Ngobrol Pintar Beasiswa LPDP Irlandia

Ngobrol Pintar Beasiswa LPDP Irlandia

NGOPI BEASISWA, Ngobrol Pintar Tentang Beasiswa, adalah salah satu program dari scholars dengan konsep mendatangkan pemateri untuk sharing informasi dan pengalaman di sebuah group whatsapp.

Baca juga: Ngobrol Pintar Beasiswa LPDP Inggris

Narasumber : Abdul Kadir
Ketua : Syariful Imam
Moderator : Ayu Putri Wardani
Notulen : Anisa Fuji Rahayu
Desain Grafis : Tia

Sesi Pertama: Pemaparan dari pemateri

Topik pertama yg akan saya share adalah bagaimana cara mendapatkan kampus di Irlandia. Tapi yang perlu dihighlight ini bersifat subjektif dari diri saya pribadi. Pada umumnya sama dengan universitas lainnya. Namun, beberapa hal yg perlu dipertimbangkan adalah beberapa point berikut ini :

1. Write down your dreams

kunci utama adalah perencanaan yang matang. Perencanaan yg matang sangat dibutuhkan guys, apalagi buat kalian yg punya mimpi ingin kuliah diluar negeri. Berhubung saya orang nya terstuktur jadi sudah punya planning habis kuliah mau ngapain. Sebelumnya saya memutuskan kuliah ke irlandia karena negera eropa memiliki sistem K3 yg bagus. Jadi opsi yg saya tulis waktu itu adalah negara irelandia dan inggris, yg memiliki major yg pengen saya ambil.

Berikut list universitas yg bekerjasama dengan LPDP waktu itu,
– National university of Ireland, galway.
– Trinity college dublin
– University College Cork
– University College Dublin
Setelah mencari informasi di websitenya dari empat universitas tersebut, hanya dua yg tersedia program saya, yaitu NUIG dan UCD.
Nah secara kesimpulan perencanaan diatas meliputi rencanakan dengan matang mau kuliah dimana, alasannya apa, jurusan dll.

2. Persiapkan Seleksi Universitas dan Beasiswa

– Saya sudah menyusun apa saja yang dibutuhkan untuk seleksi universitas seperti Statement letter, Reference letter, Ijazah, Transcipt, dan IELTS.
– Untuk beasiswa LPDP, kamu pasti sudah familiarlah dengan persyaratannya. Hanya yang menjadi PR saya waktu itu nilai TOEFL yang harus berjuang dulu.

3. Mempersiapkan Bahasa Inggris

Ini menjadi prioritas utama untuk daftar seleksi univ as well as beasiswanya. Jadi harus memenuhi target yang diminta intinya. Nah itu secara garis besar ya guys, untuk berkas-berkas dan lainnya saya rasa bisa didapatkan diwebsite univ maupun LPDP.

Sesi kedua Tanya Jawab

1. Slametian Dewa: Pertanyaan apa saja yg sering keluar dalam wawancara LPDP?

Jawab : Berdasarkan pengalaman pribadi, kemarin setelah duduk dikursi panas (hahaha) langsung ditanya mau kuliah dimana? kenapa dinegara tersebut? Ambil jurusan apa? mau jadi apa? apa yg bisa di dapat untuk indonesia? berapa Tuition feesnya? kalau dipindahkan kedalam negeri bagaimana? dan seputar background kita baik dari akademis, keluarga dll. Dan ini beberapa kasus teman yang share. Kurang lebih sama, ada beberapa pertanyaan yang lebih ke psychology e.g. kamu udah punya pacar belum, nanti kalau ninggalin ortu gimana? lebih ke itu. (casenya saya full english kemarin wawancarany), kadang seputar essay yang kita buat.

2. Slametian : Apakah kita diperbolehkan LPDP untuk mendaftar di 2 universitas sekaligus dengan jenjang masing-masing 1 tahun?

Jawab: setahu saya nanti pas daftar kan harus isi tujuan mana yg diinginkan. nah sebelum kalian kontrak sama lpdp masih ada kesempatan juga buat change.

3. Slametian: Misalnya dalam CV, terdapat kegiatan seminar yg pernah diikuti namun ada beberapa seminar yg menyimpang dengan background S1, apakah hal tersebut berpengaruh terhadap peluang kita untuk mendapatkan LoA?

Jawab: untuk CV, ini pengalaman yg aku dapat ketika membuat. Yang wajib ditulis itu utamakan yg sesuai dengan background kita, andaikan mau masukin diluar bidang kita no problem tapi porsinya Jangan melebihi background kita.

4. Mira Tsaqila : Misal essay yang kontribusiku untuk indonesia itu harus yg gimana sih kak? Kasih contoh real dong dari kakak. Makasih sebelumnya

Jawab: Kalau saya lebih ke menjelaskan apa yg telah sy lakukan, yaitu kegiatan selama dikampus dan apa yg akan ingin dilakukan lebih menjelaskan mimpi mau ngapain. sy langsung state diessai ingin bekerja di kementrian ketenagakerjaan.

5. skandar_unlam : Misal sdah dpat LOA, namun speaking english nya kurang. Itu bagaimana kak apakah boleh daftar LPDP jalur afirmasi?

Jawab : selama nilai bahasa inggrisnya memenuhi persyaratan lpdp yang afirmasi silakan saja daftar, misalnya standart minimal saya waktu itu 450 sedangkan nilai keseluruhan toefl saya 473 jadi saya bisa daftra, untuk nanti yang mendapatkan pengayaan bahasapun nanti tetap di petakan lagi sama lpdp karena untuk yang missal nilai dia atas 550 sudah tidak perlu pengayaan bahasa, lengkapnya bisa dilihat diweb lpdp.

6. Iskandar_unlam : Di univ kakak itu apakah boleh mendaftarnya menggunakan toefl ITP?

Jawab : kalau untu dikampus saya, persyaratannya IELTS dan Toefl Computer Based selain itu belum bisa.

7. Rosyid Rosadi: penting mana apply beasiswa dulu atau dapetin LoA uncondition dulu ?

Jawab : saya tidak tahu seberapa besar porsi pendaftar yang punya LoA atau yang belum punya tapi sudah daftar LPDP, karena system lpdp sudah beda saya menyarankan kepada teman sambil dia belajar bahsa inggris atau mengambil test bahasa inggrisnya saya sarankan juga untuk tahu kapan test univ nya, jadi nyambi daftar saja, karena daftar universitas itu masih bisa daftar tanpa melampirkan IELTS karena nanti bisa nyusul. Nanti kl sudah dapat LoA Conditional nantikan bisa dilampirkan ke lpdpnya dibandingkan tidak punya akan lebih baik punya dulu sekalian, tapi kl blm punya juga tidak masalah, hanya nanti upayanya akan lebih besar.

8. Fatimah: Kak, kalau tidak salah Salah Satu pertanyaan Lpdp d wawancara itu kan ada ttg kegiatan yg d lakukan d masyarakat, sebelum Kakak mendaftar, Kalau boleh tau, kegiatan apa yg sudah Kakak lakukan d masyarakat? Dan berapa lama Kakak mempersiapkan itu semua? Pertanyaan tersulit menurut Kakak saat wawancara?

Jawab : LPDP tidak hanya mencari orang pintar tapi juga mencari orang yang banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, dan akan lebih menguntungkan bagi kalian yang memiliki banyak kegiatan sosialnya, selama sy kuliah saya juga banyak bergerak dibidang organisasi yang terjun kemasyarakat. Saya persiapan LPDP sekitar 3 bulanan termasuk menyiapkan toefl dan pertanyaan paling sulit menurut saya adalah maukah dipindahkan kedalam negri??? Saat itu terjadi debat sekitar 25menit.

9. Novia K.A : Untuk persyaratan kelengkapan dokumen,statement letter apakah sama dengan motivation letter,kakak sudah punya ielts knp yg dibuat dftar lpdp toeflnya?apa ada kasus islamophobia di Ireland..mhon pnjlsannya.

Jawab : Menurut saya sama, karena saat saya mengemukakan pendapat motivasi apa yang saya inginkan dan saya harapkan disana, sebenarnya saya dulu kenapa saya dulu daftar LPDP karena saya belum punya IELTS dan Toefl jadi waktu itu saya mengejar Toefl dalu dengan tujuan saya bisa ikut pengayaan bahasa, karena tujuan saya waktu itu selain mendapatkan LPDP juga bisa melatih bahasa inggris saya melalui pengayaan bahasa bisa lihat di web saya. Untuk kuliah kenapa di Irland karena tingkat keamanan nya tinggi dan minimal ada mushola untuk sholat termasuk kampus, untuk rasis saya belum tahu pasti mungkin akan saya share ketika saya sudah disana.

10. Mutia : kak saya ingin bertanya seputar essay terlebih tentang Kontribusi Untuk Negeri, saya sudah beberapa kali membuat motlet ini tapi saya masih merasa bingung bagaimana mempermanis kalimat kita tetapi tidak berakhir klise, lalu tujuan kuliah di sana(tujuan ke depan) terlebih untuk Indonesia apa ada tips agar essay kita terlihat realistis tanpa (maaf) menjelekkan/menjudge bahwa negara kita kurang di sisi ini i mean pasti terdapat kata yg gak jauh untuk ‘membangun Indonesia di bidang inilah itulah

Jawab : Sepakat, jangan sampai kita saat menulis Essay jangan sampai kita menjelekan Negara kita, boleh menjelekan secara tersirat asalkan menawarkan solusi dan kontribusi apa yang telah mb lakukan, agar terlihat natural menurut saya mb harus menulis sesuai pengalaman, jadi tulis dan jika sudah selesai minta di review ke teman sesame background mb dan diluar backgroundnya mb, jadi di situ mb ada timbal balik, jadi bisa di revisi. Saya juga seperti itu dan di revisi hamper 3x, dan ketika saya tulis benar juga masukan mereka.

11. Bernadeth : Saya dapat info katanya pada saat seleksi ada semacam forum group discussion. Boleh cerita sedikit gk ya kak tentang fgd kakak waktu itu, mungkin topik yang dibahas dan bagaimana kondisi diskusi nya sendiri.

Jawab : diskusi grup saya dulu temanya tentang bela Negara, kami saat itu ada 12 orang diberikan selembar artikel tentang bela Negara ditulis dengan bahasa inggris dan diminta diskusi dengan bahasa inggris dan rumuskan satu nasihat yang bisa kita berikan kepada pemerintah terkait tentang artikel itu, diminta satu yang jadi moderator dan yang lainnya mengemukakan pendapat, dan saat berdiskusi jangan terlalu menguasai ataupun terlalu diam karena diusahakan semua harus mengemukakan pendapat. Dan diakhir panitia memberikan feed back

12. Bernadeth : Mau tanya juga kak, bener gak sih kak kalau lpdp mengutamakan mahasiswa yanga aktif kegiatan kampus? Kalau kegiatan diluar kampus, atau mungkin kegiatan sehabis lulus semacam itu apa tetap dipertimbangkan sebagai ‘nilai plus’?

Jawab : Berdasarkan informasi yang saya dapatkan LPDP itu tidak hanya mencari orang pintar, atau di universitas yang tidak punya kegiatan, ataupun yang biasa saja tapi memiliki kegiatan social intinya memiliki nilai plus manfaat kepada masyarakat.

13. Nurhalimah :Apakah di irlandia ada jurusan filsafat? Dan apakah Lpdp juga menerima mahasiswa yang ingin mengambil jurusan filsafat?

Jawab : di LPDP kana da jurusan prioritas, jika ada di dalam daftar silakan daftar saja.

14. Hanif maulana : apa bg abdul sebelum apply kuliah ke luar negeri dan sebelum applbeasiswa mendapat bimbingan dan konsultasi dari lembaga konsultasi, seperti Edlink Connex, Sun Education, dsb? atau bg abdul mempersiapkan semua nya mulai dari LoA, dokumen2, secara sendiri tanpa dibimbing?

Jawab : Saya murni berjuang sendiri dari belajar Toefl, LoA dll bisa dilihat di blog saya

15. Bayu : Kak mau nanya. Mungkin kaka bisa berbagi pengalaman kaka untuk mendapatkan LoA dan tips supaya gampang mendapatkan nya?

Jawab : Kalau saya sebelum daftar pertama saya buka web univ nya dan cari siapa kepala departemennya, kemudian mengirimkan email dan menanyakan persyaratannya, setelah itu di list dan dipersiapkan satu-satu. Saat itu saya belum punya bahsa inggris, ternyata boleh menyusul. Dan ketika lpdp daftar dapat pengayaan bahasa baru di submit ketika bahasa inggrisnya sudah mencapai 6,5. Kadang ada beberapa yang wawancara seperti di mencester teman saya ditanyakan backgroundnya dan dapat sponsor dari mana. Yang penting baca detail persyaratannya jika ada essay jangan lupa di review.

16. Bayu: Kak. Mungkin kaka bisa berbagi pengalaman dan tips untuk menulis reference letter, atau motivation letter? Secara garis besarnya saja.

Jawab : secara garis besarnya lebih terstruktur saja, dari mulai background, isi dan penutupnya. Kl saya background lebih ke motivasi yang saya punya kenapa saya ingin kuliah disana, background saya apa, saya sudah belajar apa saja, tidak hanya dibidang akademik tp dibidang non akademik, dan selain itu apa yang saya harapkan belajar disana. Lebih terstruktur kalau buat motivation letter itu.

17. Anindita kumalasari: kak mohon maaf mau tanyak kalau S2 di bidang pendidikan yang bagus dmna ya kak cz masih bingung ? Gini kak saya masih bingung ingin melanjutkan ke luar negeri atau dlm negeri masih bingung, kalau menurut kakak apa keuntunganya kita sekolah di dlm atau luar negeri ?
Jawab : kl dibidang pendidikan di Indonesia sangat bagus khususnya di UPI, UNESA. Jika diluar negri saya kurang faham. Baik didalam mapun di luar negri tergantung niat, tapi pastinya akan dapat wawasan baru.

18. Muti :Kak abdul, bagaimana perkembangan literasi di sana? Ada saran univ mana yang bagus untuk sasing?
Jawab : sy kurang memahami begitu pasti tapi, Kebanyakan mengambil social dan kesehatan Karena medis dan social disana bagus. Dan untuk literasi kebanyakan teman-teman saya mengambilnya di inggris.

19. Nurul fadhilah : alumni S1 PGSD (pendidikan guru sekolah dasar) , bener gak mitos kalau anak pgsd tuh jarang banget ada yang nge-apply dan lulus beasiswa ke LN … Dan, kalau di ireland, yang bisa di apply sama alumni pgsd kek saya apa ya bang.
Jawab : itu berdasarkan fakta, dan saya lihat yang PGSD mengambilnya didalam negri mungkin karena disini bagus atau belum berani mencoba, dan jika ada dan menemukan universitas yang menerima PGSD silakan daftar saja mb, bisa di apply sesuai jurusan mb. Kl di irland rata-rata ambilnya social dan kesehatan.

20. Hiqmatus : kak kalo univ di luarnegeri itu memperrimbangkan banget akreditasi jurusan nggk? Misal Walaupun punya sertifikat juara karya tulis blablabla dan kemampuan englisg bagus, ipk jg, kegiatan sosial jg…tp akreditasi jurusannya masih C itu gmna mas klo daftar kuliah ke luar negri.

Jawab : tidak semua universitas meminta akreditasi, tergantung jurusannya juga. Kasus saya tidak diminta, mungkin nanti sy bisa tanyakan kepada teman-teman saya jika ada kasus yang diminta akreditasinya dan akreditasinya tidak begitu bagus masih bisa diterima atau tidak.

21. Pandu : kaa saya mau tanya,di negara Irlandia jurusan untuk S2 yang paling diminati itu apa ya ka?dan seberapa besar peluang mahasiswa Indo bisa dapat beasiswa di ngr Irlandia?
Jawab : kebanyakan social dan medis untuk beasiswa berapa besarnya saya kurang faham. Tambahan informasi PPI disana anggotanya ada sekitar 40an, ada yang dapat beasiswa dsna dll.

22. Bagaimana kalau tidk pernah ada penglmn apa2, Baik kerja maupun ornganisasi kmpus ad peluang lulus?
Jawab : untuk peluang lulus pasti ada, tapi logikanya dia akan kalah dengan mereka yang memiliki pengalamannya bagus baik dibidang akademik maupun non akademik, kalau saran saya selama kita masih bisa bermanfaat lakukan saja apapun tidak harus social, yang sesuai dengan background kita jg bisa.

23. Tina : Kak, apakah untuk fakultas ekonomi bisnis di iraland bagus kak ? Atau kalau tidak kira2 untuk fakultas ekonomi bisnis bagusnya pilih tujuan negara mana ya.
Jawab : rata-rata teman-teman saya ambilnya di amerika, inggris dan belanda dilihat dari perekonomiannya yang pesat juga.

24. Nia : kak,Saya mau tanya, apakah ada lintas jenjang dari D3 ke D4/S1 jurusan teknik instrumentasi di luar negeri dan bisa dpat beasiswa lpdp? Dan nyari informasi yg akurat tentang lintas jenjang tersebut bagaimana ya kak?
Jawab : syarat S2 minimal D4 atau S1

Baca juga: Pengalaman Meraih Beasiswa S1 S2 dan S3: Tidak Ada Mimpi yang Terlalu Tinggi untuk Hati yang Ikhlas Berusaha

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Twitter
INSTAGRAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.