca juga: Cara Mendapatkan dan Menulis Surat Rekomendasi

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.