Kegiatan yang Mendukung untuk Mendapatkan Beasiswa

Kegiatan yang Mendukung untuk Mendapatkan Beasiswa

 

Kegiatan-kegiatan berikut sangat mendukung kamu sebagai pejuang beasiswa untuk mendapatkan beasiswa. Kamu tidak harus mengikuti semuanya, pilihlah salah satu kegiatan dibawah ini untuk tempat kamu berkespresi dan berkontribusi. Karena pada dasarnya kegiatan-kegiatan di bawah ini adalah wadah atau tempat kamu berbagi apa yang kamu miliki kepada orang lain. Dan berbagi adalah ciri utama dari kontribusi.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Kontribusi adalah poin utama dalam mendapatkan beasiswa. Apapun beasiswanya, kontribusi menjadi syarat ekplisit yang dibutuhkan. Bentuk dan cakupan kontribusi tidak ada batasannya. Artinya, kontribusi bisa dalam bentuk apapun dan dimanapun. Untuk memberikan kamu insight, berikut kegiatan-kegiatan yang bisa kamu pilih sebagai wadah untuk berkontrisbusi.

Komunitas

Bergabung dengan Komunitas selain menjadi tempat untuk menyalurkan hobi dan menambah teman, bisa juga sebagai wadah kamu untuk berkontribusi untuk persiapan sebagai pejuang beasiswa. Usahakan komunitas yang kamu ikuti berhubungan dengan keilmuan dan impian kamu. Karena hal tersebut akan menjadi modal kuat kamu mendapatkan beasiswa. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang kegiatan di dalamnya mendukung kontribusi mu di masa depan. Kegiatan-kegiatan dikomunitas akan memberikan kamu nilai tambah karena akan dihitung sebagai bentuk pengalaman dalam mengaplikasikan keilimuan yang dimiliki. Selain itu, kamu akan dianggap lebih layak karena terbiasa menghadapi masalah dan mencari solusinya.

Kamu bisa bergabung dengan komunitas yang sudah ada, atau jika di daerah kamu belum ada komunitas yang sesuai dengan keilmuan mu, kamu bisa membuat komunitas mu sendiri. Kamu bisa mengajak teman-teman mu untuk membangun komunitas bersama. Tenang saja, hal tersebut tidak akan mengurangi nilai kontribusi kamu. Justru, membangun sebuah komunitas bersama orang lain memberikan nilai plus karena itu artinya kamu bisa menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang mempu bekerjasama dalam team.

Baca juga: Apakah program studi dan kampus berpengaruh dalam mendapatkan beasiswa?

Voulenteer

Banyak kegiatan-kegiatan voulenteer yang bisa kamu ikuti. Ada yang sekala nasional dan ada juga yang berskala lokal. Jika kamu bisa mengikuti kegiatan voulenter yang berskala nasional, hal tersebut bagus. Namun, bukan berarti kurang bagus saat kamu hanya menjadi voulenter di daerah kamu. Baik nasional maupun lokal keduanya sama-sama bermanfaat. Yang kamu haris ingat adalah ukuran sebenarnya dari sebuah kegiatan voulenteer adalah kebermanfaatannya.

Organisasi

Organisasi juga adalah salah satu kegiatan yang mendukung kamu dalam meraih beasiswa. Dari organisasi kamu akan belajar tentang kepemimpinan. Kepemimpinan adalah sebuah skill dan kemampuan untuk memimpin dan dipimpin. selain itu, organisasi adalah wadah yang tepat untuk dapat berkontribusi melalui kegiatan-kegiatan yang disusun.

Baca juga: Contoh Surat Rekomendasi Untuk Beasiswa

Magang / kerja partime

Pengalaman kerja adalah hal yang sangat berharga bagi seorang mahasiswa. Hal tersebut bermanfaat agar kamu lebih paham praktek di lapangan dari teori dan ilmu yang kamu dapat di kampus. Mahasiswa yang pernah magang memiliki pengalaman yang lebih banyak tentang dunia kerja dan lebih paham masalah apa yang sebenarnya ada di masyarakat. Hal tersebutlah yang membuat kamu lebih peka dengan masyarakat sekitar. Pengalaman magang atau kerja part-time juga menjadi modal kamu untuk terjun di dunia karir karena pada dasarnya perusahaan/lembaga/institusi apapun yang membutuhkan karyawan pasti akan memilih orang yang memiliki pengalaman. Selain itu, magang / kerja partime juga bisa disebut sebagai kontribusi kamu. Terlebih lagi jika magang /kerja part-time kamu sesuai dengan jurusan kamu saat ini.

Seminar/Workshop/Conference

Mungkin kamu ingin terjun di dunia akademis seperti menjadi dosen. Kamu tidak boleh melewatkan ketiga acara ini. Seminar/Workshop/Conference adalah tempat yang tepat untuk mendukung mimpi kamu untuk menjadi seorang akademisi. Selain kamu bisa bertukar pemikiran dengan akademisi yang lain, kamu juga bisa bertemu dengan para ahli dibidangnya. Dan kesempatan tersebut sangat berharga.

Mungkin awal-awal kamu hanya mengikuti Seminar/Workshop/Conference sebagai peserta. Itu tidak menjadi masalah. Namun demikian, kamu harus meng-upgrade diri kamu untuk menjadi pembicara. Menjadi pembicara berarti kamu akan melakukan penelitian. Penelitian tersebut bisa menjadi salah satu kontribusi yang bisa kamu ceritakan saat kamu apply beasiswa.

Baca juga: Penjelasan Syarat Beasiswa LPDP Afirmasi Keluarga Prasejahtera

Karya tulis

Jika kamu menyukai menulis baik Karya Tulis ilmiah atau Fiksi, kamu bisa gunakan kegiatan tersebut untuk mendukung mu dalam meraih beasiswa. kamu sebaiknya mengikuti kegiatan seperti pelatihan menulis dan lomba-lomba menulis essay atau artikel yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Dan tentu saja, kamu juga harus mempunyai karya kamu sendiri dalam bentuk tulisan seperti buku, novel, artikel jurnal, dan lain-lain.

Menjuarai perlombaan

Dapat menjuarai perlombaan-perlombaan pasti menjadi salah satu kebanggan tersendiri bagi diri mu sendiri dan orang tua kamu tentunya. Selain bisa menjadi kebanggan, menjuarai perlombaan juga dapat mengantarkan kamu menjadi penerima beasiswa. Memang perjuangan untuk mendapatkan juara tidak semudah itu. Kamu akan menghadapi banyak tantangan. Tapi, sangat tidak adil bagi diri kamu sendiri jika kamu tidak pernah menoba sensasi mengikuti lomba. Jangan juga sampai berfikir bahwa orang-orang yang juara hari ini adalah orang-orang yang tidak pernah gagal. Kalau kamu mau mendekati mereka dan bertanya tentang perjuangan mereka, kamu akan paham bahwa sebelum menjadi juara, banyak kegagalan dan kegagalan yang menimpa mereka. Dan selalu keberhasilan adalah bagi orang-orang yang terakhir bertahan.

Baca juga: Penjelasan Syarat Beasiswa LPDP Affirmasi Alumni Bidikmisi

Saat ini, banyak sekali perlombaan untuk mahasiswa, baik yang diadakan oleh pemerinta, swasta, atau organisasi. Salah satu contoh perlombaan yang sangat bergengsi di kampus adalah PKM yang setiap tahun diadakan. PKM memiliki banyak sub-bidang yang saya rasa cukup mengakomodasi bidang-bidang yang mungkin diinginkan oleh kamu. Namun, Lomba tidak terbatas pada itu saja, kamu juga bisa memilih lomba lain yang sesuai dengan passion kamu seperti lomba Artikel atau Essay, lomba membangun bisnis atau Startup, dan lain-lain.

Kamu pastinya sudah memiliki sedikit gambaran tentang apa pentingnya kegiatan-kegiatan di atas terutama dalam meraih beasiswa. Kamu mungkin sudah mengikuti atau mengerjakan salah satu kegiatan di atas. Kamu harus senang karena kamu berada di jalan yang benar. Jika belum, kamu bisa mulai menentukan kegiatan apa yang kamu ingin coba.

Baca juga:
Cara Mendapatkan Beasiswa Unggulan
Penjelasan Syarat Beasiswa Unggulan S2

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.