Hal-Hal yang Perlu Diketahui untuk Daftar Beasiswa KGSP Jalur Embassy

Hal-Hal yang Perlu Diketahui untuk Daftar Beasiswa KGSP Jalur Embassy

Beasiswa KGSP merupakan beasiswa dari pemerintah korea yang diselenggarakan oleh National Institute for International Education (NIIED) Korea. Dengan menargetkan mahasiswa S1, S2, dan S3, program ini bertujuan untuk meningkatkan pertukaran ilmu berskala international serta mempererat hubungan baik dengan negara asal penerima beasiswa. Beasiswa KGSP memiliki dua jalur pendaftran  yang dapat ditempuh, yaitu jalur universitas dan jalur Embassy. Artikel ini akan membahas mengenai pendaftaran jalur Emabassy. Untuk info beasiswa lain, silahkan click di sini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Pemilihan Universitas

Beasiswa KGSP hanya memperbolehkan kamu untuk mendaftar satu jalur pendaftaran. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menimbang-nimbang degan matang jalur mana yang menurut kamu lebih baik. Jika melalui jalur Embassy, kamu akan diperbolehkan mendaftar di 3 unvesitas dari 67 universitas yang tersedia. Poin ini menjadi poin plus bagi jalur Embassy karena kamu masih memiliki 2 kesempatan jika gagal pada salah satu universitas tujuanmu.

Baca juga: Beasiswa Glints untuk Mahasiswa D3 D4 S1 Seluruh Indonesia

Dokumen Pendaftaran

Dokumen yang kamu perlukan untuk mendaftar KGSP pada dasarnya sama, baik untuk jalur universitas atupun jalur Embassy. Namun ada perbedaan pada jumlah berkas yang perlu diserahkan. Pendaftaran melalui jalur Embassy memerlukan satu berkas pendaftaran asli yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah ataupun kampus (khusus ijazah dan tanskrip nilai) beserta 3 salinannya. Walupun begitu perlu diketahui jika berkas yang sudah diserahkan tidak bisa dikembalikan lagi. Maka dari itu, untuk menyiasati hal ini kamu dapat menerjemahkan berkas tersebut ke bahasa Ingris dan kemudian melakukan legalisir ke sekolah maupun kampus asal. Lalu berkas dapat disahkan oleh notaris dan kemenkumham. Perlu diingat juga, untuk pendaftaran melalui jalur Embassy harus melalui keduataan Korea asal negara mu. Jika kamu merupakan warga negara Indonesia maka kamu harus menyerahkan dokumen pendaftaranmu melalui kedutaan Korea di Indonesia, walupun kamu saat ini sedang berada di luar negeri.

Baca juga: Beasiswa Mahaghora untuk Mahasiswa S1 dan D4

Proses Penyeleksian

Setelah mennyerahkan dokumen pendaftaran, kamu akan melalui proses seleksi. Proses penyeleksian jalur Embassy memiliki tiga langkah. Pertama, proses seleksi dari Embassy yang berupa seleksi dokumen dan wawancara. Jika kamu lulus seleksi dokumen, maka pihak kedutaan akan menghubungi melalui email untuk pemberitahuan lokasi seleksi wawancara yang biasanya dilaksanakan di kantor kedutaan. Setelah lulus penyeleksian tahap pertama, kamu akan melewati seleksi tahap kedua yang dilaksanakan oleh NEEID. Kemudian, langkah ketiga dimana langkah ini yang membedakan proses seleksi jalur Embassy dengan jalur universitas. Pada langkah ini kamu akan melalui seleksi dari universitas pilihanmu. Seleksi ini juga berupa wawancara yang bisa dilakukan melalui telepon. Walaupun begitu, setiap universitas bahkan jurusan kemungkinan berbeda. Mereka memiliki kebijakan masing-masing mengenai proses wawancara ini.

Baca juga: Beasiswa Fellowship Community Solutions di Amerika

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.