Mau Kuliah ke Inggris tapi Bingung Menentukan Jurusan Baca Ini!

Mau Kuliah ke Inggris tapi Bingung Menentukan Jurusan Baca Ini!

Punya keinginan untuk kuliah ke luar negeri, ke Inggris misalnya? Atau kamu sedang mengumpulkan informasi-informasi mengenai jurusan dan universitas yang akan kamu tuju. Proses mencari jurusan dan universitas adalah tahap yang cukup menantang. Tapi, niat dan semangatmu tidak boleh luntur yah. Bisa dibilang gampang-gampang susah, karena setiap jurusan dan universitas di Inggris memiliki kelebihannya masing-masing. Tiap jurusan dan universitas menyediakan mata kuliah dan program-program pembelajaran terbaik. Untuk info beasiswa lain, click disini.

Baca juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

Jurusan seringkali menjadi sangat membingungkan, yang ini bagus, yang itu bagus, yang lainnya juga menggiurkan. Atau justru kamu tidak mendapatkan sama sekali jurusan yang tepat untukmu. Tenang, itu wajar yah. Apalagi tujuan kamu kan Inggris, negara asing dimana kamu merasa tidak mengetahui apapun tentang negara ini. Inggris tentunya sangat berbeda dengan Indonesia, baik dari segi cuaca, musim, waktu, bahasa, budaya, maupun sistem pendidikannya. Kamu pasti bingung dengan jurusan-jurusan seperti apa yang ada disana. Nah untuk memudahkan langkahmu, berikut adalah jurusan-jurusan paling diminati di Inggris:

  1. Medis: Kedokteran, Keperawatan, dan Kedokteran Gigi
  2. Psikologi
  3. Hukum
  4. Computer Science
  5. Seni dan Desain
  6. Manajemen
  7. Bisnis
  8. Finance
  9. Ilmu Sosial
  10. Bahasa Inggris
  11. Teknik
  12. Pendidikan
  13. Sejarah
  14. Politik
  15. Sains dan Teknologi

Bagaimana nih, setelah membaca jurusan-jurusan paling diminati di Inggris, apakah kamu bisa menemukan jurusan yang kamu inginkan? Kalau belum, tidak masalah. Jangan khawatir, di Inggris masih banyak jurusan-jurusan lainnya. Jurusan-jurusan lain pun tidak kalah keren dan yang pasti, kamu akan menemukan jurusan yang paling cocok denganmu. Cara menentukan jurusan kuliah adalah dengan melihat kembali dirimu. Jangan asal pilih jurusan karena prospek kerjanya bagus tapi pilih yang benar-benar dirimu.

Baca juga: Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL dan IELTS Terbaru

Pertama, tentukan jurusan berdasarkan minat

Minat adalah sesuatu yang personal, artinya minatmu dan minat temanmu tentu akan berbeda. Jadi, tentukan jurusanmu melalui ketertarikanmu pada hal-hal tertentu. Misalnya kamu sangat tertarik dengan komputer beserta hardware dan software yang ada di dalamnya. Kamu bisa mengambil jurusan computer science atau computer networks. Lantas bagaimana jika ketertarikanmu justru tertuju pada hal-hal yang berbau seni. Jika demikian kamu bisa mengambil jurusan seni ataupun desain.

Baca juga: Program Bali International Youth Friendship Camp di Indonesia

Kedua, tentukan jurusan berdasarkan hobimu

Wah, jurusan kuliahmu bisa ditentukan dari hobi. Bisa dong, hobi adalah kegiatan-kegiatan yang kamu sukai dan kamu lakukan di waktu-waktu luangmu. Lantas bedanya minat sama hobi apa sih, kalau minat adalah ketertarikan pada hal-hal tertentu, bisa saja pada sesuatu yang baru. Sedangkan hobi kamu melakukannya untuk waktu yang lama, misalnya hobimu menulis dan kamu melakukannya sejak masih kecil, Lantas bagaimana caranya menentukan jurusan berdasarkan hobi? Misalnya hobimu menyanyi atau bermusik, kamu bisa mengambil jurusan musik. Tentukan jurusanmu dari apa yang kamu lakukan untuk waktu yang lama.

Ketiga, tentukan jurusanmu berdasarkan prestasimu

Apakah kamu masih mengingat prestasi-prestasi apa saja yang pernah kamu raih? Misalnya kamu pernah menang lomba pidato Bahasa Inggris waktu SMP, atau pernah lomba debat Bahasa Inggris tingkat SMA se-kabupaten. Berarti kamu bisa mengambil jurusan Bahasa Inggris baik dalam bidang pendidikan, sejarah ataupun sastra. Tempat paling baik untuk belajar Bahasa Inggris adalah di negara Inggris sendiri.

Keempat, tentukan jurusanmu berdasarkan background pendidikanmu

Background pendidikan bisa menjadi salah satu pertimbanganmu dalam menentukan jurusan. Jurusanmu sewaktu SMA atau S1 bisa membantumu memilih jurusan kuliahmu. Misalnya, pada saat SMA kamu fokus belajar IPA, nah kamu bisa mengambil jurusan Biologi, Matematika, Fisika, ataupun jurusan Kimia di perkuliahan. Atau pada saat kuliah S1 kamu mengambil jurusan perbankan syariah, untuk jurusan S2 kamu bisa mengambil jurusan Islamic Finance yang ada di universitas-universitas Inggris. Jurusan Finance sendiri termasuk dalam jurusan yang paling diminati di Inggris.

Baca juga: Beasiswa MEXT Untuk Kuliah S1 S2 S3 di Ritsumeikan Asia Pasific University Jepang

Kelima, tentukan jurusanmu berdasarkan pekerjaanmu saat ini

Pekerjaanmu saat ini, meskipun tidak berkaitan dengan minat, hobi, ataupun pendidikanmu sebelumnya tetap bisa dijadikan referensi dalam menentukan jurusan. Misalnya di S1 kamu belajar pendidikan, tapi kamu bekerja di bidang bisnis dengan merintis usaha sendiri. Jangan khawatir yah, meskipun tidak berkaitan dengan jurusan pendidikanmu sebelumnya, kamu tetap diperbolehkan untuk mengambil jurusan lain. Contohnya kamu bisa mengambil jurusan manajemen bisnis atau strategi marketing.

Keenam, tentukan jurusanmu berdasarkan cita-citamu

Cita-citamu sejak kecil pun bisa dijadikan patokan dalam menentukan jurusan. Misalnya kamu bercita-cita bekerja dibidang hukum sebagai pengajara, jaksa, ataupun hakim. Nah, kamu bisa mengambil jurusan hukum di universitas-universitas Inggris. Meskipun sewaktu SMA kamu belajar IPS misalnya atau justru kamu belajar di SMK dan fokus belajar komputer. Meski demikian, kamu masih bisa mengejar cita-citamu untuk belajar hukum.

Baca juga: Beasiswa Monash International Leadership di Australia

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.