Langkah-langkah untuk mendaftar Beasiwa LPDP 2019

Langkah-langkah untuk mendaftar Beasiwa LPDP 2019

Beasiswa LPDP 2019 dibuka dua batch yaitu pada bulan Mei 2019 dan bulan September 2019. Jika kamu berniat untuk apply di salah satu batch tersebut, kamu sebaiknya sudah mulai menimbang-nimbnag tentang langkah-langkah apa saja yang harus kamu lakukan untuk mendaftar beasiswa LPDP 2019. Jangan sampai kamu salah langkah karena akibatnya bukan hanya bingung tapi bisa saja tidak jadi daftar hanya karena salah informasi yang didapat. Agar tidak seperti itu, sebaiknya kamu mengikuti langkah-langkah untuk mendaftar beasiswa LPDP 2019 ini. Untuk info beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa penerjemah Tersumpah Murah

Memahami Jalur yang ada

Langkah pertama adalah menentukan jalur beasiswa LPDP 2019. Ingat bahwa di LPDP tahun 2019 banyak sekali jalur. Secara umum ada tiga jalu yaitu jaluar beasiswa LPDP umum, afirmasi dan targeted grup. Masing-masing jalaur tersebut masih dibagi lagi menjadi beberapa jalur. Beasiswa LPDP umum dibagi menjadi beasiswa reguler, beasiswa dokter spesialis, beasiswa perguruan tinggi Utama Dunia, dan beasiswa Disertasi.

Beasiswa afirmasi dibagi menjadi delapan subjalur yaitu Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Alumni Bidikmisi, Beasiswa Prasejahtera Berprestasi, Beasiswa Santri, Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional, Beasiswa Prestasi Seni Internasional, Beasiswa Penyandang Disabilitas, Beasiswa Indonesia Timur. Sedangkan targeted group dibagi menjadi Beasiswa Unggulan Dosen Indonoesia (BUDI), Beasiswa PNS/TNI/Polri, dan beasiswa Olimpiade Internasional.

Alasan memahami jalur yang ada sangat penting adalah karena masing-masing jalur memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Ambil contoh beasiswa afirmasi alumni bidikmisi yang salah satu syarat khususnya adalah memilki IPK 3.50. Bandingkan dengan beasiswa daerah afirmasi yang syarat IPK hanya 2.75. Disini dapat dilihat bahwa walaupun sama-sama jalur afirmasi, kedua jalur tersebut memiliki persyaratan IPK yang berbeda.

Baca syarat setiap jalur

Kalau kamu benar-benar bingung dan do not have any idea tentang beasiswa LPDP 2019, sebaiknya kamu membaca semua syarat dari semua jalur. Memang akan memakan waktu cukup banyak, tapi hal tersebut cukup worth it untuk dilakukan. Alasannya, siapa tahu salah satu dari beberapa jalur beasiswa LPDP 2019 tersebut ada yang sesuai dengan mu. Daripada kamu asal membaca dan kebetulan membaca yang kurang sesuai dengan kamu, bisa jadi kamu akan demotivated.

Baca juga: Apa yang baru dari beasiswa LPDP 2019?

Tentukan jalur beasiswa LPDP 2019

Setelah kamu membaca dengan seksama, kamu dipastikan akan menemukan satu jalur yang sesuai dengan kondisi mu. Alasannya karena memang beasiswa LPDP 2019 dirancang untuk dapat menjangkau berbagai elemen pejuang beasiswa. Penentuan jalur ini juga sangat penting karena akan berhubungan dengan persyaratan apa yang akan kamu persiapkan. Ambil contoh seandainya kamu mau mengambil jalur LPDP afirmasi prasejahtera berprestasi, kamu akan diminta untuk mengumpulkan berkas yang tidak ada di persyaratan jalur beasiswa lain seperti surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kepala desa.

Mempersiapakan berkas

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan berkas. Sebaiknya, kamu membuat daftar khusus untuk tentang berkas apa saja yang harus dibutuhkan. Jangan sampai terlewat satupun dan jangan sampai tertukar dengan syarat beasiswa lain. Menurut pengalaman pejuang beasiswa sebelumya, kegagalan seleksi berkas disebabkan karena syarat yang kurang dan syarat yang tidak sesuai. Sebagai contoh, misal kamu mendaftar beasiswa afirmasi alumni bidikmisi. Salah satu syarat beasiswa tersebut adalah surat keterangan penerima beasiswa bidikmisi yang kamu bisa minta ke pihak kampus. jika kamu tidak submit syarat tersebut walaupun syarat lain lengkap, kamu tetap akan gagal di seleksi adminsitrasi.

Mendaftar online

Sebenarnya, membuat akun secara online bisa kamu lakukan berbarengan dengan saat kamu mulai mengumpulkan berkas. Yang terpenting adalah kamu membuat akun pada saat pendaftaran sudah resmi dibuka. Alasannyan, sistem sudah aktif pada saat pendaftaran sudah dibuka. Beberapa pejuang beasisswa memaksakan diri untuk membuat akun pada saat pendaftaran belum dibuka. Akibatnya, mereka tidak menerima email konfirmasi. Jadi ribet lagi kan.

Untuk informasi juga, kamu hanya bisa membuat satu akun, dan kamu akan diminta untuk memberikan NIK atau no KTP kamu. Oleh karena itu, jaga akun tersebut baik-baik. Jangan sampai kamu lupa password karena dikhawatirkan untuk ngurus password yang baru lebih ribet.

Upload Berkas

Saat berkas sudah terkumpul baik semua ataupun sebagian dan pendaftaran sudah dibuka, alangkah lebih baik jika kamu mulai mencicil dengan cara mengunggah atau mengupload berkas yang sudah ada. Intinya, sebelum berkas diupload semua, jangan click tombol submit. Saya ulangi karena ini penting. Jangan click tombol submit sebelum berkas diupload semua. Sebagai gantinya, click tombol save atau simpan agar file yang kamu upload tidak hilang saat kamu membuka akun beasiswa LPDP kamu.

Submit Pendaftaran

Sebelum kamu click submit, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah mengupload semua berkas. Jika kamu merasa bahwa kamu sudah upload semua berkas yang kamu butuhkan, saatnya untuk click submit. Ingat bahwa saat kamu click submit, semua berkas yang kamu upload dikirim ke pihak beasiswa LPDP. Juga, kamu tidak mengubah atau mengedit berkas yang kamu kumpulkan. Jika kamu merasa ada kesalahan dengan berkas yang kamu submit, satu-satunya cara adalah membatalkan dan mengulang proses upload dari awal lagi.

Langkah Tepat Mendaftar Beasiswa LPDP 2019

Sekarang kamu sudah cukup siap untuk mendaftar beasiswa LPDP 2019, untuk membaca informasi remis tentang beasiswa LPDP 2019, kamu bisa click disini.

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.