Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Beasiswa KGSP Jalur Universitas

Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Beasiswa KGSP Jalur Universitas

KGSP (Korean Government Scholarship Program) adalah beasiswa full funded dari pemerintah Korea. KGSP diselenggarakan oleh institusi pendidikan korea, yaitu National Institute for International Education (NIIED) dan diberikan untuk semua jenjang perguruan tinggi dari diploma, S1, S2, dan S3. Sebelum memutuskan mendaftar, penting untuk mengetahui bahwa KGSP ini terdiri dari dua jalur yaitu jalur universitas dan jalur embassy (kedutaan). Perbedaan jalur universitas dan jalur kedutaan dapat kamu lihat di sini. Kali ini saya khusus akan menjelaskan tentang beasiswa KGSP jalur universitas untuk semakin memudahkan kamu memahami apa saja beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan persiapkan sebelum mendaftar. Untuk info beasiswa lain, click disini

Baca juga : Jasa Penerjemah Tersumpah

Pilihan Universitas

Beasiswa KGSP ini hanya memperbolehkan kamu untuk mendaftar di salah satu jalur. Nah untuk jalur universitas, kamu hanya bisa memilih di satu universitas dari daftar 67 universitas yang diperbolehkan KGSP. Ingat ya, hanya satu universitas. Hal ini tentu bukan masalah bagi kamu yang sudah yakin dan mantap untuk mendaftar di satu universitas di Korea yang menjadi impianmu. Keyakinan untuk mendaftar di satu universitas dapat menjadi keuntungan saat membuat Self-Introduction dan Study Plan, terutama bagi kamu yang sudah tahu mengapa ingin mendaftar di universitas tersebut atau sudah melakukan riset mengenai universitas tersebut sebelumnya. Namun apabila kamu masih bingung dan belum memutuskan ingin mendaftar di mana, kamu bisa riset dengan rajin melakukan browsing pada website resmi universitas-universitas di Korea dan cari tahu informasi yang kamu perlukan sebanyak-banyaknya. Info terkait universitas-universitas Korea di website resmi KGSP juga bisa kamu lihat disini

Baca juga : Cara Mendapatkan Beasiswa KGSP Jalur Embassy

Pendaftaran

Pendaftaran Beasiswa KGSP Jalur Universitas dilakukan pada masing-masing universitas di Korea (biasanya antara September – Oktober). Kamu harus mengecek langsung tata cara pendaftaran beasiswa pada website universitas yang diminati termasuk mengajukan dokumen aplikasi. Batas waktu pendaftaran ditentukan oleh masing-masing universitas. Oleh karena itu, update informasi terkait universitas impianmu menjadi hal yang sangat penting karena ini menyangkut persiapan dalam mengumpulkan dokumen, alamat pengiriman dokumen, dan kapan dokumen tersebut maksimal harus dikirim mengingat setiap universitas memiliki deadline pendaftaran yang berbeda-beda.

Baca juga : Beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program) S1

Dokumen

Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar KGSP jalur universitas sama seperti jalur kedutaan. Informasi terkait daftar dokumen yang harus disiapkan dapat kamu lihat disini. Untuk pendaftaran beasiswa KGSP Jalur Universitas, kamu cukup menyerahkan satu berkas pendaftaran yang sudah dilegalisir oleh sekolah atau universitas asal (khusus ijazah dan transkip nilai). Namun perlu diingat bahwa file yang sudah dikirim ke universitas tidak akan dikembalikan. Oleh karena itu, kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan langkah-langkah berikut:
1. Terjemahkan dokumen asli ke Bahasa Inggris
2. Melakukan legalisir hasil terjemahan untuk ijazah dan transip nilai ke sekolah atau universitas asal
3. Semua berkas disahkan di notaris
4. Semua berkas disahkan di kemenkumham

Baca juga : Penjelasan Syarat Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP) Jenjang S2

Prosedur Pendaftaran dan Wawancara

Apabila kamu sudah mendaftar KGSP Jalur Universitas, maka aplikasi pendaftaranmu akan diseleksi oleh pihak universitas tujuanmu terlebih dahulu. Setelah dinyatakan lolos seleksi dokumen, barulah kamu dihubungi untuk melakukan wawancara dengan pihak universitas. Mekanisme wawancara bisa dilakukan dengan phone interview atau video interview (seperti Skype), namun hal tersebut tergantung aturan dari masing-masing universitas, atau bahkan masing-masing jurusan yang dipilih. Karena wawancara dilakukan oleh pihak universitas, maka pewawancara biasanya merupakan akademisi atau pengurus universitas seperti head of department (ketua jurusan) atau dosen di universitas tersebut. Selesai melakukan wawancara, kamu harus menunggu lagi pengumuman lolos tidaknya seleksi wawancara. Apabila dinyatakan lolos, langkah terakhir dari proses pendaftaranmu adalah seleksi yang dilakukan oleh National Institute for International Education (NIIED) Korea. Seleksi ini berdasarkan penilaian keseluruhan dari dokumen yang menyangkut GPA, self introduction, study plan, awards, dll sehingga kamu cukup menunggu pengumuman akhir saja. Apabila NIIED sudah selesai menyeleksi dan memberikan pengumuman lolos, barulah di situ kamu benar-benar telah diterima beasiswa KGSP.

Baca juga : Gambaran Seleksi Wawancara Beasiswa KGSP

Pembiayaan

Beasiswa KGSP ini tentunya akan memberikan banyak keuntungan seperti biaya kuliah penuh, biaya hidup bulanan, tunjangan kedatangan dan tunjangan pemulangan, tiket pesawat, asuransi kesehatan, hingga biaya pelatihan bahasa Korea. Jangan lupa maksimalkan persiapan untuk pendaftaran dan cari informasi sebanyak-banyaknya. Pelajari pengalaman para awardee yang telah berhasil lolos dan kamu akan paham bahwa pencarian informasi dan persiapan dokumen adalah gerbang utama menuju perjuangan mencari beasiswa yang kamu impikan. Good luck!

Baca juga : Pengalaman Mendapatkan Beasiswa KGSP Jalur Embassy

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.